STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Tak Hanya Dehidrasi, Kamu Juga Dapat Mengalami Kelebihan Cairan! Ini Gejalanya

Ningrum | Beautynesia
Minggu, 08 Aug 2021 23:00 WIB
Tak Hanya Dehidrasi, Kamu Juga Dapat Mengalami Kelebihan Cairan! Ini Gejalanya

Asupan cairan khususnya lewat minum air putih memang penting demi mencegah terjadinya dehidrasi namun ternyata tubuh juga bisa mengalami kelebihan cairan yang mengakibatkan hiponatremia. Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan cairan. Padahal tubuh memerlukan cairan yang cukup agar organ dalam tubuh berfungsi dengan baik.

Telah kita ketahui bahwa tubuh manusia mengandung 55 – 60 % air. Masalah seperti urine menjadi lebih pekat dan gelap, badan lemas dan tak berenergi, suasana hati (mood) terganggu, masalah kelembaban kulit, serta masalah tekanan darah - merupakan masalah yang terjadi jika kamu mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Lalu apa yang terjadi jika kita kelebihan cairan? Berikut penjelasannya. 

Tentang Hiponatremia

gejala kelebihan cairan hipotrenamiagejala kelebihan cairan hiponatremia/ Foto: Water photo created by freepik

Mengutip dari Ted-Ed’s, kelebihan cairan tubuh atau hiponatremia biasanya disebabkan oleh konsumsi air berlebih dalam waktu singkat. Meski jarang terjadi, biasanya kasus ini dialami oleh seorang atlet. Atlet sering menderita overhidrasi karena rumitnya menjaga kadar air dalam tubuh dalam kondisi fisik yang ekstrem. Atlet biasanya minum terlalu banyak air dengan waktu yang sangat cepat.

Kalau dehidrasi otak menyebabkan pengeluaran hormon anti-deuretik, otak yang overhidrasi menghambat atau malah mencegah pengeluaran hormon tersebut. Elektrolit natrium dalam tubuh jadi encer, menyebabkan sel membengkak. Dalam kondisi yang serius, ginjal tidak dapat menampung volume air kencing yang berlebih. Terjadilah keracunan air (water intoxication), yang menyebabkan masalah pada kesehatan, seperti sakit kepala, muntah, dan beberapa kasus kejang hingga kematian.

Konsumsi Air Sesuai Kebutuhan Tubuh

Young woman in blue blouse drinking glass of water. High quality photoYoung woman in blue blouse drinking glass of water. High quality photo/ Foto: Water photo created by azerbaijan_stockers

Selama ini, kita disarankan untuk minum 8 gelas setiap harinya. Namun, kini para ahli mengatakan bahwa  jumlah air yang perlu kita minum itu tergantung pada berat badan dan lingkungan dimana kita berada.

Konsumsi harian yang disarankan beragam antara 2,5 – 3,7 liter air untuk pria, dan sekitar 2 – 2,7 liter air untuk wanita. Rentang tersebut dapat disesuaikan tergantung apakah kita tergolong sehat, aktif, tua, atau dalam keadaan kepanasan.

Meski air adalah hydrator paling sehat, minuman lain yang bahkan mengandung kafein seperti kopi atau teh juga dapat mengembalikan cairan tubuh kita, loh Beauties.

gejala kelebihan cairan hipotrenamiagejala kelebihan cairan hiponatremia/ Foto: Water photo created by freepik

Tak hanya dari minuman, cairan tubuh juga dapat berasal dari makanan. Air yang terkandung dalam makanan kita setara dengan 1/5 konsumsi harian H2O. Buah dan sayuran seperti stroberi, mentimun, dan  brokoli mengandung 90% air, loh. Selain dapat menambah jumlah cairan, juga menyediakan nutrisi dan serat bagi tubuh.

Minum yang cukup juga dapat menguntungkan di hari tua, loh. Riset menunjukkan bahwa hidrasi optimal dapat menurunkan kemungkinan stroke, mengengola diabetes, dan mengurangi risiko terkena kanker tipe tertentu.

Bagaimanapun juga, konsumsi cairan yang cukup berpengaruh pada apa yang kita rasakan, pikirkan, dan kita kerjakan sehari-hari, Beauties. Pastikan tubuhmu tidak kekurangan maupun kelebihan cairan. Ingat, segala sesuatu yang kurang maupun yang berlebihan itu tidak baik, ya!

(raf/raf)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE