sign up SIGN UP

Pasti Sering Dilakukan deh! 3 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bisa Bikin Berat Badan Naik

Risma Oktaviani | Beautynesia
Jumat, 05 Nov 2021 18:30 WIB
Pasti Sering Dilakukan deh! 3 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bisa Bikin Berat Badan Naik
caption

Bertambahnya berat badan menjadi salah satu mimpi buruk bagi sebagian orang. Beberapa orang menganggap bahwa saat berat badan bertambah, maka akan berdampak pada body image seseorang, sehingga menjadi nggak percaya diri.

Rata-rata berat badan seseorang bertambah  0,5 hingga 1 kg setiap tahun. Meskipun terlihat kecil, jumlah tersebut bisa sama dengan tambahan 4,5 hingga 9 kg per dekade.

Nggak diragukan lagi, makan sehat dan berolahraga secara teratur dapat membantu mencegah penambahan berat badan. Namun, seringkali kebiasaan yang bisa bikin berat badan naik ini nggak sadar kamu lakukan dan membuat badanmu menjadi gemuk.

Makan dengan Cepat

Makan dengan cepat
Makan dengan cepat / freepik.com / nakarldore

Kebiasaan yang bisa bikin gemuk yang pertama adalah makan dengan terburu-buru. Tubuh memerlukan waktu sekitar 20 menit sejak mulai makan hingga sinyal kenyang bisa sampai ke otak. Jika kamu makan dengan cepat, maka akan cenderung mengonsumsi makanan lebih banyak karena belum merasa kenyang.

Padahal, sebenarnya jumlah makanan yang dimakan sudah cukup. Makan dengan terburu-buru menyebabkan kelebihan kalori yang pada akhirnya meningkatkan berat badan bahkan dapat menyebabkan obesitas.

Oleh karena itu, cobalah untuk memperlambat waktu makan kamu dengan mengunyah lebih banyak dan rasakan semua rasa dan tekstur yang bisa diberikan makanan yang kamu makan.

Makan di Piring yang Besar

Pengaruh ukuran piring
makan di piring besar / freepik.com / tirachardz

Disadari atau nggak, ukuran piring atau tempat kamu makan dapat mempengaruhi asupan kalori yang kamu makan. Meskipun kelihatannya sangat sepele, mengubah piring atau wadah tempat kamu makan dapat membantu kamu menghindari makan yang berlebihan.

Makan di piring yang besar dapat membingungkan otak sehingga berpikir bahwa kamu makan dalam porsi kecil. Sebaliknya, menurut penelitian dari University of Cambridge, Inggris, orang yang mengonsumsi makanan dengan piring berukuran kecil, konsumsi makan mereka dapat menurun hingga 16 persen, atau setara dengan 280 kalori.

Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama
Duduk terlalu lama / freepik.com / yanalya

Waktu yang wajar dihabiskan untuk duduk adalah kurang dari 10 jam. Namun, terkadang deadline, rapat, bahkan mengerjakan setumpuk pekerjaan hingga lembur membuat seorang karyawan seringkali terlalu lama duduk.

Studi menunjukkan bahwa orang yang duduk lebih lama cenderung kelebihan berat badan. Selain itu, duduk terlalu lama membuat kamu lebih mudah lapar. Sekalipun energi yang kamu butuhkan sedikit.

Sinyal yang salah ini kemudian ditanggapi otak dengan menyuruh kamu untuk makan. Kemudian, duduk terlalu lama menyebabkan kalori tersebut nggak dibakar maksimal, ia tertimbun pada bagian-bagian tubuh khususnya perut, pinggul dan paha. Oleh karena itu, cobalah untuk selingi dengan melakukan aktivitas fisik meskipun dalam intensitas yang ringan agar berat badanmu tetap terkendali. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id