sign up SIGN UP

Selain Jahe, Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Kurangi Efek Samping Vaksin Covid-19

Ratih Dewi | Senin, 27 Sep 2021 20:06 WIB
Selain Jahe, Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Kurangi Efek Samping Vaksin Covid-19
caption

Efek samping dari vaksin covid-19 memberikan efek yang berbeda-beda pada setiap orang. Efek samping yang biasanya dirasakan seperti rasa nyeri, demam, sakit kepala, lemas, dan mudah lelah yang bisa berlangsung 1-3 hari.

Oleh karena itu, memang disarankan setelah vaksin, untuk beristirahat dan mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk mengatasi efek samping dari vaksin. Berikut adalah makanan yang baik dikonsumsi setelah melakukan vaksin covid-19, dilansir dari beberapa sumber. 

Tidak hanya mengurangi efek samping dari vaksin, kandungan gizi dari makanan-makanan berikut ini juga meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang virus atau penyakit.  

1. Jahe

Jahe
Jahe/Foto : pexels.com/pixabay

Tidak hanya membuat masakan lebih sedap, jahe juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Salah satunya kalau dikonsumsi dengan teh atau air hangat, jahe bisa mengurangi efek samping dari vaskin seperti nyeri, lemas, demam, ataupun pusing. 

Melansir dari laman Times of India, jahe memiliki kandungan asam amino dan enzim vital untuk mengurangi rasa sakit, menenangkan pikiran, dan mengatasi stres

2. Kunyit

Kunyit
Kunyit/Foto : pexels.com/Karolina Grabowska

Penelitian yang dipublikasikan oleh National Library of Medicine, menyebut bahwa kunyit terbukti menjadi salah satu makanan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi risiko terjangkit penyakit, termasuk virus covid-19.

Kunyit juga memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antimikroba yang bisa mengurangi rasa sakit, termasuk efek samping dari pemberian vaksin. Sifat antioksidannya juga membantu untuk menetralisir radikal bebas dan meningkatkan aktivitas enzim antioksidan dalam tubuh. 

Untuk mengkonsumsinya juga mudah, Beauties bisa campurkan dalam teh, sup, smoothie, atau salad. 

3. Bawang Putih

Bawang Putih
Bawang Putih/Foto : pexels.com/Karolina Grabowska

Dikenal sebagai pencegah kanker, bawang putih juga berperan penting dalam meningkatkan imun tubuh, menurunkan kolestrol dan darah tinggi. Dilansir dari laman News18, bawang putih memberi makan mikroorganisme di usus besar yang berperan untuk meningkatkan imun tubuh karena kaya akan probiotik. 

4. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau
Sayuran Hijau/Foto : pexels.com/Daria Shevtsova

Sayuran hijau seperti brokoli, kangkung, sawi, bayam, adalah sayuran hijau yang memiliki sifat antioksidan tinggi yang membantu tubuh melawan efek samping dari vaksin, mencegah infeksi, dan mengurangi peradangan, demikian menurut Jada Murray, ahli diet dari Jacksonville State University, AS.

Selain itu, sayuran hijau juga kaya beta-karoten, vitamin A, vitamin C, vitamin K, potasium, magnesium, dan kandungan vitamin lainnya yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga mengontrol berat badan. 

5. Kuah Kaldu Tulang

Kuah Kaldu Tulang
Kuah Kaldu Tulang/Foto : pexels.com/jenvit keiwalinsarid

Untuk mengurangi rasa nyeri akibat efek samping vaksin, makanan dengan kuah kaldu tulang seperti sup ayam menjadi pilihan yang tepat lho, Beauties. Melansir dari laman Iris Publishers, kaldu tulang memiliki banyak nutrisi untuk mengurangi efek nyeri dan meningkatkan kesehatan sendi tulang dari kadar kolagennya. 

Kuah kaldu tulang yang hangat baik dikonsumsi ketika sakit karena mengandung banyak triptofan yang membuat tubuh memproduksi seratonin untuk membuat suasana hati lebih baik, lebih rileks, dan perasaan nyaman setelah mengkonsumsinya. 

6. Buah-Buahan Segar

Buah-Buahan Segar
Buah-Buahan Segar

Melansir dari laman Unicef, menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting untuk mengurangi efek samping vaksin seperti nyeri otot, kelelahan, sakit kepala, dan demam. Selain minum air yang cukup, konsumsi buah-buahan segar seperti stroberi, semangka, persik, bluberi, jeruk, bisa membuat tubuh cukup terhidrasi. 

Jika tubuh tetap terhidrasi dengan baik, maka bisa membantu mempersingkat durasi dan intensitas efek samping dari vaksin. 

-------------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id