sign up SIGN UP

Pemerintah Siapkan Vaksin Booster Covid-19, Catat... Cuma Kelompok Ini yang Dapatkan Gratis!

Rini Apriliani | Jumat, 01 Oct 2021 15:30 WIB
Pemerintah Siapkan Vaksin Booster Covid-19, Catat... Cuma Kelompok Ini yang Dapatkan Gratis!
caption
Jakarta -

Vaksinasi Covid-19 memang sedang dilakukan secara gencar-gencaran oleh Pemerintah. Hal ini tentu saja untuk memerangi pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia. Kabar terbaru, Pemerintah mulai menyiapkan vaksin booster untuk tahun depan. 

Berbeda dengan vaksinasi yang dilakukan saat ini, dimana masyarakat dapat mendapatkan secara cuma-cuma vaksinasi tersebut. Ternyata untuk vaksin booster Covid-19 yang akan datang hanya beberapa kelompok saja yang bisa mendapatkannya secara gratis. 

Pandemi Covid-19Pandemi Covid-19/ Foto: Freepik.com/prostooleh

Kementerian Kesehatan mengungkapkan vaksin booster Covid-19 ini akan diberikan secara gratis pada masyarakat Penerima Bantuan Iuran (PBI), dan akan berbayar untuk masyarakat non PBI.

Namun hal ini ternyata masih berupa rencana dan bukan kebijakan. Sebab, pemberian vaksin booster ini harus dalam kondisi yang telah memenuhi vaksinasi dosis 1 dan 2.

Vaksin Covid-19Vaksin Covid-19/ Foto: Freepik.com

Nantinya juga, vaksin booster ini pun akan menjadi vaksin mandiri yang di tempatkan dibeberapa tempat yang telah diputuskan. 

"Di luar PBI, ini (booster) akan menjadi vaksin mandiri yang memang masyarakat mencari dan itu akan disiapkan tentunya vaksin tersebut bisa didapatkan di tempat-tempat yang nanti akan diputuskan. Masih rencananya, kita semua tentu tergantung banyak hal yang mungkin akan dipikirkan untuk memutuskan hal ini," ujar Plt Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan, Ditjen P2P Kemenkes dr Prima Yosephine, seperti yang dikutip dari Detik Health, Jumat (1/10).

Ini Patokan Masyarakat Butuh Vaksin Booster Covid-19

Efek Samping Vaksinasi Covid-19Vaksinasi Covid-19/ Foto: Freepik.com

Dr. Prima mengatakan jika booster baru bisa dilaksanakan jika vaksinasi Covid-19 telah mencapai sasaran minimal 70 persen. 

"Minimal 70 persen, itu pun saya bilang belum kita utus karena biasanya akan menanyakan pada kelompok ahli namanya ITAGI untuk komite nasional penasehat imunisasi, untuk kemudian mereka akan memberikan rekomendasi berapa sebaiknya," kata dr Prima.

CDC Beberkan Rekomendasi Penerima Vaksin Booster Covid-19

Vaksin Covid-19Vaksin Covid-19/ Foto: Freepik.com

CDC dalam laman resminya mengungkapkan deretan siapa saja yang berhak direkomendasikan untuk menerima booster Covid-19 tersebut. Adapun beberapa kelompok yang dijabarkan adalah sebagai berikut:

  • Orang berusia 65 tahun ke atas dan penduduk dalam perawatan jangka panjang.
  • Orang berusia 50 - 64 tahun dengan kondisi medis yang mendasarinya harus menerima suntikan vaksin Covid-19.
  • Orang berusia 18 - 49 tahun dengan kondisi medis yang mendasarinya dapat menerima suntikan vaksin Covid-19.
  • Orang berusia 18 - 64 tahun yang berisiko tinggi terpapar dan menularkan Covid-19 karena lingkungan atau institusional.

Deretan kelompok tersebut dapat melakukan vaksinasi booster setidaknya 6 bulan setelah seri primer Pfizer-BioNTech yang mereka lakukan, berdasarkan manfaat dan risikonya masing-masing.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id