sign up SIGN UP

Nggak Usah Tunggu dari Orang Lain, Ini 4 Manfaat Tak Terduga dari Kebiasaan Sering Memeluk Diri Sendiri

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Senin, 13 Jun 2022 22:15 WIB
Nggak Usah Tunggu dari Orang Lain, Ini 4 Manfaat Tak Terduga dari Kebiasaan Sering Memeluk Diri Sendiri
caption

Pernahkah Beauties terpikir untuk memeluk diri sendiri? mungkin terdengar sedikit unik ya. Namun siapa sangka, memeluk diri sendiri ternyata memiliki banyak manfaat positif, lho.

Di saat Beauties belum bisa mendapatkan pelukan hangat dari keluarga tercinta, maka memeluk diri sendiri tidak kalah hangat dan bermanfaat untuk dilakukan. Dikutip dari Healthline, berikut adalah beberapa manfaat dari memeluk diri sendiri.

Membantu Menghilangkan Rasa Sakit

Ilustrasi memeluk diri/ Foto: Freepik.com/asier_relampago
Ilustrasi memeluk diri/ Foto: Freepik.com/asier_relampago

Penelitian pada 2011 mengungkapkan bahwa memeluk diri sendiri dapat membantu mengurangi rasa sakit. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan laser untuk menghasilkan sensasi nyeri seperti tusukan jarum kepada 20 peserta. Saat peserta menyilangkan tangannya untuk memeluk diri sendiri, mereka menyatakan bahwa mereka mengalami lebih sedikit rasa sakit.

Penelitian lain pada 2015 juga cukup berkaitan dengan hal ini karena berkaitan dengan sentuhan yang diberikan pada saat memeluk diri sendiri. Dalam penelitian ini terungkap bahwa adanya pelepasan hormon oksitosin yang dapat membantu meredakan nyeri secara langsung.

Membantu Merasa Aman dan Terlindungi

Ilustrasi merasa nyaman/ Foto: Freepik.com/asier-relampagoestudio
Ilustrasi merasa nyaman/ Foto: Freepik.com/asier-relampagoestudio

Apa yang Beauties rasakan ketika mendapat pelukan hangat dari orang terkasih? Bukankah ada sensasi nyaman dan merasa mendapatkan dukungan karena pelukan tersebut? ya, begitulah kira-kira perasaan umum yang akan muncul saat mendapatkan pelukan hangat dari orang terkasih.

Namun, saat tidak ada yang bisa diharapkan untuk memberikan pelukan itu, bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya sendiri. Maka caranya adalah dengan memeluk diri sendiri. Memeluk diri sendiri akan dapat memunculkan perasaan nyaman dan dukungan, layaknya dipeluk oleh orang lain.

Meningkatkan Suasana Hati

Ilustrasi suasana hati baik/ Foto: Freepik.com/sviatkovskyi
Ilustrasi suasana hati baik/ Foto: Freepik.com/sviatkovskyi

Pelukan yang diberikan pada diri sendiri juga bisa meningkatkan suasana hati lho, Beauties. Sentuhan yang diberikan saat melakukan gerakan memeluk diri sendiri bisa meningkatkan relaksasi karena menurunkan hormon stres kortisol dalam tubuh. Pelukan memang tidak akan menyelesaikan masalah sepenuhnya, tetapi dinilai dapat membantu meredakan ketegangan dan stres yang dirasakan.

Oleh karenanya, jika suatu waktu Beauties merasa lelah, mudah tersinggung dan dibalut berbagai emosi negatif lainnya, cobalah meluangkan waktu untuk memberikan pelukan pada diri sendiri. Hal ini dapat membantu meningkatkan semangat dan mencerahkan suasana hati.

Meningkatkan Belas Kasihan Diri Sendiri

Ilustrasi memeluk diri erat/ Foto: Freepik.com/asier_relampagoe
Ilustrasi memeluk diri erat/ Foto: Freepik.com/asier_relampagoe

Belas kasihan pada diri sendiri atau yang biasa disebut self compassion dapat membantu menurunkan kadar kortisol.  Nah, salah satu cara untuk memunculkan self compassion ini adalah dengan memeluk diri sendiri.

Menurut peneliti Kristin Neff, PhD, memeluk, membelai dan menenangkan tubuh secara fisik dapat meningkatkan perasaan cinta dan kelembutan terhadap diri sendiri. Mempraktikkan gerakan ini lewat pelukan terhadap diri sendiri bisa membantu menenangkan diri setelah adanya kesulitan yang dirasakan.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id