sign up SIGN UP

Sering Merasa 'Jompo' di Usia Muda? Ini Tips Supaya Tubuh dan Tulang Jadi Kuat dan Nggak Gampang Capek!

Sierra Ayuningtyas Muktisari | Beautynesia
Sabtu, 13 Aug 2022 08:45 WIB
Sering Merasa 'Jompo' di Usia Muda? Ini Tips Supaya Tubuh dan Tulang Jadi Kuat dan Nggak Gampang Capek!
caption
Jakarta -

Beauties, siapa di antara kamu yang sering merasa 'jompo' di usia muda? Istilah jompo di sini mengacu pada kondisi tubuh yang mudah lelah, hingga rasa sakit di beberapa bagian tubuh, terutama untuk kamu yang jarang bergerak atau terlalu lama beraktivitas di rumah akibat pandemi COVID-19.

Disadari atau tidak, kondisi ini membuat gerak tubuhmu jadi lebih pasif, lho. Untungnya, sekarang kita sudah melewati fase tersebut sehingga back in motion alias kembali aktif dapat dilakukan, seperti misalnya kembali ke sekolah secara langsung atau bekerja kembali di kantor.

Kendati demikian, kondisi tubuh yang turut berubah akibat aktivitas yang banyak dilakukan di rumah beberapa tahun belakangan akibat pandemi COVID-19 ini pastinya cukup membuat perbedaan.

Seperti saat menjalani work from home, kegiatan yang cenderung pasif dan tidak banyak bergerak berpotensi menurunkan kondisi dan kepadatan tulang. Namun, nggak perlu khawatir, berikut ini tips supaya tubuh hingga tulang jadi kuat dan nggak gampang capek dalam beraktivitas!

Perbanyak Aktivitas Fisik

Setiap 2 jam sekali lakukan aktivitas fisik ringan agar otot tidak kaku dan tubuh kembali segar.Ilustrasi aktivitas fisik/ Foto: freepik.com

Selama kurang lebih 2 tahun, kamu lebih banyak mengerjakan semua tanggung jawab dari rumah yang membuat tubuhmu tidak seaktif biasanya. Back in motion setelah masa pandemi bisa menjadi masa transisi yang mengejutkan bagi tubuhmu yang selama ini pasif.

Agar adaptasi terasa lebih smooth maka kamu bisa melatih kekuatan tulang dengan memperbanyak kegiatan fisik. Sempatkan untuk jalan pagi atau jogging di pagi hari sebelum memulai rutinitas.

Tidak perlu lama, 20-30 menit saja setiap hari sudah cukup untuk membantu menyehatkan dan menjaga kepadatan tulang. Jika kegiatan pagimu padat dan sulit untuk berolahraga, ada alternatif lainnya yang tidak kalah sehat.

Kegiatan di rumah seperti naik turun tangga juga bisa lho, menjadi pengganti olahraga tersebut. Saat di tempat kerja kamu pun tetap bisa memelihara aktivitas fisik ini.

Salah satunya dengan memilih menaiki tangga daripada lift jika lantai yang dituju tidak terlalu jauh. Nah, nanti ketika jam makan siang tiba, coba deh untuk keluar kantor sejenak dan mencari makan di luar alih-alih memesan secara online agar tubuhmu terus bergerak.

Perbaiki Pola Makan

Makan makanan sehat/Foto:Freepik.com/JcompMakan makanan sehat/Foto:Freepik.com/Jcomp

Selain dengan memperbanyak kegiatan fisik, kesehatan tulangmu juga perlu didukung dengan pemenuhan asupan nutrisi yang dibutuhkan supaya tulang tetap kuat dan padat. Untuk itu, ubahlah pola makanmu yang selama ini sembarangan atau tidak sehat dengan memperbanyak buah dan sayur.

Di dalam bahan makanan tersebut terkandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan tubuh, mulai dari vitamin hingga mineral. Terutama demi kesehatan tulangmu, pastikan kamu memperbanyak konsumsi sumber protein.

Dari golongan nabati kamu bisa memilih sayuran hijau macam pok choy dan juga brokoli yang kaya akan zat besi dan kalsium. Kacang-kacangan seperti almond, kedelai dan segala jenis produk olahannya juga menjadi sumber kalsium yang bagus.

Sedangkan dari golongan hewani, susu beserta produk olahannya dan juga daging merah dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian.

Cukupi Kebutuhan Asupan Vitamin D dan K

suplemen yang baik dikonsumsi oleh perempuan menopauseIlustrasi vitamin/ Foto: freepik.com

Kedua vitamin ini bisa dibilang sebagai kunci tulang yang sehat. Vitamin D dan K bekerja secara sinergis membantu penyerapan kalsium yang kemudian disebarkan ke seluruh tubuh dan salah satunya adalah tulang.

Walaupun vitamin D dapat disintesa oleh tubuh, namun jumlahnya sangat sedikit sehingga membutuhkan bantuan dari luar, yaitu asupan makanan bergizi dan juga multivitamin.

Sedangkan vitamin K sama sekali tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Artinya, kamu harus memenuhi kebutuhannya baik melalui suplemen maupun makanan. Makanan yang kaya akan vitamin ini contohnya adalah kacang-kacangan.

Jaga Berat Tubuh Ideal

Ilustrasi perempuan menimbang berat badanIlustrasi perempuan menimbang berat badan/ Foto: freepik.com

Jangan pernah tergoda untuk menjadi kurus karena biasanya cita-cita ini membuat kamu menjalani pengaturan pola makan ekstrem yang memangkas asupan nutrisi tertentu.

Padahal, untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan tulang yang kuat kamu membutuhkan diet seimbang yang pada akhirnya mengarah pada berat tubuh ideal.

Menjaga berat tubuh supaya ideal juga sebenarnya tidak sulit. Kuncinya adalah kamu mengonsumsi makanan sehat sesuai dengan kebutuhan, melakukan olahraga secara rutin dan istirahat yang cukup.

Sesekali makan junk food atau makanan yang tidak sehat tidak masalah, asalkan jangan berlebihan. Imbangi dengan asupan serat dari buah dan sayur sebagai salah satu proses detoksifikasi.

Mempersiapkan diri untuk melakukan gerak aktif harus dilakukan dari sekarang supaya tubuhmu tidak kaget dan tulangmu juga siap mengikuti ritme rutinitasmu yang kembali normal. Yuk, jaga gaya hidup sehat supaya back in motion membawa kebahagiaan buat kamu dan orang di sekitar, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id