sign up SIGN UP

Selain Cegah Asma Kambuh, Ini 5 Manfaat Air Purifier di Dalam Rumah

Retno Wulandari | Beautynesia
Minggu, 11 Jul 2021 17:00 WIB
Selain Cegah Asma Kambuh, Ini 5 Manfaat  Air Purifier di Dalam Rumah

Manfaat air purifier sangatlah beragam, khususnya untuk kesehatan. Air purifier merupakan alat yang dirancang khusus untuk bantu mengurangi polusi udara di dalam ruangan. Alat ini dilengkapi dengan kipas dan filter yang akan mengubah udara kotor dalam ruangan menjadi lebih bersih.

Di tengah pandemi covid-19 seperti sekarang, memiliki air purifier sepertinya sudah menjadi keharusan agar udara yang dihirup tetap bersih. Selain itu, meletakkan air purifier di dalam ruangan juga memiliki ragam manfaat baik untuk kesehatan kamu, Beauties.

Penasaran apa saja? Simak jawabannya berikut ini!

Menetralkan Bau Tidak Sedap

Manfaat air purifier
Manfaat air purifier untuk menetralkan bau tidak sedap/ Foto: Freepik/eddows-animator

Manfaat air purifier apalagi yang dilengkapi dengan HEPA dan filter karbon aktif, diklaim bisa menetralkan bau tidak sedap di dalam ruangan. Bau tidak sedap ini diakibatkan oleh sirkulasi udara masuk dan keluar yang tidak lancar. Nah, ketika meletakkan air purifier di sebuah ruangan, maka bau tidak sedap tersebut akan diserap dan dikeluarkan menjadi udara yang lebih segar dan sehat.

Selama PPKM Darurat ini, sepertinya keberadaan air purifier memang dibutuhkan apalagi buat kamu anak kos yang memasak di dalam kamar. Bau masakan bisa dinetralkan, sehingga kamu lebih nyaman berada di dalam kamar kos dan tidur pun lebih nyenyak. Selain itu, kesehatan kamu juga lebih terjaga karena menghirup udara kamar yang lebih segar dan sehat lho, Beauties.

Mengurangi Risiko Alergi Pernapasan dan Gejala Asma

Manfaat air purifier
Manfaat air purifier untuk mengurangi risiko alergi pernapasan dan gejala asma/ Foto: Freepik/jcomp

Teknologi HEPA pada air purifier dapat menghilangkan 99,7% dari airborne Particulate Matter (PM) yang ada di dalam ruangan. Tidak hanya bisa menetralkan bau, meletakkan air purifier di dalam rumah atau kamar juga efektif menangkap semua polutan yang ada di udara. Pasalnya dalam jangka pendek, polusi udara bisa memicu alergi pada pernapasan, seperti bersin, hidung tersumbat dan batuk. Parahnya lagi, polusi udara dalam ruangan juga bisa memicu gejala asma seperti sesak napas.

Alergi pada pernapasan serta gejala asma bisa diatasi jika udara di dalam ruangan bersih. Oleh sebab itu, meletakkan air purifier di dalam ruangan tentu sangat membantu, apalagi buat kamu yang rentan alergi terhadap debu dan polutan yang ada di udara.

Mengurangi Risiko Paparan Bahan Kimia Berbahaya

Manfaat air purifier
Manfaat air purifier untuk mengurangi risiko bahan kimia berbahaya/ Foto: Freepik/wayhomestudio

Tidak hanya di luar ruangan, di dalam ruangan juga terdapat bahan kimia berbahaya untuk kesehatan. Bahan kimia berbahaya ini berasal dari berbagai macam cairan pembersih rumah tangga yang biasanya sering digunakan. Cairan pembersih yang mengandung amonia, klorin dan ftalat dapat menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius, seperti gangguan neurologis, kardiovaskular hingga kanker.

Zat kimia berbahaya pada cairan pembersih ini bisa dihilangkan dengan air purifier. Karbon aktif dalam air purifier inilah yang nantinya akan bekerja membersihkan udara yang terkontaminasi oleh bahan kimia berbahaya tersebut, sehingga risiko-risiko berbahaya untuk kesehatan tadi bisa dihindari.


Our Sister Site

mommyasia.id