STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Sering Bekerja Menatap Layar Komputer, 6 Buah-Buahan Ini Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Natasha Riyandani | Beautynesia
Senin, 29 Aug 2022 05:00 WIB
Sering Bekerja Menatap Layar Komputer, 6 Buah-Buahan Ini Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Bekerja di depan layar komputer selama lebih dari 8 jam setiap hari dapat membuat mata lelah dan mengurangi fokus penglihatan. Tak jarang menjadi penyebab seseorang memiliki mata minus. Ditambah dengan gaya hidup kurang sehat dan mengonsumsi makanan-makanan rendah vitamin dan nutrisi untuk kesehatan mata.

Untuk itu, mengubah pola gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan tinggi nutrisi dapat memperbaiki dan menghambat penyakit yang dapat menyerang mata seperti katarak, glaukoma, dan rabun. Nah, kira-kira buah apa saja yang bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata?

Melansir dari Eye Clinic London, deretan buah-buahan ini dipercaya dapat menjaga kesehatan mata. Simak yuk!

1. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang bagus untuk mata
Jeruk/ Foto: Freepik.com/author/pch-vector

Jeruk dikenal sebagai buah yang tinggi akan vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan mata akibat radikal bebas, melawan risiko katarak, dan degenerasi makula. Manfaat lain dari mengonsumsi buah jeruk adalah dapat membantu pembentukan protein kolagen yang berguna untuk menjaga kejernihan kornea mata, serta mendukung kesehatan pembuluh darah di mata.

2. Berries

Buah jenis berries kaya akan mineral dan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan mata
Berries/ Foto: Freepik.com/author/racool-studio

Buah jenis berries seperti strawberry, blueberry, dan blackberry merupakan buah yang dapat menjaga kesehatan mata. Buah berries mengandung vitamin dan mineral yang dapat menjaga kelembapan mata. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada pada buah berries dapat membantu mencegah mata kering, penglihatan buruk, dan degenerasi makula.

3. Mangga

Mangga memiliki nutrisi yang berguna sebagai tabir surya alami bagi mata
Mangga/ Foto: Freepik.com/author/racool-studio

Mangga mengandung nutrisi yang bagus untuk kesehatan mata yaitu antioksidan lutein dan zeaxanthin yang membantu menjaga kesehatan mata. Kedua nutrisi tersebut berguna sebagai tabir surya alami yang menyerap kelebihan cahaya yang masuk ke dalam retina. Selain itu, berguna untuk melindungi dari cahaya biru yang dipancarkan oleh layar komputer maupun ponsel yang setiap hari Beauties tatap.

4. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin A dan C yang dapat melindungi kornea
Pepaya/ Foto: Freepik.com/author/racool-studio

Pepaya kaya akan serat dan vitamin A, C yang dapat membantu melindungi kornea dan mengurangi degenerasi retina. Maka, tak heran buah berwarna orange ini sangat bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

5. Pisang

Pisang membantu mencegah masalah mata kering
Pisang/ Foto: Freepik.com/author/azerbaijan-stockers

Kandungan kalium pada buah pisang bagus untuk menjaga kesehatan mata, terutama pada mata kering. Terlalu sering menatap layar komputer dapat menjadi penyebab mata kering, sehingga komponen yang ada pada buah pisang dapat membentuk lapisan air dan menjaga kelembapan mata. Tak hanya itu, kandungan vitamin A pada buah pisang dapat membantu melindungi kornea mata agar penglihatan tetap baik.

6. Aprikot

Aprikot memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan mata
Aprikot/ Foto: Freepik.com/author/azerbaijan-stockers

Buah satu ini mungkin jarang ditemukan di Indonesia, kecuali di supermarket. Namun, perlu Beauties ketahui bahwa buah aprikot sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Mengandung vitamin A, C, dan E, korotenoid, dan mengandung beta-karoten yang tinggi. Sehingga, sangat membantu penglihatan mata dan menyesuaikan mata dengan perubahan gelap dan terang. Tak hanya itu, buah aprikot dapat membantu mata untuk menyerap sinar biru dan ultraviolet yang dapat merusak mata untuk melindungi retina.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE