STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sering Skip Sarapan, Ini 5 Penyebab Kamu Nggak Merasa Lapar di Pagi Hari

Lifia Mawaddah Putri | Beautynesia
Kamis, 08 Jul 2021 11:30 WIB
Sering Skip Sarapan, Ini 5 Penyebab Kamu Nggak Merasa Lapar di Pagi Hari

Sarapan merupakan hal yang sangat penting dan nggak boleh dilewatkan. Sebab, melewatkan sarapan bisa menjadi salah satu penyebab kesehatanmu terganggu lho. Tapi sayangnya, masih banyak orang yang melewatkan sarapan karena nggak merasa lapar di pagi hari. Ternyata, hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Berikut ini, Beautynesia.id sudah merangkum 5 faktor penyebab turunnya nafsu makan seseorang di pagi hari. Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Terlalu Banyak Makan Malam

Apakah kamu termasuk orang yang senang mengonsumsi camilan di malam hari? Jika iya, maka nggak heran kalau kamu nggak akan merasa lapar di pagi hari.
Nyemil di malam hari/Foto: freepik/kroshka_nastya

Apakah kamu termasuk orang yang senang mengonsumsi camilan di malam hari? Jika iya, maka nggak heran kalau kamu nggak akan merasa lapar di pagi hari. Apalagi kalau kamu mengonsumsi makanan tinggi lemak dan protein. Makronutrien ini dapat memperlambat pengosongan perut dan membuatmu kenyang lebih lama.

Mengalami Kondisi Medis Tertentu

Beberapa kondisi medis juga bisa menjadi penyebab kamu nggak lapar di pagi hari. Misalnya seperti masalah tiroid, ovulasi, penyakit kronis, atau bahkan efek dari mengonsumsi obat tertentu. Obat-obatan yang dapat menurunkan nafsu makan seseorang diantaranya diuretik dan antibiotik.

Cemas atau Depresi

Pernahkah kamu merasa nggak nafsu makan saat sedang cemas atau depresi? Nah, ketika seseorang sedang merasa cemas atau depresi, kondisi ini bisa menyebabkan ia nggak merasa lapar.
Cemas/Foto: freepik/yanalya

Pernahkah kamu merasa nggak nafsu makan saat sedang cemas atau depresi? Nah, ketika seseorang sedang merasa cemas atau depresi, kondisi ini bisa menyebabkan ia nggak merasa lapar. Namun, kondisi ini bisa berbeda pada tiap orang. Menurut beberapa penelitian, kecemasan dan depresi juga bisa meningkatkan nafsu makan terhadap seseorang.

Kadar Hormon Berubah

Ketika tidur di malam hari, kadar hormon di dalam tubuh berfluktuasi. Nah, kondisi ini umumnya juga menjadi penyebab seseorang nggak nafsu makan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar epinefrin atau dikenal sebagai hormon adrenalin, cenderung lebih tinggi di pagi hari. Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa kadar ghrelin atau hormon pengatur rasa lapar cenderung lebih rendah di pagi hari.

Kehamilan

Meskipun nggak semua perempuan mengalaminya, namun biasanya seorang yang sedang hamil mengalami morning sickness.
Morning Sickness/Foto: freepik/senivpetro

Meskipun nggak semua perempuan mengalaminya, namun biasanya seorang yang sedang hamil mengalami morning sickness. Morning sickness adalah masalah umum yang sering terjadi pada ibu hamil. Kondisi ini ditandai dengan gejala seperti mual dan muntah.

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE