sign up SIGN UP

Pernah Dialami Jessica Iskandar, Ini Penyebab dan Gejala Hellp Syndrome pada Ibu Hamil

Zeyra Haya | Beautynesia
Kamis, 19 May 2022 08:00 WIB
Pernah Dialami Jessica Iskandar, Ini Penyebab dan Gejala Hellp Syndrome pada Ibu Hamil
caption

Kesehatan adalah hal yang paling penting bagi para ibu hamil dan menyusui. Terutama bagi ibu hamil, berbagai pantangan guna menjaga kesehatan harus diterapkan sebaik mungkin.

Bukan tanpa alasan, perempuan cenderung akan mengalami penurunan daya tahan tubuh saat sedang hamil. Sehingga konsumsi makanan sehat dan vitamin menjadi hal wajib untuk menghindari berbagai penyakit membahayakan seperti Hellp Syndrome.

Pernah Dialami Jessica Iskandar, Apa Itu Hellp Syndrome?

Sempat Dialami Jessica Iskandar, Ini Penyebab dan Gejala Hellp Syndrome Pada Ibu Hamil/Foto: pexels.com/freestocks.orgIni Penyebab dan Gejala Hellp Syndrome Pada Ibu Hamil/Foto: pexels.com/freestocks.org

Melansir dari CNN Indonesia, HELLP (Hemolysis, Elevated Liver Enzymes, dan Low Platelet Count) Syndrome merupakan kondisi komplikasi penyakit yang dialami ibu hamil atau segera setelah melahirkan. Hemolysis adalah pemecahan sel darah merah, Elevated Liver Enzymes adalah peningkatan enzim di hati yang bisa mempengaruhi hati ibu dan Low Platelet Count adalah kondisi jumlah trombosit yang rendah.

Singkatnya, Hellp Syndrome adalah kondisi dimana seorang ibu hamil mengalami komplikasi masalah pada darah, hati, dan tekanan darah. Pada ibu hamil, kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi seperti kejang, pecahnya hati, dan solusio plasenta atau terpisahnya plasenta dari dinding rahim sebelum bayi lahir dan menyebabkan kelahiran prematur.

Artis Jessica Iskandar sempat mengaku pernah mengalami kondisi ini pada kehamilan pertamanya. Meski dokter belum dapat memastikan, penyebab Hellp Syndrome disinyalir terjadi karena kondisi kesehatan fisik dan mental sang ibu.

Ini Gejala Hellp Syndrome pada Ibu Hamil

Pernah dialami Jessica Iskandar, Seperti apa gejala Hellp Syndrome pada ibu hamil?/Foto: pexels.com/mikoto.raw Photographer
(Pernah dialami Jessica Iskandar, Seperti apa gejala Hellp Syndrome pada ibu hamil?/Foto: pexels.com/mikoto.raw Photographer)

Beauties, Hellp Syndrome bisa menyerang siapapun. Namun berdasarkan beberapa riwayat keluhan, kondisi ini banyak menyerang ibu hamil yang mengalami tekanan darah tinggi, berusia di atas 25 tahun dan pernah melahirkan dua atau tiga kali.

Beberapa gejala Hellp Syndrome yang perlu diwaspadai. Diantaranya Kelelahan, penglihatan kabur, kenaikan berat badan secara tiba-tiba, terjadi pembengkakan pada bagian tubuh, sakit kepala, mual atau muntah, kejang, nyeri di bagian kanan atas perut, mimisan dan pendarahan yang tidak berhenti secepat biasanya.

Cara Mencegah Hellp Syndrome

Perlu waspada namun jangan khawatir berlebihan, begini cara menghindari Hellp Syndrome/Foto: pexels.com/Leah Kelley
(Perlu waspada namun jangan khawatir berlebihan, begini cara menghindari Hellp Syndrome/Foto: pexels.com/Leah Kelley)

Hellp Syndrome pada ibu hamil juga berisiko kembali muncul di kehamilan berikutnya. Untuk itu, perlu adanya kewaspadaan ekstra bagi para ibu dalam menjaga kesehatan.

Meski tidak ada cara spesifik untuk mencegah Hellp Syndrome, para ahli kesehatan dan dokter kandungan menyarankan kepada para ibu hamil untuk lebih menjaga kesehatannya selama kehamilan. Bukan hanya kesehatan fisik, kondisi mental pun juga harus dijaga.

Seperti mengurangi stres, jangan terlalu banyak pikiran, menghindari sedih atau emosi berlebihan. Dokter mengimbau untuk para ibu dapat berkonsultasi secara rutin, terutama menjelang waktu melahirkan.

Bagi kamu yang pernah mengalami Hellp Syndrome atau sekiranya sedang mengalami gejala-gejalanya, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter. Begitu pula jika memiliki keluarga yang pernah mengalami Hellp Syndrome, preeklamsia, atau masalah tekanan darah lainnya.

Beauties, itulah beberapa gejala Hellp Syndrome yang harus kita waspadai, terutama bagi para ibu hamil. Selalu jaga kesehatanmu ya.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id