STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Peneliti Ungkap Rahasia Orang-orang yang Panjang Umur, Gemar Lakukan Hobi Satu Ini! Bisa Tebak?

Nadya Quamila | Beautynesia
Rabu, 05 Oct 2022 09:30 WIB
Peneliti Ungkap Rahasia Orang-orang yang Panjang Umur, Gemar Lakukan Hobi Satu Ini! Bisa Tebak?

Menjadi sehat dan panjang umur adalah dambaan banyak orang. Ada banyak cara dan upaya yang dilakukan demi mendapatkan impian tersebut, mulai dari makanan yang dikonsumsi, rutin berolahraga, menerapkan gaya hidup sehat, hingga hobi yang dilakukan.

Yup, ternyata ada hobi tertentu yang bisa bikin kamu panjang umur, lho, Beauties! Daerah di dunia yang memiliki centenarian, yaitu orang-orang yang hidup hingga usia 100 tahun atau lebih, seperti di Okinawa di Jepang, diketahui memiliki satu kesamaan yang sama, yaitu pada hobi yang dilakukan.

Hobi yang Bisa Bikin Panjang Umur

Rahasia panjang umur orang Jepang/Foto: Paxels/Rodnae ProductionHobi yang bisa bikin panjang umur/Foto: Pexels/Rodnae Production

Dilansir dari CNBC, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang panjang umur tersebut gemar berkebun dan dijadikan sebagai sebuah hobi yang sangat bermanfaat.

Dan Buettner, seorang penulis dan pakar umur panjang, adalah yang pertama kali mencetuskan istilah 'blue zone' atau zona biru. Menurutnya, hidup di area tersebut dapat membantu seseorang panjang umur dan sehat selalu, dilansir dari detikHealth.

Ia dan tim peneliti menemukan kesamaan di antara penduduk yang mengarah pada umur yang lebih panjang, hidup lebih bahagia, dan lebih sehat. Mereka diketahui menjalankan pola makan nabati, memiliki kehidupan sosial yang baik, dan rutin berolahraga. Namun selain itu, ada satu kesamaan pada hobi, yaitu mereka gemar berkebun.

Ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa berkebun dapat meningkatkan kesejahteraan dan umur panjang. Lantas, mengapa berkebun bisa bikin seseorang panjang umur? Dilansir dari CNBC, yuk simak penjelasannya!

Menghabiskan Waktu di Alam

Berkebun dapat membantu meningkatkan fokusIlustrasi berkebun/Foto: Freepik.com/freepik

Berada di alam membuat kamu mendapat paparan sinar matahari, udara segar, dan 'berinteraksi' dengan tanaman yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Faktanya, dokter di Skotlandia meresepkan "jalan-jalan alam" untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan kecemasan. Mereka juga mendorong pasien untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar, entah itu mengamati burung atau mengumpulkan ranting.

Menghabiskan waktu di alam adalah hal yang baik, dan salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan berkebun atau merawat tanaman. Pastikan kamu konsisten melakukannya, ya!

Salah Satu Bentuk Olahraga

ZodiakIlustrasi berkebun/Foto: Freepik.com/

Berkebun juga termasuk bentuk olahraga, lho, Beauties! Sebab, berkebun atau merawat tanaman membutuhkan sejumlah aktivitas fisik yang berbeda.

"Berkebun mengembalikan ketangkasan dan kekuatan, dan latihan aerobik yang terlibat dapat dengan mudah menggunakan jumlah kalori yang sama seperti yang mungkin dikeluarkan di gym," menurut Richard Thompson, seorang peneliti di Royal College of Physicians London.

Membantu Menghilangkan Stres

Foto: tips merawat daun tanaman hias/freepik.comIlustrasi merawat tanaman/ Foto: Freepik.com

Manusia masa kini cenderung memiliki ritme kehidupan yang serba cepat dan sangat sibuk disertai tekanan yang besar. Tak ayal hal ini bisa membuat banyak orang mengalami stres.

Meluangkan waktu untuk 'kembali' ke alam dengan berkebun bisa membantu mengatasi pikiran yang 'bising' dan menenangkannya. Dalam satu penelitian yang dilakukan di Belanda, 30 orang diberi tugas yang membuat stres, diikuti dengan 30 menit membaca atau berkebun.

Mereka yang berkebun pulih dari stres jauh lebih cepat. Tidak heran jika banyak ahli mindfulness menganggap berkebun sebagai bentuk meditasi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE