Pantas Sulit Konsentrasi Kerja, 9 Kebiasaan Salah Ini yang Jadi Penyebabnya
Fokus saat bekerja akan membuat pekerjaan jadi lebih cepat selesai. Sayangnya, ada kalanya seseorang merasa kesulitan untuk fokus dan konsentrasi saat bekerja. Akibatnya, pekerjaannya pun jadi keteteran.
Kesulitan konsentrasi saat bekerja ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah penerapan gaya hidup yang kurang tepat. Akibatnya, seseorang jadi kurang istirahat sehingga saat bekerja, tubuh merasa sangat lelah sehingga sulit untuk fokus dan konsentrasi.
Selain gaya hidup yang kurang tepat, susah fokus dan konsentrasi ternyata juga disebabkan karena seseorang terlalu sering melakukan beberapa kebiasaan, lho! Jadi agar kamu bisa fokus, hindarilah kebiasaan-kebiasaan tersebut.
Setidaknya, ada 9 kebiasaan yang harus dihindari agar kamu tidak susag fokus dan konsentrasi saat bekerja. Dilansir dari Forbes, berikut ini adalah daftarnya:
1. Istirahat Panjang
1. Istirahat Panjang/ Foto: Unsplash/Dan Burton
Suatu hari ada kalanya seseorang akan mengajukan cuti yang agak panjang hanya untuk sekedar beristirahat. Hal ini memang bukanlah pilihan yang salah. Hanya saja, jika liburan dan cuti yang diambil terlalu lama, maka produktivitasmu saat kembali bekerja nanti akan menurun. Akibatnya, kemungkinan susah konsentrasi di awal-awal bekerja pun mungkin terjadi.
Namun, ini bukan berarti kamu enggak boleh liburan, lho. Sebagai gantinya, lakukan istirahat pendek namun berkali-kali. Misalnya, dibandingkan mengambil libur 5 hari penuh, kamu bisa mengambilnya secara berkala dalam 1 bulan. Dengan demikian, kamu masih bisa beristirahat, namun tetap produktif dan fokus saat bekerja.
2. Mengaktifkan Notifikasi
2. Mengaktifkan Notifikasi/ Foto: Unsplash/dole777
Kebiasaan lainnya yang bisa memecah fokus saat bekerja adalah menyalakan notifikasi handphone. Sadar tidak sadar, bunyi notifikasi dapat mendistraksi pikiran sehingga fokus lebih mudah terpecah. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mematikan notifikasi yang tidak terlalu penting seperti chat media sosial.
3. Membuka Terlalu Banyak Tab
3. Membuka Terlalu Banyak Tab/ Foto: Unsplash/Burst
Dalam satu waktu, membuka banyak tab di laptop mungkin terlihat dapat meningkatkan rasa ingin menyelesaikannya. Namun kenyataannya, tidak demikian! Membuka banyak tab hanya akan membuat otak terbebani. Hasilnya, kamu pun akan jadi susah fokus.
Oleh sebab itu, ada baiknya untuk hanya membuka tab yang dibutuhkan saja saat bekerja. Fokuslah pada tab tersebut hingga selesai, sebelum akhirnya menyelesaikan tab-tab lainnya.
4. Sering Bekerja Lembur
4. Sering Bekerja Lembur/ Foto: Unsplash/Nick Morrison
Dalam beberapa kasus, kamu mungkin akan bekerja lembur sesekali demi mencapai target tertentu. Meskipun mungkin kamu akan dapat bonus tambahan karena hal ini, namun jangan sering-sering, ya! Terlalu sering lembur bisa membuatmu kelelahan. Hasilnya, saat di jam kerja kamu mungkin jadi susah fokus dan konsentrasi.
Kalau begini, pekerjaan di hari berikutnya pun juga akhirnya tidak selesai karena susah konsentrasi dan berakhir dengan lembur lagi. Sebab itu, jangan sering-sering lembur ya, Beauties!
5. Membiarkan Balon Chat Terbuka
5. Membiarkan Balon Chat Terbuka/ Foto: Unsplash/Montgomery
Satu lagi kebiasaan yang susah banget buat dihindari adalah balon chat perusahaan yang terbuka. Jadi saat tengah mengerjakan suatu tugas, kamu jadi tidak bisa mengabaikan tugas baru yang menanti ini. Akibatnya, fokusmu terpecah dan potensi satu tugas keteteran bisa tinggi.
Oleh sebab itu, nggak ada salahnya kamu menutup sementara balon chat perusahaan saat kamu tengah fokus mengerjakan tugas. Nah, barulah saat selesai, kamu bisa membukanya dan langsung mengerjakan tugas barunya.
6. Multitasking
6. Multitasking/ Foto: Unsplash/No Revisions
Beberapa orang menganggap bahwa multitasking adalah pilihan terbaik agar pekerjaan bisa selesai sekaligus. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Mengerjakan banyak hal yang berbeda dalam satu waktu hanya akan membuat otak jadi kelelahan. Hasilnya, seseorang pun akan kesulitan untuk fokus nanti saat bekerja.
Dengan begitu, mulai saat ini hindari kebiasaan multitasking. Fokuslah pada satu pekerjaan dulu sampai selesai, baru kerjakan pekerjaan yang lain. Dengan begitu, otak pun tidak lagi kesulitan fokus ataupun konsentrasi.
7. Sering Mengecek Email
7. Sering Mengecek Email/ Foto: Unsplash/Stephen Phillips
Susah fokus saat bekerja juga disebabkan karena kamu mungkin terlalu sering mengecek email. Dengan begitu, pikiranmu pun hanya akan terpacu pada email, bukan pekerjaan. Hasilnya, kamu jadi tidak fokus mengerjakan tugasmu dan hanya fokus mengecek email. Jadi, kebiasaan ini juga harus dihindari, ya Beauties!
8. Bekerja di Tempat Tidur
8. Bekerja di Tempat Tidur/ Foto: Unsplash/Andrew Neel
Work From Home (WFH) mungkin adalah menjadi mimpi beberapa orang. Bagaimana tidak? Kamu bisa mendapatkan gaji hanya dengan kerja di rumah. Meski bisa dikerjakan di mana saja, namun tetap sebaiknya kamu hindari bekerja di tempat tidur.
Magnet tempat tidur akan menarikmu untuk rebahan. Hasilnya, kamu mungkin jadi mager kerja dan lebih memilih menghabiskan waktu untuk tidur. Oleh karenanya, bahkan jika WFH, sediakanlah meja kerja khusus agar kamu bisa tetap produktif, fokus dan konsentrasi saat bekerja.
9. Scrolling Media Sosial
9. Scrolling Media Sosial/ Foto: Unsplash/Hendrik Schuette
Apa kamu masih sering scrolling media sosial saat bekerja? Jika ya, segera kurangi sekarang juga! Scrolling media sosial adalah salah satu kebiasaan yang bisa membuatmu susah fokus dan konsentrasi saat bekerja. Jadi, hindari kebiasaan ini saat bekerja, ya!
Itulah sembilan kebiasaan yang membuatmu susah fokus dan konsentrasi saat bekerja. Jika sudah tahu, yuk segera kurangi dan hindari kebiasaan tersebut. Dengan menghindari kebiasaan tersebut, fokus kerja kembali didapat dan waktumu akan jadi jauh lebih produktif!
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!