sign up SIGN UP

Hati-hati, Ini 4 Makanan & Minuman Enak Tapi Jahat yang Bikin Dietmu Berantakan

Ika Nur Amalia | Beautynesia
Selasa, 02 Aug 2022 09:30 WIB
Hati-hati, Ini 4 Makanan & Minuman Enak Tapi Jahat yang Bikin Dietmu Berantakan
Ilustrasi menikmati sajian makanan /Foto: Andrea Piacquadio/Pexels

Makanan yang dikonsumsi setiap hari selain bisa memberikan energi, juga berdampak pada kesehatan kita. Karena itu pertimbangan faktor gizi juga perlu dalam mengonsumsi makanan. Terlebih bagi kamu yang sedang menjalankan program khusus menurunkan berat badan.

Tiap orang pasti punya makanan favoritnya sendiri. Seringkali, makanan enak yang kita sukai justru masuk dalam kategori junk food, dan bisa membuat program diet jadi berantakan. Nggak hanya itu saja, jika terlalu banyak dikonsumsi junk food juga nggak baik loh buat kesehatan.

Lalu apa saja sih makanan enak tapi jahat yang seringkali nggak kita sadari? Yuk cari tahu di sini!

1) Sate

Sate
Sate /Foto: Shera Trirosdiana/Pixabay

Sate merupakan sumber protein karena berasal dari daging. Namun, seperti yang dilansir pada laman HealthXChange.Sg sate mengandung lemak yang tinggi, terutama lemak jenuh yang bisa bikin gemuk!

Selain itu, sate juga mengandung senyawa akrilamida yang dapat menyebabkan kanker. Demikian yang dilansir pada laman World of Buzz. Walaupun sangat lezat, pastikan kamu mengurangi konsumsi sate demi kesehatan dan rencana dietmu tetap berjalan sebagaimana mestinya.

2) Ayam Goreng Tepung

Ayam Goreng Tepung
Ayam Goreng Tepung /Foto: Gabriela Sakita/Pexels

Rasa yang gurih dan krispi membuat makanan yang satu ini banyak disukai. Sayangnya, ayam goreng tepung juga termasuk kategori junk food. Hal ini sejalan dengan yang dilansir pada laman MAF.

Ayam goreng tepung yang sering kita konsumsi mengandung MSG yang tinggi. Menurut Dr. Phil Maffetone, junk food menjadi penyebab utama kelebihan lemak pada tubuh. Jika dikonsumsi secara berlebihan, junk food bisa menyebabkan banyak penyakit, seperti kanker, diabetes, hingga penyakit jantung.

3) Es Teh Manis

Es teh manis
Es teh manis /Foto: Shameel Mukkath/Pexels

Teh mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk tubuh. Begitu yang dilansir pada laman Today. Namun, akan berbeda cerita jika kita mengonsumsi teh dengan tambahan lain, seperti gula pada es teh manis.

Es teh manis yang sering Beauties konsumsi sebagai teman makan, akan memberikan efek samping yang kurang baik bagi tubuh. Seperti yang dilansir pada laman Eat This, Not That! es teh manis bisa masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes. Beauties tentu nggak mau efek samping itu terjadi kan?

4) Kol Goreng

Bagi sebagian orang, kol goreng juga termasuk makanan lezat terlebih jika dikonsumsi bersama dengan pecel lele. Namun, terlalu banyak mengonsumsinya akan menimbulkan efek yang nggak baik bagi tubuh.

Kol goreng
Kol goreng /Foto: Detikfood

Seperti yang dilansir pada laman detikfood, kol goreng mengandung banyak lemak jenuh yang nggak baik untuk kesehatan. Kol goreng juga dapat memicu kanker karena mengandung senyawa amina heterosiklik.

Sebenarnya, kol sendiri mengandung fitonutrien yang bertindak sebagai antioksidan untuk mengurangi risiko kanker tertentu. Demikian yang dilansir pada laman SFGate. Namun, setelah proses penggorengan yang terlalu lama akan menyebabkan munculnya senyawa amina heterosiklik yang bersifat karsinogenik.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang biasa Beauties santap sehari-hari, namun ternyata memiliki kandungan yang kurang baik bagi tubuh. Pastikan kamu nggak mengonsumsi secara berlebihan ya!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id