sign up SIGN UP

Sempat Alami Depresi Pasca Melahirkan, Cerita Nikita Willy Soal Pentingnya Support System bagi Ibu Viral di Medsos

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Kamis, 16 Jun 2022 19:00 WIB
Sempat Alami Depresi Pasca Melahirkan, Cerita Nikita Willy Soal Pentingnya Support System bagi Ibu Viral di Medsos
caption

Nikita Willy baru saja menyambut anak pertamanya pada 7 April 2022 lalu. Beberapa momen kebahagiaannya menjadi ibu baru dibagikannya di laman media sosialnya. Namun siapa sangka bahwa ada perjuangan berat yang harus dilalui istri Indra Priawan Djokosoetono itu setelah persalinan.

Pada netizen, Nikita Willy mengungkapkan dirinya sempat mengalami depresi pasca melahirkan. Lalu bagaimana Nikita Willy menghadapinya?

Curhatan Nikita Willy soal Depresi Pasca Melahirkan Viral di Medsos

Nikita Willy Alami Depresi Pasca Melahirkan/Foto: Twitter.com/@tubbirfess
Nikita Willy Alami Depresi Pasca Melahirkan/Foto: Twitter.com/@tubbirfess

Pengalaman depresi pasca melahirkan Nikita Willy terungkap saat seorang netizen mengunggah percakapan tangkap layar jawaban sang artis dalam fitur ask me di media sosial. Warganet tersebut bertanya apakah sebelumnya Niki juga mengalami depresi pasca melahirkan.

“Pasca melahirkan perubahan hormon, cape, kurang tidur buat kita lebih sensitif. Jadi pasti gampang nangis dan galau,” demikian jawaban Nikita Willy soal pengalamannya pasca melahirkan.

Support System bagi Ibu Melahirkan Sangat Penting

Nikita Willy Alami Depresi Pasca Melahirkan/Foto: Instagram.com/@nikitawillyofficial94
Nikita Willy dan Indra Priawan/Foto: Instagram.com/@nikitawillyofficial94

Depresi pasca melahirkan dialami oleh hampir semua perempuan pasca persalinan. Namun dalam kasus Nikita Willy, dia mengaku tidak berkepanjangan karena adanya support system, terutama dari suaminya.

Niki mengungkapkan bahwa ada Indra Priawan yang selalu berusaha membuatnya nyaman ketika sebagian besar orang hanya fokus pada sang bayi dan melupakan keadaan sang ibu. Berbagai cara dilakukan sang suami agar Niki tidak berlarut-larut dalam depresi.

Kenapa Depresi Pasca Melahirkan Muncul?

Nikita Willy/Foto: Instagram.com/@nikitawillyofficial94
Nikita Willy/Foto: Instagram.com/@nikitawillyofficial94

Dilansir dari Very Well Mind, proses persalinan yang berat dan menyakitkan bisa menjadi trauma yang memicu munculnya depresi pasca melahirkan (postpartum depression). Saat luka belum pulih dan rasa lelah masih menjangkit, perempuan masih harus menjalankan fungsinya untuk mengasuh dan merawat bayi. Respon orang sekitar kadang justru memperparah kondisi karena perasaan ibu yang sensitif.

Perasaan tidak nyaman dan penuh kegalauan ini umumnya berlangsung hingga beberapa minggu dan menghilang dengan sendirinya. Meski demikian, ada momen di mana rasa tidak nyaman itu muncul dan hilang kembali. Jika kondisi ibu tidak membaik hingga beberapa bulan, maka segeralah mencari pertolongan dokter.

Gejala Depresi Pasca Melahirkan

Kecemasan hingga depresi bisa menyebabkan insomnia di malam hari.Ilustrasi depresi/Foto: Freepik/rawpixel.com

Beberapa gejala depresi pasca melahirkan antara lain adalah rasa sedih dan menangis tanpa sebab, gangguan tidur, masalah pola makan, mudah marah, cemas, sulit membuat keputusan, merasa kesepian, dan susah berkonsentrasi. Kondisi ini harus diatasi karena bisa membahayakan ibu dan bayi.

Depresi yang berkepanjangan tidak hanya berdampak pada tubuh ibu dan mempengaruhi aktivitas sehari-hari, namun juga membuatnya tak mampu merawat bayi dengan baik. Dalam banyak kasus, banyak ibu yang tega menyakiti anaknya sendiri karena merasa tertekan dan tak sanggup menunaikan tanggung jawabnya.

Cara Mengatasi Depresi Pasca Melahirkan

Nikita Willy dan Indra Priawan/Foto: Instagram.com/@nikitawillyofficial94
Nikita Willy dan Indra Priawan/Foto: Instagram.com/@nikitawillyofficial94

Belajar dari Nikita Willy, support system memang memberikan dampak signifikan untuk ibu yang baru melahirkan. Dukungan kecil seperti pujian atau perhatian terbukti bisa membuat perempuan pulih lebih cepat.

Jika memang kondisi tubuh masih belum pulih pasca persalinan, tidak ada salahnya meminta bantuan orang lain untuk mengasuh bayi. Namun jika kondisi ibu masih terus memburuk, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang memadai.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id