BILLBOARD
970x250

Sering Demam dan Pilek Saat Puasa? Ini Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Ramadan

Dian Aprilia | Beautynesia
Selasa, 20 Apr 2021 07:00 WIB
Sering Demam dan Pilek Saat Puasa? Ini Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Ramadan

Ramadan tahun ini merupakan kali kedua Umat Islam berpuasa di tengah pandemi. Untuk itu, penting tetap menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh selama puasa. Dengan imun yang sehat, maka kita tetap bisa terhindar dari berbagai macam gangguan penyakit, termasuk Covid-19.

Imun yang lemah biasanya ditandai dengan sering merasa pilek, demam, kelelahan, mengalami masalah pencernaan, stres dan lainnya. Hal ini bisa disebabkan karena berbagai hal, diantaranya adalah jarang berolahraga, kurang asupan nutrisi, dehidrasi, kurang istirahat dan lainnya.

Berikut beautynesia.id telah merangkum tips menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa Ramadan.

Rutin Berolahraga

Olahraga
Olahraga/pexels.com

Saat puasa Ramadan, orang jadi mengabaikan kegiatan olahraga. Sebab khawatir akan merasa haus atau lapar setelah berolahraga, apalagi jika olahraga yang dilakukan cukup berat dan menguras tenaga. Hal ini ditakutkan juga mengurangi kualitas puasa Ramadan, karena mengakibatkan tidak optimal dalam menjalankan ibadah lainnya.

Padahal, jika kita mampu mengatur kegiatan olahraga dengan tepat, tidak akan menyebabkan kita lemas berlebihan. Caranya adalah dengan memilih jenis olahraga yang intensitasnya ringan dan sedang. Kemudian melakukannya saat sebelum sahur, sebelum buka puasa, dan sesudah buka puasa.

Minum Air yang Cukup

Minum air
Minum air putih/pexels.com

Dehidrasi termasuk penyebab daya tahan tubuh melemah. Jadi memenuhi asupan cairan tubuh termasuk hal penting yang harus dilakukan demi menghindari dehidrasi. Pastikan selama puasa, kamu tetap bisa mengonsumsi 8 gelas air atau setara dua liter.

Kamu bisa membagi jadwal minum air seperti berikut ini, 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat buka puasa hingga setelah isya, dan 2 gelas sebelum tidur. Jadwal ini bisa menjagamu tetap memenuhi kebutuhan cairan selama puasa Ramadan.

Istirahat yang Cukup

Istirahat
Istirahat yang cukup/pexels.com

Tips yang tak boleh dilewatkan adalah istirahat yang cukup. Coba hindari kebiasaan begadang atau minim tidur, sebab hal ini bisa bikin kamu lemas atau tidak bertenaga selama puasa.

Cobalah untuk disiplin dengan tidur di awal hari, sehingga setelah sahur bisa lanjut beraktivitas tanpa khawatir mengantuk. Sebab jika kembali tidur setelah sahur bisa memicu asam lambung dan gangguan kesehatan lainnya. Selain itu bisa mengacaukan ritme sikardian tubuhmu.

Minum Suplemen

Vitamin
Vitamin/pexels.com

Di masa pandemi seperti saat ini, kita memang dianjurkan untuk minum suplemen. Apalagi ditambah dengan aktivitas puasa Ramadan. Jadi kamu bisa siapkan suplemen untuk menunjang kesehatanmu selain konsumsi makanan yang bernutrisi. Misalnya vitamin B, C, E, susu, atau berbagai suplemen lainnya sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Itulah 4 tips untuk menjaga daya tahan tubuh selama puasa Ramadan, agar tidak mudah sakit dan tetap sehat serta optimal dalam menjalankan ibadah puasa.

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE