sign up SIGN UP

Nggak Perlu Pakai Katering, Ini 5 Masakan Rumahan Rendah Kalori dan Cocok Jadi Menu Diet

Zeyra Haya | Selasa, 02 Nov 2021 07:30 WIB
Nggak Perlu Pakai Katering, Ini 5 Masakan Rumahan Rendah Kalori dan Cocok Jadi Menu Diet
caption

Makanan rumahan khas Indonesia identik dengan bumbu rempah yang kuat dan berminyak. Tak jarang pula makanan ini banyak menggunakan santan dan bahan makanan tinggi kalori lainnya.

Maka, banyak orang yang ragu untuk menjadikan makanan rumahan khas Indonesia sebagai pilihan menu diet. Namun siapa sangka, ada beberapa makanan yang cenderung rendah kalori dan cocok dijadikan sebagai makanan diet.

5 Makanan Rumahan Khas Indonesia Ini Rendah Kalori, Cocok untuk Menu Diet!

Beberapa daftar menu makanan ini harus masuk list menu diet kamu. Selain berkalori rendah, sederet makanan diet ini juga nggak kalah lezat. Beauties, ini dia beberapa makanan ruamhan khas Indonesia yang rendah kalori.

1. Sayur Sop

Sayur sop sebagai menu diet, rendah kalori dan menyehatkan/Foto: freepik.com/timolina
(Sayur sop sebagai menu diet, rendah kalori dan menyehatkan/Foto: freepik.com/timolina)

Sayur sop sangat identik dengan keluarga Indonesia. Menu campuran beberapa jenis sayur seperti wortel, kol dan kentang ini sudah tidak diragukan lagi rasanya. Dalam satu mangkuk sayur sop, kamu bisa mendapatkan sekitar 72 kalori. Kamu dapat mengurangi kalori dalam sop dengan menggunakan sedikit minyak saat menumis bumbu. 

2. Bakso Ayam

Nggak perlu khawatir tinggi kalori, orang yang sedang diet masih bisa makan bakso ayam/Foto: freepik.com/jcomp
(Nggak perlu khawatir tinggi kalori, orang yang sedang diet masih bisa makan bakso ayam/Foto: freepik.com/jcomp)

Menu diet khas Indonesia selanjutnya adalah bakso ayam. Bakso menjadi menu favorit warga Indonesia. Kamu yang sedang diet nabati nggak perlu khawatir, karena kamu tetap bisa menikmati bakso dengan mengganti bahan daging sapi dengan daging ayam. Satu buah bakso ayam diperkirakan mengandung sekitar 45 kalori saja.

3. Pepes Tahu

Khas Indonesia banget, pepes tahu jadi menu diet andalan asal Sunda/Foto: pinterest.com/resepkoki.id
(Khas Indonesia banget, pepes tahu jadi menu diet andalan asal Sunda/Foto: pinterest.com/resepkoki.id)

Makanan khas Sunda yang satu ini juga nggak kalah asik untuk dicoba sebagai menu diet. Pepes tahu dimasak dengan teknik kukus, jadi nggak perlu khawatir akan kalori menumpuk. Selain lezat dan rendah kalori, menu ini juga mudah dibuat. Dalam satu bungkus pepes tahu, diperkirakan mengandung sekitar 63-90 kalori.

4. Tumis Tahu

Simple dan lezat, tumis tahu jadi makanan diet sehat yang rendah kalori/Foto: freepik.com/topntop26
(Simple dan lezat, tumis tahu jadi makanan diet sehat yang rendah kalori/Foto: freepik.com/topntop26)

Menu rumahan sederhana khas Indonesia ini juga harus masuk sebagai daftar menu diet kamu. Kandungan protein pada tahu serta beberapa campuran sayuran seperti taoge dijamin bisa bikin kamu makan enak tanpa harus pusing mikirin olahraga bakar kalori. Dalam satu porsi tumis tahu atau sekitar 300 gram mengandung sekitar 145 kalori. 

5. Sayur Asem

Nggak perlu khawatir gendut, menu sayur asem dijamin rendah kalori/Foto: pinterest.com/Masakan Indonesia
(Nggak perlu khawatir gendut, menu sayur asem dijamin rendah kalori/Foto: pinterest.com/Masakan Indonesia)

Makanan diet khas Indonesia yang terakhir adalah Sayur asem. Sayur asem juga merupakan menu khas Jawa Barat yang memiliki cita rasa unik. Satu mangkuk sayur asem hanya mengandung sekitar 80 kalori. Selain sehat dan lezat, makanan ini juga sangat cocok bagi kamu yang sedang diet.

Beauties, itulah beberapa menu makanan Indonesia yang memiliki kalori rendah dan cocok dikonsumsi saat diet. Adakah makanan favoritmu?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id