sign up SIGN UP

6 Negara yang Memberikan Cuti Haid untuk Karyawan Perempuan, Ada Indonesia Nggak, ya?

Diny Tiara Putri | Beautynesia
Jumat, 27 May 2022 16:00 WIB
6 Negara yang Memberikan Cuti Haid untuk Karyawan Perempuan, Ada Indonesia Nggak, ya?
caption

Menstruasi merupakan satu hal yang tak bisa dihindari oleh perempuan. Setiap bulannya, perempuan akan mengalami peluruhan rahim atau menstruasi. Jika perempuan mengalami menstruasi, mereka tidak hanya mengalami perubahan emosi secara drastis, tetapi juga rasa sakit pada fisik terutama perut bagian bawah. Walaupun beberapa dari mereka mungkin tidak mengalaminya, namun tak dapat dipungkiri jika mayoritas perempuan akan mengalami keram perut atau sakit pada beberapa tubuhnya ketika menstruasi terjadi.

Akibat rasa sakit tersebut, terkadang beberapa aktivitas pun terhambat. Bahkan mungkin kamu pernah menemukan teman perempuan yang mengalami sakit di area perut saat menstruasi, dan hanya berbaring di tempat tidur atau tak banyak beraktivitas seperti biasanya. Jika hal itu terjadi pada pelajar atau mahasiswa mungkin tidak menjadi masalah, sebab mereka bisa meminta izin untuk tidak masuk. Lalu, bagaimana dengan perempuan yang bekerja?

Ternyata terdapat beberapa negara yang memberikan cuti haid untuk karyawan perempuan, lho, beauties! Dirangkum dari dari berbagai sumber, simak daftar negaranya berikut ini, yuk!

Jepang

MensIlustrasi kram perut saat menstruasi/Foto: Freepik

Jepang menjadi urutan teratas karena merupakan pionir dari salah satu negara yang memberikan cuti haid untuk karyawan perempuan mereka. Namun, untuk mendapatkan peraturan serta hak cuti tersebut butuh perjuangan yang tidak mudah dan sebentar. Sebab Serikat Buruh Jepang telah mengajukan peraturan serta hak tersebut selama tahun 1920-an, tetapi baru disahkan secara Undang-Undang pada 1947, sebagaimana dilansir dari We Capable.

Indonesia

Berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan No 13 tahun 2003, perempuan Indonesia yang bekerja berhak mengambil cuti haid sebanyak dua hari dalam sebulan. Sudah tahu belum, Beauties?

Korea Selatan

MensIlustrasi menstruasi/ Foto: Freepik

Pekerja perempuan di Korea Selatan diberikan cuti menstruasi pada tahun 2001 oleh Undang-Undang Perburuhan. Sayangnya, kebijakan tersebut mendapat kecaman dari para aktivis pria Korea Selatan, mereka melihatnya sebagai bentuk diskriminasi.  

Taiwan

Ilustrasi Bendera Taiwan/Canva/holgs
Ilustrasi Bendera Taiwan/Canva/holgs

Taiwan memiliki cuti haid bagi karyawan perempuan meskipun peraturan tersebut tidak terlalu murah hati. Sejak tahun 2002, pekerja perempuan mendapatkan tiga hari cuti ekstra dalam setahun, hal tersebut melebihi cuti sakit normal yang diizinkan oleh semua karyawan. Cuti tiga hari tersebut bisa dimanfaatkan sebagai cuti menstruasi.

Zambia

Karyawan perempuan di Zambia berhak atas satu hari cuti setiap bulan sejak 2015. Namun cuti ini bukan dinamakan sebagai cuti mensturasi, melainkan ‘hari ibu’. Seorang karyawan dapat menuntun majikan atau atasannya jika mereka menolak cuti yang diajukan.

China

Ilustrasi Bendera China/Canva/kool99
Ilustrasi Bendera China/Canva/kool99

Melansir dari India Today, Provinsi Anhui tengah China akhirnya memberlakukan cuti haid bagi karyawan perempuan. Mereka dapat mengambil cuti satu atau dua hari. Namun, ini bukan provinsi China pertama yang mempraktekkan hukum tersebut. Cuti menstruasi sudah diberlakukan lebih dulu pada provinsi Shanxi Utara dan provinsi Hubei Tengah.

Itu tadi daftar negara yang memberikan cuti haid untuk karyawan perempuan. Sebenarnya beberapa negara sedang mengusahakan peraturan cuti haid bagi karyawan perempuan, seperti salah satu negara di Eropa yakni Italia, yang membahas cuti menstruasi pada 2017 akan tetapi pada akhirnya belum ada kebijakan yang berlaku atau terbentuk.

Sementara itu, baru-baru ini Spanyol dikabarkan akan menjadi negara Eropa pertama yang memberlakukan cuti haid bagi perempuan yang menderita nyeri haid atau menstruasi saat bekerja. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id