sign up SIGN UP

Sebelum Penyakit Jantung Menyerang, Segera Konsumsi Makanan Ini yuk!

aqillah diaz | Rabu, 29 Sep 2021 23:00 WIB
Sebelum Penyakit Jantung Menyerang, Segera Konsumsi Makanan Ini yuk!
caption

Penyakit jantung merupakan penyakit yang terjadi apabila pembuluh darah mengalami penyempitan atau penyumbatan. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia.

Hal ini biasanya dikarenakan pola hidup yang kurang sehat, pola makan yang salah, tekanan darah tinggi, dan beberapa penyebab lainnya. Namun, dapat menjaga kesehatan jantung dengan menjaga pola makan yang bergizi dan seimbang, sehingga tekanan darah, gula darah, dan kolesterol tetap berada di angka yang normal.

Menjaga pola makan yang bergizi dan seimbang dapat kamu lakukan mulai sekarang dengan mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini, Beauties!

1. Alpukat

Alpukat / foto : pexels.com/ThoughtCatalog
Alpukat / foto : pexels.com/ThoughtCatalog

Alpukat merupakan buah yang memiliki lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Lemak tak jenuh tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung. Buah alpukat juga menjadi salah satu alternatif pengganti lemak

2. Ikan

Ikan Salmon / foto : pexels.com/NothingAhead
Ikan Salmon / foto : pexels.com/NothingAhead

Ikan, seperti salmon, makarel, sarden, dan tuna memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan kadar trigliserida darah lebih rendah, gula darah puasa, dan tekanan darah sistolik. Selain dari ikan tersebut, kamu bisa mendapatkan sumber omega-3 dari minyak ikan. 

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau / foto : pexels.com/readymade
Sayuran hijau / foto : pexels.com/readymade

Sayuran hijau, seperti bayam, sawi, brokoli, kangkung, dan lainnya memiliki kandungan antiokasidan, mineral, dan vitamin yang tinggi. Salah satu vitamin yang terdapat pada sayur-sayuran adalah vitamin K.

Kandungan tersebut dapat membantu proses pembekuan darah dan melindungi pembuluh darah arteri. Tidak hanya itu, sayuran hijau juga memiliki kandungan nitrat yang dapat mengurangi kekakuan pada arteri dan meningkatkan sel pelapis pembuluh darah.

4. Beras Merah dan Gandum

Beras merah / foto : pexels.com/SuzyHazelwood
Beras merah / foto : pexels.com/SuzyHazelwood

Biji-bijian, seperti beras merah dan gandum memiliki serat yang lebih banyak daripada biji-bijian olahan. Beras merah dan gandum dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung. Oh iya, ketika memilih biji-bijian, sebaiknya pilihlah biji-bijian yang mengandung gandum utuh ya!

5. Tomat

Tomat / foto : pexels.com/ArinaKrasnikova
Tomat / foto : pexels.com/ArinaKrasnikova

Tomat bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang kamu konsumsi untuk mencegah penyakit jantung dan melawan inflamasi pada organ jantung. Hal ini dikarenakan tomat kaya akan likopen. Biasakanlah untuk mengonsumsi tomat empat kali seminggu sehingga kadar kolesterol kalian juga akan membaik.

6. Edamame

Edamame / foto : pexels.com/cottonbro
Edamame / foto : pexels.com/cottonbro

Makanan terakhir yang bisa kamu konsumsi adalah edamame. Edamame memilik kandungan yang kaya isoflavon yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, edamame juga memiliki sumber nutrisi yang baik untuk jantung karena mengandung antioksidan dan serat.

Itulah beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah penyakit jantung. Jangan lupa untuk tetap berolahraga dan menjaga kesehatan tubuh ya, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id