sign up SIGN UP

Sakit Kepala dan Mual karena Berlebihan Menatap Layar? Tanda Mengalami Cybersickness

Fina Prichilia | Beautynesia
Selasa, 18 Jan 2022 14:30 WIB
Sakit Kepala dan Mual karena Berlebihan Menatap Layar? Tanda Mengalami Cybersickness
caption
Jakarta -

Berada seharian di depan laptop untuk bekerja, bukan hanya bikin leher terasa sakit dan mata kering. Bila kamu mesti menatap layar lebih lama dari biasanya, pernahkah sampai merasa mual? Inilah yang dinamakan cybersickness atau penyakit siber, Beauties.

Cybersickness merupakan fenomena yang dinilai para ahli mirip mabuk perjalanan (motion-sickness). Menurut Psikoterapis Gillian Issacs Russell seperti dilansir dari lama Real Simple, panyakit ini dapat terjadi saat otak menerima pesan bahwa kamu lagi bergerak, misal dengan layar berkedip. Padahal sebenarnya kamu lagi diam.

Merasa mualMerasa mual/ Foto:Freepik.com

Disebut juga Konflik Vestibular Visual

Pernah nggak kamu lagi membaca di mobil? Bukannya fokus, tapi malah merasa mual?

Rupanya hal itu merupakan respon dari 'kebingungan tubuh', pasalnya ketika kamu fokus pada bacaan atau pada objek yang diam, misal dalam hal ini buku, tetapi tubuhmu merasakan getaran atau mendeteksi sesuatu yang lain di dalam mobil. Hal ini juga berlaku pada layar terlebih dengan gambar yang bergerak, sementara tubuh kamu tetap diam.

Penanganan yang Bisa Dilakukan

Fase ini bisa berlangsung selama beberapa menit hingga jam, tergantung individu. Apabila gejalanya tergolong ringan, kamu bisa mengatasinya sendiri di rumah dengan memastikan tidak sampai berlebihan dalam menatap layar.

Terlihat kece ketika Zoom Meeting/ Foto: freepik.comIlustrasi zoom meeting. / Foto: freepik.com/

Semisal kamu ada pelatihan atau meeting kantor secara visual, maka ketika waktunya istirahat tiba, gunakanlah waktu itu untuk tidak menambah waktu menatap layar, seperti scrolling media sosial.

Kamu bisa mengikuti aturan 20-20-20, yakni dengan beristirahat dari layar setiap 20 menit dan melihat jarak 20 kaki atau setara 6 meter, selama 20 detik. Bergeraklah juga tiap 30 menit dari duduk, dengan berjalan-jalan dan melakukan peregangan.

Pastikan untuk tidak minum obat sembarangan ya, Beauties. Bila sudah sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, konsultasikan ke dokter.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id