sign up SIGN UP

Selai Kacang untuk Menurunkan Berat Badan: Baik atau Buruk? Simak Penjelasannya di Sini!

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Senin, 19 Sep 2022 17:00 WIB
Selai Kacang untuk Menurunkan Berat Badan: Baik atau Buruk? Simak Penjelasannya di Sini!
Ilustrasi selai kacang/Foto: Freepik.com/Azerbaijan_Stockers

Saat menjalani program diet, menghindari asupan gula harus dilakukan secara konsisten. Tak jarang, hal ini menjadi tantangan yang sulit dilakukan bagi kamu pencinta makanan atau minuman manis.

Namun, tidak semua makanan manis harus kamu hindari saat diet, kok, Beauties. Dikutip dari NDTV, selai kacang disebut menjadi salah satu makanan manis yang bisa bantu menurunkan berat badan. Selai kacang mengandung lemak sehat, protein, serat, dan berbagai vitamin dan mineral. Seluruh nutrisi penting tersebut dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Lalu, benarkah selai kacang bisa bantu menurunkan berat badan? Dan bagaimana cara mengonsumsinya yang tepat agar bermanfaat? Dilansir dari Healthline, berikut penjelasannya. Yuk, simak!

Kandungan Nutrisi dalam Selai Kacang

Selai kacang/Foto: Freepik.com/jcomp
Selai kacang/Foto: Freepik.com/jcomp

Sebagai contoh, dalam dua sendok makan selai kacang setara dengan 32 gram, yang mengandung:

  • Protein: 8 gram
  • Kalori: 188
  • Karbohidrat: 7 gram
  • Serat: 3 gram
  • Jumlah lemak: 16 gram
  • Lemak jenuh: 3 gram
  • Mangan: 29% dari Referensi Asupan Harian (RDI)
  • Magnesium: 13% dari RDI
  • Fosfor: 10% dari RDI
  • Kalium: 7% dari RDI
  • Vitamin E: 10% dari RDI
  • Vitamin B3 (niasin): 22% dari RDI
  • Vitamin B6: 7% dari RDI
  • Vitamin B9 (folat): 7% dari RDI

Sebagian besar sumber kalori selai kacang berasal dari lemak tak jenuh. Dengan mengganti lemak jenuh menjadi lemak tak jenuh, maka dapat mengurangi kadar kolesterol tubuh, dan menurunkan risiko penyakit jantung secara keseluruhan.

Tak hanya itu, kandungan serat yang dimiliki selai kacang mampu memenuhi 10 persen kebutuhan serat harian sehingga memengaruhi penurunan indeks massa tubuh. Perhatikan juga kandungan lemak jenuh dan sodium yang ada di selai kacang. Pastikan kamu mengonsumsi selai kacang dalam batas normal, satu atau dua sendok makan per hari.

Dapat Mengurangi Nafsu Makan dan Mengontrol Kadar Gula Darah

Ilustrasi makan/Foto: Freepik.com/freepik
Ilustrasi makan/Foto: Freepik.com/freepik

Adanya kandungan protein, lemak tak jenuh yang sehat, dan serat yang tinggi pada selai kacang dapat membantu tubuh kamu merasa kenyang lebih lama. Jika kamu merasa cepat kenyang dan nafsu makan lebih terkendali, maka berat badan pun akan lebih cepat turun.

Kamu juga perlu menghindari makanan yang diproses dan yang terbuat dari tepung, karena berpotensi meningkatkan kadar gula darah. Jika kadar gula darah tidak stabil, risiko mengalami obesitas dan diabetes akan meningkat. Oleh karena itu, agar indeks glikemik stabil kamu bisa konsumsi selai kacang.

Bantu Menurunkan Berat Badan

Bantu menurunkan berat badan/Foto: Freepik.com/benzoix
Bantu menurunkan berat badan/Foto: Freepik.com/benzoix

Manfaat berikutnya dari selai kacang adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan protein yang terdapat di selai kacang, sangat direkomendasikan untuk menjaga massa otot dalam program menurunkan berat badan.

Diet bukan hanya menurunkan berat badan, otot juga dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tubuh. Jika metabolisme tubuh melambat, maka dapat menyebabkan berat badan lebih sulit turun.

Tips Mengonsumsi Selai Kacang dengan Sehat

Selai kacang/Foto: Freepik.com/freepik
Selai kacang/Foto: Freepik.com/freepik

Pilihlah selai kacang yang melalui proses pemanggangan dan memiliki lemak lebih sedikit dibanding selai kacang pada umumnya. Pastikan selai kacang untuk diet harus bebas gula dan tanpa pengawet buatan sehingga aman untuk dikonsumsi. 

Kamu bisa mengonsumsi selai kacang dengan mengoleskannya pada roti panggang, atau buah. Menambahkan selai kacang pada smoothie atau oatmeal untuk menambah protein juga bisa kamu lakukan. Kamu juga bisa membuat saus kacang untuk hidangan tumisan, daging, bihun atau sate.

Disiplin dengan pola hidup sehat menjadi kunci kesuksesan dalam menjalani program diet. Perlu diingat lagi bahwa mengonsumsi selai kacang disarankan sesuai anjuran tidak lebih dari 2 sendok sehari. Jadi, jangan dikonsumsi berlebihan, ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id