STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Punya Tubuh Ramping dan Awet Muda di Usia 40-an Bukan Khayalan, Asalkan 6 Kebiasaan Makan Ini Patut Kamu Hindari ya!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Senin, 03 Jan 2022 15:25 WIB
Punya Tubuh Ramping dan Awet Muda di Usia 40-an Bukan Khayalan, Asalkan 6 Kebiasaan Makan Ini Patut Kamu Hindari ya!

Problem yang kerap ditemui ketika seseorang menginjak usia 40 tahun adalah mulai merasa berat badannya lebih susah turun daripada di usia yang lebih muda. Padahal kan, mereka juga pengin memiliki tubuh ramping dengan berat badan ideal supaya tampak awet muda.

Seiring bertambahnya usia, proses metabolisme tubuh memang jadi kian melambat. Alhasil, kemungkinan kenaikan berat badan akan jauh lebih besar. Nah, salah satu tips menurunkan berat badan ketika usia 40 tahun adalah dengan mengatur pola makan dan memerhatikan asupan jumlah kalori.

Namun sayangnya, tanpa disadari kebiasaan-kebiasaan makan di bawah ini bisa menyebabkan perutmu buncit, lho! Apa sajakah itu?

1. Makan Larut Malam

tips menjaga tubuh tetap ramping di usia 40 tahun
Hindari makan larut malam/Foto: Pexels.com/cottonbro

Penelitian menunjukkan bahwa makan berat atau banyak ngemil di atas jam 8 bisa membuatmu lebih cepat gemuk. Secara biologis, pada jam segitu proses pembakaran kalori mulai melambat.

Alhasil, makanan yang kamu konsumsi bakal disimpan dalam bentuk lemak dalam tubuh. Apalagi bila kebiasaan ini rutin dilakukan pada usia 40 ke atas, yang pada dasarnya tubuh mulai kekurangan kemampuan mencerna makanan.

Jadi, makanlah lebih sedikit karbohidrat di malam hari dan lebih banyak di pagi dan siang hari ketika metabolisme tubuh sedang bekerja lebih baik.

2. Ngemil Sembarangan

tips menjaga tubuh tetap ramping di usia 40 tahun
Hindari ngemil sembarangan/Foto: Pexels.com/Polina Tankilevich

Gorengan, fast food, kue kering, keripik atau minuman manis kerap dijadikan camilan praktis sehari-hari. Tapi masalahnya, kebiasaan ngemil sembarangan inilah yang menjauhkanmu dari impian punya tubuh langsing.

Daripada makan sedikit tapi lapar, lebih baik kamu menggantinya dengan makanan tinggi serat dan rendah kalori yang bisa menjaga kenyang lebih lama. Salad sayur, smoothie, buah potong, mixed nuts, yogurt, dan kacang-kacangan nggak kalah enak dari gorengan, kok!

3. Hobi Konsumsi Olahan Tepung dan Gula

tips menjaga tubuh tetap ramping di usia 40 tahun
Kurangi makanan olahan gula dan tepung/Foto: Pexels.com/Leigh Patrick

Makanan olahan yang diproses biasanya punya kalori yang lebih besar dan mengandung sejumlah bahan yang tidak hanya merusak lingkar pinggang, tetapi juga kesehatanmu secara keseluruhan. Ditambah lagi, sering mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans, gula, dan tepung-tepungan amat berkontribusi terhadap penambahan lemak di perut.

4. Makan Tidak Teratur

tips menjaga tubuh tetap ramping di usia 40 tahun
Makan sembarangan bikin perut buncit/Foto:Pexels.com/Andres Aryton

Organ tubuh manusia memiliki jam biologis khusus yang bekerja secara otomatis. Oleh karena itu, bagi seseorang yang masih berusia muda sebenarnya sangat penting untuk tidak mengabaikan pola makan teratur.

Sebab jika kebiasaan ini terus berlanjut hingga usia 40 tahun, maka berisiko meningkatkan berat badan sekaligus penyakit gaya hidup. Padahal makan tidak teratur yang membingungkan tubuh akan memicu fluktuasi gula darah yang tidak diinginkan, bahkan mengganggu hormon.

5. Kebiasaan Diet Yo-yo

tips menjaga tubuh tetap ramping di usia 40 tahun
Diet yo-yo malah bisa menambah berat badan/Foto: Pexels.com/Pixabay

Demi ingin terlihat lebih ramping dan awet muda, banyak orang ketika berusia 40 tahun berupaya untuk melakukan diet ketat, meski akhirnya tak berlangsung lama. Alih-alih jadi langsing, mencoba menurunkan berat badan dengan cepat biasanya berujung gagal, mendorong keinginan makan berlebih, dan malah akan mengakibatkan kenaikan berat badan di kemudian hari.

Intinya, kalau kamu mau diet maka lakukan secara benar dan konsisten, ya!

6. Lazim Minum Alkohol

tips menjaga tubuh tetap ramping di usia 40 tahun
Jauhi kebiasaan minum alkohol/Foto: Pexels.com/Maria Orlova

Para dokter dan ahli kesehatan telah mengingatkan dampak buruk alkohol bagi kesehatan. Selain meningkatkan risiko terkena penyakit kronis, ternyata kebiasaan minum alkohol juga tidak baik bagi berat badan seseorang ketika berusia 40 tahun karena menjadi penyebab perut buncit.

Nah, di samping menghindari keenam poin di atas, mengurangi lemak pada orang dewasa akan lebih efektif jika kamu mengombinasikan latihan kekuatan beban dengan diet rendah kalori. Satu hal lagi, kelola stres dengan baik supaya tubuh tidak terpacu untuk meningkatkan nafsu makan dan menyimpan lemak di area perut.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE