sign up SIGN UP

Ringankan Gejala Omicron, 5 Bahan Alami Ini Bisa Redakan Sakit Tenggorokan

Tim Redaksi HaiBunda | Beautynesia
Kamis, 10 Feb 2022 14:00 WIB
Ringankan Gejala Omicron, 5 Bahan Alami Ini Bisa Redakan Sakit Tenggorokan
caption
Jakarta -

Beauties, kasus COVID-19 varian Omicron terus mengalami lonjakan setiap harinya. Varian Omicron yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan ini memang dinilai lebih cepat menular. Selain itu, gejalanya sangat mirip dengan penyakit flu pada umumnya dan tidak seganas varian Delta.

Beberapa gejala yang biasa dialami oleh pasien COVID-19 varian Omicron seperti batuk, pilek, dan hidung tersumbat. Jika diperhatikan, gejala tersebut sangat mirip dengan gejala yang dialami oleh pasien flu biasa.

Minuman alami yang bisa meredakan sakit flu dan batuk/ Foto: Pexels/ Andrea PiacquadioIlustrasi flu/Foto: Pexels/ Andrea Piacquadio

"Gejalanya mirip memang (dengan flu biasa) batuk, pilek, hidung tersumbat kemudian cairan di hidung atau meler, dan juga rasa lesu, lemah, demikian kadang demam, ini mirip flu biasa," kata dr Erlina Burhan, Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), pada konferensi pers virtual bertajuk 'Perkembangan Terkini kasus COVID-19 varian Omicron', Senin (24/1/2022).

Lantas, apakah ada gejala yang berbeda antara varian Omicron dengan flu biasa? Rupanya, varian Omicron punya satu gejala khas yang membedakannya, yakni pasien Omicron biasanya mengalami sakit tenggorokan.

Menurut dr Erlina, sebagian pasien varian Omicron melaporkan atau mengeluhkan tenggorokan gatal dan sakit. Biasanya, sakit tenggorokan tersebut diikuti dengan batuk-batuk kering, sakit kepala, nyeri badan, serta pilek atau hidung tersumbat, bahkan meler berair.

Bahan Alami untuk Redakan Sakit Tenggorokan

Jika kamu mengalami gejala sakit tenggorokan, ada beberapa bahan alami yang bisa membantu meredakan sakit tersebut. Yuk, simak berikut ini!

Air Garam

Air garam dipercaya bisa meredakan sakit gigiIlustrasi garam/Foto: Freepik/ Racool_studio

Air garam memiliki kandungan yang efektif untuk membunuh bakteri. Bahan satu ini pun mudah ditemukan dan pasti ada di rumah.

Untuk mendapatkan khasiat air garam dalam meredakan sakit tenggorokan, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam air hangat. Setelah itu, gunakan air garam tersebut untuk berkumur-kumur. Meski tak memberi efek secara instan, cara ini dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

Madu

Madu dijadikan sebagai obat batuh anakIlustrasi madu/Foto: Pexels/ ROMAN ODINTSOV

Madu merupakan bahan herbal alami yang terkenal memiliki segudang manfaat, salah satunya untuk kesehatan. Kandungan antibakteri di dalamnya dipercaya mampu menyembuhkan luka dan peradangan, termasuk di tenggorokan.

"Madu adalah salah satu obat terbaik untuk sakit tenggorokan karena sifat antibakteri alaminya yang memungkinkannya bertindak sebagai penyembuh luka, meredakan rasa sakit, dan mengurangi peradangan. Madu juga dapat membunuh bakteri dan membantu melawan infeksi virus," kata Charlotte Smith, MD, dokter di Penn Urgent Care South Philadelphia.

Cara mengonsumsi madu untuk redakan sakit tenggorokan sangat mudah. Campurkan dua sendok makan madu ke dalam segelas air hangat, aduk rata dan minum selagi masih hangat. Kamu juga bisa mencampurkannya ke dalam teh dan mengonsumsinya beberapa kali dalam sehari.

Selain air garam dan madu, masih ada beberapa bahan alami lainnya yang bisa bantu redakan sakit tenggorokan. Simak selengkapnya DI SINI, ya!

***

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id