sign up SIGN UP

3 Fakta Terbaru Covid-19 Varian Omicron, Lama Menempel pada Benda sampai Menular Lebih Cepat!

Zeyra Haya | Beautynesia
Rabu, 09 Feb 2022 09:53 WIB
3 Fakta Terbaru Covid-19 Varian Omicron, Lama Menempel pada Benda sampai Menular Lebih Cepat!
caption

Covid-19 kembali mengganas usai kembali terjadinya mutasi virus. Varian B.1.1.529 atau lebih dikenal dengan Omicron, pertama kali ditemukan di Afrika Selatan dan kini menyebar dengan cepat ke seluruh dunia.

Meski disinyalir tak seganas varian sebelumnya yakni Delta, varian Omicron tetap menimbulkan kekhawatiran, sebab memiliki daya tular yang tinggi. Bahkan, beberapa studi menyebutkan varian Omicron memiliki daya reinfeksi sehingga orang yang sudah pernah terpapar tetap berisiko dapat terpapar kembali.

Tetap Waspada! Ini Fakta Terbaru Varian Omicron

Beauties, Penting bagi kita untuk selalu update mengenai informasi terbaru terkait pandemi Covid-19 agar selalu waspada. Untuk itu, kenali beberapa fakta baru Omicron berikut ini.

1. Varian Omicron Bertahan Paling Lama di Plastik dan Kulit

Omicron tahan lama di permukaan plastik dan kulit, jangan lupa selalu cuci tangan berkala!/Foto: pexels.com/Anna Shvets
(Omicron tahan lama di permukaan plastik dan kulit, jangan lupa selalu cuci tangan berkala!/Foto: pexels.com/Anna Shvets)

Para peneliti Jepang dari Kyoto Prefectural University melakukan pengujian untuk membandingkan tingkat ketahanan beberapa varian virus Covid-19 pada benda plastik dan kulit manusia. Kabar buruknya, varian Omicron menjadi varian mutasi Covid-19 yang memiliki ketahanan paling tinggi.

Dari penelitian tersebut, diketahui varian Omicron dapat bertahan pada permukaan benda plastik selama 193,5 jam. Sementara pada kulit manusia, Omicron dapat bertahan selama 21 jam. 

2. Omicron Cepat Menular, Ini Alasannya

Berbahaya karena cepat menular, ini fakta terbaru varian Omicron/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(Berbahaya karena cepat menular, ini fakta terbaru varian Omicron/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sudah terbukti bahwa Omicron merupakan varian Covid-19 yang paling mudah menular dan memiliki resiko reinfeksi. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, salah satu penyebab Omicron cepat menular adalah karena sistem Immune Escape manusia.

Immune Escape pada tubuh memungkinkan varian Omicron menginfeksi kembali orang yang pernah terinfeksi. Pun varian ini cenderung kebal terhadap dosis vaksin. Selain itu, virus Omicron juga bereplikasi pada sistem pernapasan bagian atas atau tenggorokan sehingga lebih mudah menular.

3. Memiliki Gejala Ringan, Gejala Omicron Justru Sering Disepelekan

Gejala mirip flu jangan disepelekan! Bisa jadi gejala Omicron/Foto: pexels.com/Ron Lach
(Gejala mirip flu jangan disepelekan! Bisa jadi gejala Omicron/Foto: pexels.com/Ron Lach)

Sejauh ini, Omicron menjadi varian virus Covid-19 yang memiliki gejala paling ringan. Sebagian besar gejala Omicron sangat mirip dengan gejala flu. 

Meski tak berbahaya, gejala ringan Omicron justru kerap disepelekan. Sehingga banyak orang tak menyadari bahwa ia telah terpapar. Hal ini pula yang menjadikan varian Omicron dapat sangat cepat menyebar.

Beauties, itulah beberapa fakta terbaru varian Omicron. Tetap waspadai gejala Omicron, jangan lupa selalu terapkan protokol kesehatan ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id