sign up SIGN UP

Rawat Tampilan Gigimu! Begini Cara Mencegah Munculnya Karang Gigi

Rumaysha Milhania | Beautynesia
Minggu, 28 Mar 2021 20:00 WIB
Rawat Tampilan Gigimu! Begini Cara Mencegah Munculnya Karang Gigi
caption

Karang gigi adalah plak gigi yang mengeras dan ini dialami hampir 68% orang dewasa. Penumpukan karang gigi adalah masalah utama karena dapat menyebabkan bau mulut, radang gusi, dan gigi berlubang. Jika kamu terus membiarkan karang gigi menumpuk di gigi, kamu mungkin akan mendapatkan masalah pada gigi nantinya.

Hal yang terbaik adalah merawat gigi kamu dengan baik dan menemui dokter gigi kamu secara teratur untuk menghindari penumpukan plak dan karang gigi yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mulut. Melansir dari Madison Dental Health, berikut ini adalah tip dan trik ini ke dalam rutinitas harianmu.

Karang gigi adalah plak gigi yang mengeras dan ini dialami hampir 68% orang dewasa. Penumpukan karang gigi adalah masalah utama karena dapat menyebabkan bau mulut, radang gusi, dan gigi berlubang.
Memeriksa Gigi/ Sumber: Freepik.com

Periksa Gigi Secara Rutin

Hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk merawat gigi adalah mengunjungi dokter gigi secara teratur. Meskipun gigi kamu sangat sehat, kamu harus menjadwalkan janji temu setiap enam bulan agar dokter gigi kamu dapat menemukan masalah kecil sebelum menjadi lebih buruk. Pembersihan gigi profesional merupakan faktor utama dalam mencegah penumpukan karang gigi.

Sikat dan Gunakan Dental Floss

Mungkin kamu sudah sangat sering mendengarnya, tetapi menyikat dan membersihkan gigi adalah hal terpenting yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan gigi kamu secara keseluruhan. Gunakan pasta gigi fluorida anti-plak untuk hasil terbaik saat melawan karang gigi.

Sikat gigi kamu setidaknya dua kali sehari, dan gunakan benang gigi setidaknya sekali sehari. Menggunakan benang gigi juga membantu menghilangkan partikel makanan yang bisa berbahaya jika dibiarkan menempel di gigi.

Ini mungkin terdengar tidak perlu dipikirkan, tetapi menyikat dan membersihkan gigi adalah hal terpenting yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan gigi kamu secara keseluruhan.
Menyikat Gigi/ Sumber: Freepik.com

Pilih Sikat Gigi Berkualitas Tinggi

Sikat gigi elektrik dapat membantu mencegah penumpukan plak, tetapi kamu harus memastikan untuk mengganti kepala sikatnya setiap tiga bulan untuk kinerja yang optimal. Jika kamu tidak menyukai sikat gigi elektrik, pastikan untuk menemukan sikat gigi manual yang berkualitas dan menggantinya juga setiap tiga bulan.

Jika bulu sikat mulai rusak sebelum jangka waktu tersebut, gantilah karena itu tidak akan efektif untuk membersihkan gigi dan menghilangkan plak.

Gunakan Obat Kumur Anti Plak

Berkumur dengan obat kumur adalah tugas yang sering kali terabaikan. Padahal, ini akan sangat membantu mengurangi jumlah plak dan mencegah penumpukan karang gigi. Melakukannya membantu membersihkan plak yang ada dan membunuh bakteri penyebab pertumbuhan plak baru. Obat kumur juga membuat mulut terasa segar dan bersih setelah menyikat dan membersihkan gigi dengan benang.

Merokok atau mengonsumsi makanan manis dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan penumpukan plak yang pada akhirnya akan menjadi karang gigi. Usahakan untuk menghindari minuman ringan dan makanan seperti kue, permen, dan makanan manis lainnya yang tinggi gula.
Merokok Menyebabkan Bau Mulut/ Sumber: Freepik.com

Hindari Merokok dan Makanan Manis

Merokok atau mengonsumsi makanan manis dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan penumpukan plak yang pada akhirnya akan menjadi karang gigi. Usahakan untuk menghindari minuman ringan dan makanan seperti kue, permen, dan makanan manis lainnya yang tinggi gula.

Ingat,  gula adalah tempat berkembang biaknya bakteri. Penumpukan gula di mulut dapat menyebabkan plak yang dapat menyebabkan masalah kesehatan mulut yang lebih serius.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya karang gigil. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantumu merawat tampilan gigi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id