sign up SIGN UP

Sakit Perut Akibat Datang Bulan? Atasi dengan 3 Ramuan dari Bahan Alami Ini

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Selasa, 26 Jul 2022 09:30 WIB
Sakit Perut Akibat Datang Bulan? Atasi dengan 3 Ramuan dari Bahan Alami Ini
caption

Datang bulan atau haid memang menjadi rutinitas bulanan bagi para perempuan. Seringkali saat datang bulan, badan terasa pegal dan sakit perut. Dikutip dari kesehatan NHS UK sakit perut pada saat haid tergolong normal, Beauties.

Sakit perut timbul akibat otot dinding rahim mengencang saat proses peluruhan. Rasa sakit itu biasanya terjadi dari hari pertama hingga paling lama sampai hari ketiga. Setelah itu akan normal kembali. Akan tetapi terkadang rasa sakit itu dapat sedikit mengganggu kegiatan sehari-hari.

Beauties, bisa membuat ramuan dari bahan alami ini untuk meringankan nyeri perut karena datang bulan.

1. Jahe

Minuman Jahe Hangat
Ramuan pereda nyeri haid/ Foto: freepik/ jcomp

Air rebusan jahe yang diminum selagi hangat, dinilai bisa meredakan rasa sakit perut saat datang bulan. Karenanya menurut laporan dari Pain Medicine yang dikutip dari situs Verywell Health, ahli merekomendasikan untuk mengkonsumsi air jahe secukupnya baik sebelum maupun sesaat menstruasi. 

Meski begitu, konsumsi jahe tidak disarankan pada orang dengan kondisi tertentu. Bila kamu tengah dalam perawatan yang berkaitan dengan kondisi pengenceran darah, maka disarankan untuk mengkonsultasikannya ke dokter terlebih dulu.

2. Kunyit

Minuman dari Kunyit
Ramuan pereda nyeri haid/ Foto: freepik/ azerbaijan-stockers

Kedua, ada kunyit yang diketahui bisa mengurangi rasa sakit akibat keram perut saat haid. Kunyit dinilai bisa menurunkan nyeri saat haid ---yang dikarenakan kontraksi uterus dengan cara memblok produksi prostaglandin.

Menurut sebuah penelitian kecil pada tahun 2020 dikutip dari Insider.com, kunyit memiliki efek antiinflamasi, sehingga membuatnya lebih efektif melawan kram menstruasi.

3. Kayu Manis

Minuman kayu manis
Ramuan pereda nyeri haid/ Foto: unsplash/ Denisejans

Menurut jurnal Iran Red Crescent Med J vol 15 dalam situs National library of medicine, kayu manis ampuh untuk meredakan nyeri yang terjadi selama periode datang bulan. Selain itu, dinilai aman karena tidak menimbulkan efek samping apapun saat dikonsumsi.

Ramuannya juga mudah dibuat hanya tinggal masukan kayu manis ke dalam air hangat. Bisa juga meminumnya bersama teh tapi yang memiliki kafein rendah.

Selain dibantu dengan ramuan herbal alami seperti jahe, kunyit, atau kayu manis. Beauties, juga dianjurkan untuk sering minum air putih. Dikarenakan air putih terutama yang hangat juga bisa mengurangi rasa nyeri perlahan-lahan. 

Meski begitu, nyeri saat menstruasi terlebih yang tak tertahankan juga bisa mengindikasikan kondisi kesehatan, seperti fibroid uterine juga endometriosis, Beauties. Kamu bisa memeriksakannya ke dokter, terlebih bila nyeri tersebut sudah sampai mengganggu kegiatan sehari-hari.

----

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id