sign up SIGN UP

Siapa Sangka, 6 Makanan Sehari-hari Ini Ternyata Bisa Sekaligus Menjaga Kesehatan Vagina!

ivanacete | Beautynesia
Senin, 07 Feb 2022 07:03 WIB
Siapa Sangka, 6 Makanan Sehari-hari Ini Ternyata Bisa Sekaligus Menjaga Kesehatan Vagina!
caption

Sejak di bangku sekolah, kita diajarkan kalau makanan bergizi sangat bermanfaat untuk tubuh kita seperti kesehatan mata, tulang, dan lainnya. Nggak salah sih, tapi ada satu anggota tubuh yang sering terlewatkan, yaitu vagina.

Vagina pun sama seperti anggota tubuh lainnya, butuh nutrisi dari makanan kita. Nggak usah pusing Beauties, cukup dari bahan makanan yang ada di sekitar kita bisa membantu menjaga kesehatan vagina. Apa saja? Check these out!

1. Ikan Bisa Cegah Vagina Kekeringan

Ikan Kerapu Kaya Omega 3/Foto : pinterest.com/@rumah1t
Ikan Kerapu Kaya Omega 3/Foto : pinterest.com/@rumah1t

Vagina kita memiliki cairan alami yang disebut keputihan. Cairan ini berfungsi membersihkan kewanitaan kita dari bakteri dan sel kulit mati. Kalau cairan ini keluar dengan ciri-ciri berwarna putih/bening, tidak berbau, dan tidak terlalu banyak, artinya vagina kita masih berfungsi dengan baik.

Perlu diaware kalau vagina bisa kekeringan, terutama untuk perempuan yang menjelang menopause. Kekeringan membuat vagina kehilangan kelembaban alami, bakteri lebih mudah menyerang, serta jadi mudah perih saat ada gesekan.

Nah, ikan bermanfaat untuk mencegah kekeringan. Ikan yang mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi seperti salmon, kerapu, dan ikan air tawar berfungsi mencegah dan mengatasi kekeringan pada vagina. Caranya dengan meningkatkan produksi hormon estrogen kita.

2. Yoghurt untuk Keseimbangan pH Vagina

Kreasikan Yoghurt Jadi Smoothies Bowl/Foto : pexels.com/Any Lane
Kreasikan Yoghurt Jadi Smoothies Bowl/Foto : pexels.com/Any Lane

Selama ini yoghurt dikenal berguna untuk pencernaan dan menurunkan berat badan. Ternyata yoghurt bermanfaat untuk vagina juga Beauties.

Hal ini karena yoghurt mengandung bakteri baik lactobacillus yang hidup di area vagina kita. Bakteri ini menghasilkan asam laktat yang berguna untuk menjaga keasaman (tingkat pH) area vagina kita tetap seimbang.

Dilansir dari Healthline, yoghurt efektif untuk mencegah bahkan mengobati infeksi vagina karena jamur. Hal ini karena adanya hidrogen peroksida yang dihasilkan dari lactobacillus bisa menghambat pertumbuhan jamur. Wah amazing!

3. Sayuran Hijau Jaga Otot Vagina

Selada Kaya Akan Nitrat/Foto : freepik.com/Jatuphon Buraphon
Selada Kaya Akan Nitrat/Foto : freepik.com/Jatuphon Buraphon

Bahan makanan yang udah famous sejak jaman kita SD ini juga ampuh untuk menjaga kesehatan vagina kita. Buktinya?

Sayur bayam, sawi, dan kale tinggi kandungan vitamin E dan megnesium yang berfungsi untuk menyehatkan dan mengencangkan otot vagina.

Sayur selada dan kangkung memiliki kandungan nitrat yang tinggi. Nitrat diolah tubuh menjadi oksida nitrat yang berfungsi melebarkan pembuluh darah. Hasilnya adalah sirkulasi peredaran darah menajdi lebih lancar, termasuk di area vagina.

Tapi ingat ya Beauties supaya ketika kamu mengolah sayur hijau tidak terlalu lama. Kalau kelamaan masaknya, nanti kandungan vitaminnya malah jadi hilang.

4. Apel untuk Menjaga Aliran Darah

Apel adalah buah pembawa keberuntungan di tahun macan airBuah Apel/Freepik.com/ azerbaijan_stockers

Buah yang terkenal dengan warna merah dan hijau ini tidak hanya memberikan manfaat untuk kecantikan kulit, tapi juga untuk kesehatan vagina kita.

Kandungan polifenol dan antioksidan pada apel dapat merangsang aliran darah ke area vagina kita. Aliran darah yang lancar menjaga fungsi vagina tetap berjalan dengan baik. Apel juga memiliki zat phytoestrogen phloridzin yang berfungsi menjaga kadar cairan alami vagina dan meningkatkan fungsi seksual.

5. Cegah Kanker Serviks dengan Pisang

Buah PisangBuah Pisang/Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Buah yang terkenal baik untuk kesehatan tulang ini juga baik untuk kesehatan vagina. Pisang memiliki banyak kandungan baik seperti vitamin B6 dan C, mangan, potasium, biotin, dan tembaga di dalamnya.

Kandungan baik ini berfungsi mencegah penyakit kelamin seperti kanker serviks dan keputihan yang berlebihan. Bahkan kalau Beauties makan pisang setiap hari bisa mencegah leucorrhea atau infeksi pada vagina.

6. Jeruk Biar Kulit Vagina Lebih Lembut

Jeruk adalah buah pembawa keberuntungan di tahun macan airJeruk/Foto: Freepik.com/jcomp/ Foto: Ni Made Dwi Agustina

Biarpun termasuk buah mainstream saking paling mudah dicari, tapi manfaat buah ini nggak main-main. Mengonsumsi jeruk setiap hari dapat mencegah terserang tumor jinak di dalam rahim.

Konsumsi jeruk setiap hari meningkatkan kadar fibroid dalam rahim. Fibroid rahim inilah yang bersifat non-kanker, baik di dalam rahim maupun di luar rahim. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C juga meningkatkan imun dan membuat kulit vagina lebih lembut dan elastis.

Nah Beauties, makanan di atas tentu terasa manfaatnya kalau dengan kadar yang tepat ya. Semoga ini bisa membantumu menjaga kesehatan vaginamu ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id