sign up SIGN UP

Orangtua Wajib Tahu! Ini 5 Jenis Ikan yang Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Rabu, 23 Mar 2022 14:00 WIB
Orangtua Wajib Tahu! Ini 5 Jenis Ikan yang Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak
caption
Jakarta -

Perkembangan otak anak sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Untuk itulah, orangtua tidak boleh sembarangan dalam memberikan asupan makanan kepada anak. Salah satu makanan yang dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak anak adalah ikan.

Ikan menjadi salah satu lauk yang termasuk ke dalam menu 4 sehat 5 sempurna. Kandungan dalam ikan yang kaya akan protein dan nutrisi penting lainnya ini sangat dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang anak. Khususnya, dalam meningkatkan kecerdasan otak anak.

Di Indonesia ada beragam jenis ikan yang dapat dikonsumsi, namun ada beberapa jenis ikan yang bisa meningkatkan kecerdasan otak anak. Berikut 5 jenis ikan yang bisa tingkatkan kecerdasan otak anak. Yuk, cari tahu!

Tuna

Ilustrasi ikan tuna
Ilustrasi ikan tuna/Foto: Freepik/Lifeforstock

Ada beberapa pilihan jenis ikan yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Melansir dari Healthy Children, Food and Drug Administration (FDA), baru-baru ini bersama dengan Environmental Protection Agency (EPA) telah mengeluarkan saran untuk memilih ikan yang paling sehat untuk dimakan anak. Salah satunya yaitu tuna.

Ikan tuna memiliki kandungan omega-3 yang sangat tinggi sehingga bagus untuk perkembangan otak anak. Selain omega-3, tuna juga kaya akan nutrisi penting lainnya, seperti DHA, fosfor, kalium, magnesium, dan vitamin B6.

EPA dan FDA memberi peringkat tuna ringan sebagai salah satu pilihan terbaik untuk dimakan anak-anak. Tuna ringan artinya tuna berwarna merah muda, termasuk jenis cakalang. Untuk ukuran porsi yang dianjurkan adalah cukup konsumsi ikan tuna sebanyak 1-2 porsi per minggu.

Salmon

Ilustrasi ikan salmon
Ilustrasi ikan salmon/Foto: Freepik/Racool_studio

Pilihan jenis ikan selanjutnya yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak anak adalah salmon. Melansir dari healthy children.org, salmon dianggap rendah merkuri dan tinggi DHA yang bisa meningkatkan kecerdasan otak anak.

Menurut Rima Kleiner, MS, RD, dan blogger di Dish on Fish, sebagaimana yang dikutip dari Eat This, Not That! mengatakan, "Salmon adalah makanan super terbaik. Ini adalah salah satu sumber terkaya asam lemak omega-3 DHA dan EPA, yang memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa."

"Omega-3 membantu meningkatkan kardiovaskular, kesehatan otak dan fungsi kognitif, serta mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan. Salmon memberikan dosis asam lemak omega-3 yang sehat untuk jantung (penting untuk jantung, otak, dan mata yang sehat) dan kolin (untuk perkembangan otak dan memori)," lanjut Kleiner.

Makarel

Ilustrasi ikan makarel
Ilustrasi ikan makarel/Foto: Freepik/Dashu83

Mengonsumsi ikan makarel ternyata juga bagus, lho, Beauties untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Makarel adalah jenis ikan kecil yang berlemak. Ikan ini mengandung omega-3 dan DHA tingkat tinggi yang penting dalam meningkatkan kecerdasan otak anak dan menjaga sistem saraf.

Melansir dari Healthline, kandungan omega-3 pada ikan makarel sebanyak 4.107 mg dalam satu potong makarel asin atau 5.134 mg per 3,5 ons (100 gram). Selain itu, makarel sangat kaya akan nutrisi.

Sarden

Ilustrasi ikan sarden
Ilustrasi ikan sarden/Foto: Freepik/Jcomp

Siapa yang suka sarden? Ternyata sarden termasuk ke dalam jenis ikan yang bisa meningkatkan kecerdasan otak anak. Sarden adalah ikan yang sangat kecil dan berminyak. Ikan sarden mengandung omega-3 yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak.

Melansir dari Healthline, 3,5 ons (100 gram) sarden yang dikeringkan menyediakan lebih dari 200 persen referensi asupan harian untuk vitamin B12, 24 persen untuk vitamin D, dan 96 persen untuk selenium (15). Kandungan omega-3 pada sarden sebanyak 2.205 mg per cangkir (149 gram), sarden Atlantik kalengan atau 1.480 mg per 3,5 ons (100 gram).

Nila

Ilustrasi ikan nila
Ilustrasi ikan nila/Foto: Freepik/Jcomp

Melansir dari Parenting Healthy Babies, ikan nila adalah sumber protein yang cukup mengesankan. Dalam 3,5 ons (100 gram) ikan nila mengandung 26 gram protein dan hanya 128 kalori. Tidak hanya itu, ikan nila juga kaya akan niasin, vitamin B12, fosfor, selenium, kalium, dan merupakan sumber protein tanpa lemak dengan hanya 3 gram lemak per porsi.

Kandungan nutrisi penting yang melimpah dari nila sangat penting untuk proses tumbuh kembang anak. Baik kalium dan omega-3 yang ditemukan dalam ikan nila dapat meningkatkan kekuatan otak dan meningkatkan fungsi neurologis.

Kalium meningkatkan oksigenasi ke otak dan sangat penting untuk keseimbangan cairan yang tepat di seluruh tubuh, yang memfasilitasi respons saraf dan pengendapan nutrisi ke bagian tubuh yang tepat, termasuk otak.

Selain itu, kandungan vitamin B12 pada ikan nila merupakan vitamin penting yang diperlukan untuk fungsi kognitif yang tepat dan membantu sel darah merah untuk terbentuk dengan baik.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id