sign up SIGN UP

Rutinitas Baik yang Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak, yuk Dicoba!

Rumaysha Milhania | Beautynesia
Kamis, 24 Sep 2020 21:00 WIB
Rutinitas Baik yang Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak, yuk Dicoba!
caption
Jakarta -

Apakah kamu sering terbangun dari tidur dengan rasa tidak nyaman atau mimpi buruk? Kemudian merasa tidak nyaman dan resah saat bangun di pagi hari? Tentu ini membuat harimu menjadi sangat buruk karena istirahat malam tidak maksimal. Alhasil badan menjadi lebih mudah lelah seharian. Padahal, hal-hal seperti ini sebenarnya bisa dihindari dengan menjalani kebiasaan baik sebelum tidur. Yuk, intip rutinitas baik yang bisa membuat tidur lebih nyenyak berikut ini.

Sebelum kamu pergi tidur, berikan dirimu suasana yang tenang dan hening di kamar. Pastikan untuk menjauhkan ponsel, laptop, dan matikan televisi untuk sejenak menenangkan diri.
Mimpi Indah/ Sumber: Freepik.com

1. Buat Suasana Kamar Tenang dan Hening

Sebelum kamu pergi tidur, berikan dirimu suasana yang tenang dan hening di kamar. Pastikan untuk menjauhkan ponsel, laptop, dan matikan televisi untuk sejenak menenangkan diri. Cobalah untuk duduk tanpa melakukan apapun selama 2-5 menit dan atur nafas dalam dan panjang. 

2. Pastikan Kamu Sudah Memenuhi Semua Kebutuhan Fisik

Jangan pernah tidur dengan posisi masih belum membersihkan badan atau belum makan. Badan yang masih kotor dan perut yang kosong dapat membuat rasa tidak nyaman saat tidur. Ini akan membuatmu lebih mudah terbangun dan merasa tidak tenang saat tidur. Jadi, pastikan untuk selalu makan malam, mencuci muka, menyikat gigi, dan mandi sebelum tidur. Ini akan membuatmu menjadi lebih nyaman saat tidur. 

Sadari hal itu dan luangkan waktu untuk mengevaluasi diri. Ini bukan berarti menambah pikiran di malam hari, tetapi berusaha untuk mengikhlaskan apa yang sudah berlalu dan berpikir positif untuk melakukan yang lebih baik esok.
Tidur Cukup/ Sumber: Freepik.com

3. Evaluasi Harimu

Tidak bisa dipungkiri, ketidaknyamanan dan rasa tidak tenang karena kesalahan dan kebodohan yang dilakukan dalam hari-harimu akan membuat rasa tidak tenang di waktu tidur. Sadari hal itu dan luangkan waktu untuk mengevaluasi diri. Ini bukan berarti menambah pikiran di malam hari, tetapi berusaha untuk mengikhlaskan apa yang sudah berlalu dan berpikir positif untuk melakukan yang lebih baik esok.

4. Berdoa

Syukuri tiap keberkahan yang kamu miliki. Berdoa juga dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan dalam diri sebelum tidur. Kebiasaan ini juga bisa mengurangi kemungkinan kamu mendapatkan mimpi buruk.  

Carilah bacaan yang ringan dan mudah dicerna untuk menjadi teman sebelum tidur. Hindari bacaan yang terlalu seru dan intens untuk mencegah rasa penasaran dan kecenderungan untuk terus membaca semalaman.
Tidur Nyenyak/ Sumber: Freepik.com

5. Cari Bacaan Ringan

Terakhir, jika kamu sulit tidur, hindari bermain ponsel hingga larut karena itu akan membuatmu menjadi lebih sulit tidur. Carilah bacaan yang ringan dan mudah dicerna untuk menjadi teman sebelum tidur. Hindari bacaan yang terlalu seru dan intens untuk mencegah rasa penasaran dan kecenderungan untuk terus membaca semalaman.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id