sign up SIGN UP

Siap Berbayar! Ini 'Bocoran Harga' Vaksin Booster yang Akan Diedarkan Mulai 2022 Mendatang

Rini Apriliani | Rabu, 10 Nov 2021 15:30 WIB
Siap Berbayar! Ini 'Bocoran Harga' Vaksin Booster yang Akan Diedarkan Mulai 2022 Mendatang
caption
Jakarta -

Vaksinasi Covid-19 sampai saat ini masih terus dilakukan oleh Pemerintah. Banyak dari mereka yang telah menyelesaikan vaksinasi dua dosis seperti yang dianjurkan. Namun di samping ini, Pemerintah kembali tengah mempersiapkan vaksin Booster untuk tahun 2022 mendatang. 

Berbeda dengan vaksin pertama dan kedua yang digelar secara gratis tanpa pungutan biaya apapun, untuk vaksin Booster ini akan dikenakan sejumlah biaya. Ada juga dari mereka yang bisa gratis, namun hanya beberapa kelompok saja. 

Efek Samping Vaksinasi Covid-19Vaksinasi Covid-19/ Foto: Freepik.com/master1305

Berdasarkan pemaparan dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menungkapkan, jika vaksin booster gratis ini hanya untuk mereka penerima bantuan iuran BPJS kesehatan saja.

"Akan terbuka dengan vaksin yang masuk sehingga rakyat mendapatkan booster bisa memilih, yang PBI kita bisa lakukan subsidinya melalui BPJS (Kesehatan)," ujar Budi Gunadi Sadikin selalu Menkes.

Ia pun memperkirakan jika harga vaksin booster ini akan berkisar mulai dari Rp100 ribu - Rp150 ribu. Nantinya, masyarakat pun bisa memilih jenis vaksin apa yang ingin digunakan sebagai booster. Namun, untuk kombinasi terbaik vaksin booster ini masih ditahap penelitian. 

Lalu berapa sih harga dosis vaksin di Indonesia nantinya?

Harga Vaksin Booster Tahun 2022

Vaksin Covid-19Vaksin Covid-19/ Foto: Freepik.com

Dilansir dari CNBC Indonesia, ini merupakan rangkuman harga dosis vaksin di Indonesia ataupun beberapa wilayah di negara lainnya, yang berasal dari Vaccine Market Dashboard milik Unicef. Simak selengkapnya di sini yuk, Beauties!

1. Sinovac

Vaksin Sinovac menjadi salah satu vaksin yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Vaksin yang satu ini akan dikenakan biaya sebesar Rp193 ribu - Rp242 ribu. 

2. AstraZeneca

Untuk vaksin AstraZeneca yang telah digunakan oleh banyak wilayah, salah satunya Indonesia ini akan dikenakan biaya sebesar Rp31 ribu - Rp113 ribu.

3. Sinopharm

Sinopharm menjadi salah satu vaksin yang digunakan dibeberapa wilayah, mulai dari Kazakhstan, Argentina, Mongolia, Senegal, Argentina, Hungaria, dan China. Harga termurahnya ada di Argentina, sebesar Rp128 ribu dan termahal di Hungaria sebesar Rp512 ribu.

4. Pfizer

Pfizer menjadi salah satu vaksin yang kini sedang digunakan di Indonesia dan beberapa wilayah lain di dunia. Harga termurahnya adalah Rp96 ribu di Uni Afrika dan Rp329 ribu di Uni Eropa.

5. Novavax

Menurut data Unicef, harga vaksin booster Covax adalah Rp42 ribu. Sementara ini di Denmark akan dikenakan biaya sebesar Rp297 ribu.

6. Moderna

Moderna pun menjadi vaksin yang digunakan di Indonesia. Kisaran harga untuk vaksin booster ini adalah Rp142 ribu - Rp527 ribu.

7. Janssen

Berbeda dengan beberapa vaksin lain yang mewajibkan dua dosis, untuk vaksin Janssen ini hanya digunakan satu dosis saja. Harganya sendiri berkisar mulai dari Rp121 ribu - Rp142 ribu. 

Efek Samping Vaksinasi Covid-19Vaksinasi Covid-19/ Foto: Freepik.com

Beauties, itu dia kisaran harga vaksin booster di Indonesia untuk tahun 2022 mendatang. Walau begitu, hingga kini masih belum ada kabar terbaru tanggal pastinya kapan vaksin yang satu ini didistribusikan dan bisa digunakan oleh masyarakat Indonesia. 

Namun, menurut Dr. Prima beberapa waktu lalu pernah mengungkapkan jika vaksin booster baru akan bisa digunakan setelah minimal 70% masyarakat Indonesia memenuhi vaksinasi Covid-19. 

"Minimal 70 persen, itu pun saya bilang belum kita utus karena biasanya akan menanyakan pada kelompok ahli namanya ITAGI untuk komite nasional penasehat imunisasi, untuk kemudian mereka akan memberikan rekomendasi berapa sebaiknya," kata dr Prima.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id