sign up SIGN UP

Awas! Awal Musim Hujan Rentan Terkena Diare, Ini 7 Ramuan Herbal Praktis untuk Mengatasi Diare

Nisrina Salsabila | Jumat, 14 Jan 2022 06:15 WIB
Awas! Awal Musim Hujan Rentan Terkena Diare, Ini 7 Ramuan Herbal Praktis untuk Mengatasi Diare
caption

Saat musim hujan datang, diare yang berasal dari bakteri dan virus menjadi salah satu penyakit yang mesti kita waspadai. Gejala diare yang sering tampak pada seseorang yakni frekuensi buang air besar lebih sering, kotoran berwarna hitam, berlendir, dan badan lemas. 

Meman, sih, diare umumnya bisa sembuh dalam 2-3 hari dengan banyak minum air putih dan istirahat. Namun apabila kamu meremehkannya, diare berpotensi membawamu pada kondisi dehidrasi parah yang dapat mengancam nyawa. Terang saja, penderita diare rentan terkena dehidrasi lantaran tubuh kehilangan banyak cairan, nutrisi, dan mineral penting yang keluar bersama kotoran.

Nah, untungnya, ada cara mudah mengatasi diare secara alami dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah. Inilah 7 daftar ramuan obat diare herbal yang bisa kamu terapkan.

1. Oralit Buatan Sendiri

cara mengatasi diare dengan obat alami
Minum cairan oralit/Foto: Pexels.com/Daria Shevtsova

Oralit adalah obat yang berfungsi untuk menggantikan kadar elektrolit dan cairan tubuh yang hilang akibat buang-buang air besar. Di samping bisa dibeli di apotek, kamu bisa meracik oralit sendiri di rumah sebagai obat alami diare.

Antiribet, kamu tinggal mencampurkan 6 sendok teh gula pasir dan 1/2 sdt garam ke dalam 250 ml air hangat. Minumlah segelas oralit setiap 4-6 jam sekali.

Diketahui, gula dan garam merupakan mineral elektrolit yang bersifat menahan cairan dalam tubuh supaya terhindar dari kekurangan cairan yang bisa memperparah gejala diare.

2. Daun Jambu Biji 

Dari dulu, daun jambu biji memang dipercaya efektif mengobati diare. Jurnal "The Potential of Guava Leave (Psidium guajava L) for Diarrhea" (2015) menyebutkan bahwa pada daun jambu biji terdapat bahan aktif flavonoid, tanin, minyak atsiri, dan alkaloid.

Kandungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengatasi diare yang disebabkan oleh bakteri sekaligus mengurangi frekuensi buang air besar pada penderita diare. 

3. Kunyit

cara mengatasi diare dengan obat alami
Seduhan kunyit/Foto: Pexels.com/Ksenia Chernaya

Dari sekian banyak manfaat kunyit bagi kesehatan, salah satunya adalah sebagai obat herbal diare. Sifat antibakteri yang ada dalam kunyit bisa membunuh bakteri penyebab diare yang kamu alami. Untuk memanfaatkannya, cukup rebus kunyit dengan air panas lalu minum sebanyak 3 kali sehari untuk hasil maksimal.

4. Teh Jahe

Rempah satu ini memiliki sifat antiradang, antinyeri, dan antibakteri, sehingga patut kamu pertimbangkan sebagai obat diare alami.

Sebuah penelitian dari Journal Of Agricultural And Food Chemistry menunjukan bahwa zat pada jahe bekerja memblokir racun dari bakteri listeria dan E.Coli pemicu diare juga membantu meredakan rasa rasa mual atau kejang perut.

5. Probiotik

cara mengatasi diare dengan obat alami
Probiotik dari yogurt/Foto: Pexels.com/Any Lane

Probiotik adalah bakteri “baik” yang hidup di usus dan bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan. Saat diare, saluran pencernaan yang bermasalah membuat jumlah bakteri baik di dalam usus lebih sedikit ketimbang bakteri jahat.

Untuk membantu memulihkan fungsi usus yang normal, kamu disarankan mengonsumsi sumber probiotik alami mau pun suplemen probiotik. Contoh makanan fermentasi yang mengandung probiotik di antaranya ada yogurt, tempe, cokelat hitam, kimchi, acar kalengan, dan miso.

6. Pisang

Dilansir dari detikHealth, pisang merupakan buah yang cocok untuk mengobati diare secara alami. Karena pisang kaya akan kalium yang bisa membantu memulihkan elektrolit yang hilang akibat diare. Ditambah lagi, pisang mengandung pektin yang bisa menyerap cairan dalam usus, sehingga kotoran yang dikeluarkan menjadi lebih padat dan tidak berair.

7. Daun Salam

cara mengatasi diare dengan obat alami
Rebusan daun salam/Foto: Pinterest.com/Organic Facts

Sebuah penelitian pada Jurnal Farmasetis, tahun 2016 menyatakan jika rebusan 15 lembar daun salam dapat menghambat diare. Daun salam, dengan nama ilmiah Syzygium polyanthum mempunyai kandungan zat aktif seperti minyak atsiri (sitral, eugenol), tanin, dan flavonoid.

Jadi selain dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu masakan, daun salam memiliki efek antibakteri terhadap E. coli, Salmonella sp., dan Vibrio cholera.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id