sign up SIGN UP

Orang Terdekat Menolak Ikut Vaksinasi Covid-19? Ini 'Obat Penenang' Atasi Ketakutannya!

Rini Apriliani | Jumat, 17 Sep 2021 15:30 WIB
Orang Terdekat Menolak Ikut Vaksinasi Covid-19? Ini 'Obat Penenang' Atasi Ketakutannya!
caption
Jakarta -

Sebagian orang memang berusaha untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah. Banyak dari mereka yang ikut mengantri panjang demi sebuah suntikan penangkal virus. Namun, sebagian lagi justru menolak keras untuk ikut vaksinasi karena berbagai alasan.

Padahal melakukan vaksinasi Covid-19 sangat penting lho! Hal ini untuk menopang tubuh, agar lebih kuat dari serangan virus. 

Menghadapi orang terdekat yang tidak mau vaksin memang gampang-gampang susah, kamu coba lakukan 5 cara bujuk rayu ini agar mereka mau ikut vaksinasi. 

Mendengar Alasan Mereka

Vaksin Covid-19Pandemi Covid-19/ Foto: Freepik.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membujuk orang terdekat agar mau ikut vaksinasi adalah dengan mendengar alasan mereka. Apa sih yang membuat mereka benar-benar ogah divaksin? 

Apa itu tentang efek sampingnya, takut disuntiknya, atau tentang berbagai hal lainnya. Yang jelas, kamu harus tahu terlebih dahulu apa alasan utamanya.

Beri 'Penenang' Alias Pengetahuan Manfaat Vaksin

Pandemi Covid-19Pandemi Covid-19/ Foto: Freepik.com/jcomp

Setelah mendengar alasan mengapa mereka tidak mau vaksin, selanjutnya kamu perlu memberinya penenang dengan memberitahu segudang manfaat baik dari vaksin. Jelaskan juga jika manfaat besar akan terasakan dibanding dengan ketakutan efek sampingnya.

Beri Data Ilmiah

Vaksin Covid-19Pandemi Covid-19/ Foto: Freepik.com

Sebagian orang memang ada yang belum mempan jika tidak diberikan data ilmiah. Mengatasi hal ini, sebelum adu debat dengan tolak-menolaknya, kamu perlu menyiapkan terlebih dahulu sejumlah data ilmiah sebagai penunjang debat. 

Mungkin ini menjadi cara ampuh agar mereka mau vaksinasi. Jangan lupa untuk menjelaskannya sesederhana mungkin, agar mereka pun dapat lebih paham dengan apa yang kamu jelaskan.

Beri Mereka Contoh Nyata

Pandemi Covid-19Pandemi Covid-19/ Foto: Freepik.com

Selanjutnya kamu juga bisa memberi mereka contoh nyata, misalnya kamu sendiri atau orang lain yang memang telah melakukan vaksinasi. Misalnya jika ia takut akan efek sampingnya, kamu bisa memberi contoh orang-orang yang tetap sehat sehabis vaksinasi dan hanya merasakan efek samping ringan saja. 

Dengan ini ia akan tergerak hatinya untuk tidak takut karena telah melihat orang lain di depannya yang tetap sehat tanpa terkena efek samping yang besar akibat vaksinasi Covid-19.

Temani dan Dampingi Mereka Vaksinasi

Pandemi Covid-19Pandemi Covid-19/ Foto: Freepik.com/jcomp

Cara terakhir untuk bujuk rayu mereka yang menolak vaksinasi adalah dengan kamu mendampinginya vaksinasi. Mungkin ia akan lebih tenang dengan adanya kamu yang menemani. 

Kamu bisa membantunya mengurus dan menemaninya sampai akhir ia mendapat vaksinasi. Sembari hal ini dilakukan, tidak lupa untuk terus mengingatkan jika semuanya akan tetap baik-baik saja. Dengan motivasi yang kamu berikan ini, akan membuatnya juga lebih berani.

Beauties, itu dia cara bujuk rayu keluarga atau orang takut vaksinasi. Jangan hanya mementingkan diri sendiri ya, mereka pun butuh perhatian dan bantuanmu. Semoga dengan melakukan vaksin, pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia bisa cepat usai.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id