sign up SIGN UP

6 Cara Sederhana dan Gratis untuk Memunculkan Kebahagiaan Dalam Diri

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Minggu, 22 May 2022 13:00 WIB
6 Cara Sederhana dan Gratis untuk Memunculkan Kebahagiaan Dalam Diri
caption

Beauties, jika dipikir-pikir, apa sih yang kamu cari di dunia ini? Kebanyakan dari kamu mungkin menjawab ‘kebahagiaan’. Ya, kebahagiaan yang selalu kamu cari tersebut memang penting bagi kehidupan. 

Menjadi bahagia tidak hanya tentang memiliki perasaan yang baik, melansir dari laman The Guardian, merasa bahagia juga membuatmu lebih sehat dan lebih produktif. Jangan bayangkan bahwa setiap kebahagiaan yang kamu raih selalu butuh pengorbanan yang besar..

Kamu bahkan bisa meraih kebahagiaan dengan cara-cara sederhana seperti berikut ini.

Memeluk Orang Tersayang

Memeluk orang tersayang
Memeluk orang tersayang/ Foto: freepik.com/jcomp

Cara sederhana pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapat kebahagiaan adalah dengan memeluk orang yang kamu sayangi. Alasannya ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah, lho Beauties.

Melansir dari halaman Healthline, oksitosin yang kadang disebut oleh para ilmuwan sebagai ‘hormon pelukan’ akan naik levelnya ketika kamu memeluk, menyentuh, atau duduk dekat dengan orang yang kita sayangi.

Oksitosin sendiri dikaitkan dengan kebahagiaan dan lebih sedikit stres. Tidak heran jika kamu selalu bahagia jika sudah memeluk pasangan atau orang tersayang.

Sejenak Melihat Keindahan Sekitar

Menikmati pemandangan
Menikmati pemandangan/ Foto: freepik.com/lifeforstock

Menghabiskan waktu berjam-jam di meja kerja sepanjang hari terkadang membuatmu penat dan suntuk. Cara ampuh untuk mengusir suntuk dan membuatmu lebih bahagia adalah dengan bangkit dari kursi dan pergi mencari pemandangan.

Melansir dari laman detikHealth, studi dari University of British Columbia membuktikan bahwa dengan melihat pohon dan bunga di jalanan, mood seseorang akan menjadi lebih baik. Tidak heran jika mengambil liburan untuk menikmati pemandangan indah akan membuatmu lebih bahagia dan kembali produktif.

Memakai Outfit yang Kamu Suka

Memakai outfit yang kamu suka
Memakai outfit yang kamu suka/ Foto: freepik.com/wayhomestudio

Jika biasanya kamu akan memakai baju kesukaan ketika sedang bahagia, sekarang cobalah untuk memakai outfit kesukaan untuk memunculkan kebahagiaan. Sebab bergaya dengan outfit kesayangan bisa membuatmu merasa cantik dan lebih percaya diri.

Kamu bisa segera mengeluarkan outfit kesayangan dari dalam lemari dan memakainya ke kantor atau pergi kuliah. Dijamin moodmu akan naik level dan kamu akan lebih semangat menjalani hari!

Tersenyum

Tersenyum
Tersenyum/ Foto: freepik.com/benzoix

Jangan tunggu untuk mendapatkan kebahagiaan untuk bisa tersenyum. Cobalah tersenyum untuk menciptakan kebahagiaan. Melansir dari laman Science Daily, tersenyum bisa membuat seseorang semakin bahagia karena ekspresi tersenyum bisa mempengaruhi suasana hati menjadi lebih baik. 

Jadi, jangan ragu-ragu untuk memperbanyak senyum demi mengubah suasana hati. Asal jangan senyum-senyum sendiri ketika tidak ada orang di sekitarmu ya, Beauties..

Membantu Orang Lain

Membantu orang lain
Membantu orang lain/ Foto: freepik.com/freepik

Menjadi berguna bagi orang lain mendatangkan kebahagiaan tersendiri, lho. Membantu orang lain, meskipun hanya bantuan sederhana ternyata bisa membuatmu merasa lebih bahagia. Sesederhana membantu menyeberang jalan, atau membantu membawakan barang milik teman yang terlihat kepayahan. 

Ingat pula kebahagiaan yang kamu lakukan bisa saja menginspirasi orang lain. Sehingga jika orang tersebut juga melakukan kebaikan, maka kamu secara tidak langsung juga menularkan kebahagiaan.

Berkumpul Bersama Teman

Berkumpul bersama teman
Berkumpul bersama teman/ Foto: freepik.com/tirachardz

Cara sederhana terakhir yang bisa kamu coba untuk mendapatkan kebahagiaan adalah dengan berkumpul bersama teman. Mengobrol, bercanda, hingga mengabadikan momen bersama tentu membuatmu bahagia dan terlepas dari stres. Kamu bahkan bisa merencanakan menginap bersama di rumahmu, atau staycation bersama teman untuk mendapatkan suasana yang berbeda.

Selain dengan teman-teman, kamu juga bisa berinteraksi dengan keluarga, kerabat, atau tetangga sekitar. Semakin banyak interaksi, maka kamu akan sering tersenyum, tertawa, dan tentunya bahagia.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id