sign up SIGN UP

Perempuan Berusia 18 Tahun Keluhkan Sakit Telinga dalam Waktu Lama Ternyata Didiagnosis Stroke, Ini Penjelasannya

Tim Redaksi CNN | Beautynesia
Rabu, 22 Jun 2022 17:00 WIB
Perempuan Berusia 18 Tahun Keluhkan Sakit Telinga dalam Waktu Lama Ternyata Didiagnosis Stroke, Ini Penjelasannya
Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska
Jakarta -

Viral kisah seorang perempuan muda berusia 18 tahun di TikTok mengeluh sakit telinga dalam waktu lama. Setelah didiagnosis, rupanya ia terkena stroke, Beauties.

Sakit telinga yang dideritanya termasuk penurunan kemampuan mendengar serta telinga berdenging. Kondisi ini tentu bukan tampak ciri stroke seperti yang umum diketahui.

Zicky Yombana, dokter spesialis saraf di Brawijaya Hospital Saharjo, mengiyakan hal tersebut.

"Ini sudden deafness karena kerusakan jaringan telinga, bukan [pusat pendengaran] pada otak," kata Zicky kepada CNNIndonesia.com, Selasa (21/6).

Gangguan pada Saraf Pendengaran

Viral gadis 18 tahun kena stroke usai mengeluhkan sakit telinga.Viral gadis 18 tahun kena stroke usai mengeluhkan sakit telinga./ Foto: Tangkapan layar: SS Viral

Menurut Zicky, stroke terjadi karena adanya gangguan aliran darah ke otak, baik akibat sumbatan maupun pendarahan. Yang terjadi pada perempuan tersebut pun tidak berhubungan dengan aliran darah dan pembuluh darah, menurutnya lebih mengarah ke deafness atau tuli mendadak.

Tuli mendadak atau sudden sensorineural hearing loss (SSHL) dapat terjadi saat orang kehilangan kemampuan mendengar sangat cepat dan biasanya hanya pada salah satu telinga.

Lantas apa penyebabnya dan apakah penggunaan headset bisa ikut mempengaruhi?

TelingaTelinga/Foto: Freepik/photohobo/

Lanjutkan membaca di sini ya, Beauties.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id