sign up SIGN UP

Terlalu Sering Begadang, Inilah Efek Negatif yang Akan Terjadi

Fahira Mahza | Beautynesia
Kamis, 12 Nov 2020 08:00 WIB
Terlalu Sering Begadang, Inilah Efek Negatif yang Akan Terjadi
caption
Jakarta -

Tidur merupakan kebutuhan penting bagi manusia. Dengan jam tidur yang cukup maka dapat memulihkan kondisi tubuh yang kelelahan setelah beraktivitas.

Orang dewasa umumnya membutuhkan waktu sekitar 6-8 jam untuk istirahat. Jam tidur yang baik yaitu sebelum jam 12 malam sehingga kamu akan mendapatkan waktu tidur restoratif dan berkualitas.

Namun tidak semua orang melakukan hal tersebut, banyak yang melampaui jam tidur normal dan memilih begadang karena beberapa hal. Apabila terlalu sering begadang maka akan timbul dampak negatif bagi tubuh yang nantinya akan mengganggu kamu.

Membuat lingkar hitam pada mata

dark circle
foto: pinterest.com

Jika kamu terlalu sering begadang maka hal ini akan berdampak bagi wajahmu khususnya bagian mata yang terus terjaga.

Bagian bawah mata akan nampak lebih bengkak akibat cairan yang tertahan. Hal ini menciptakan lingkaran hitam kebiruan karena pembuluh darah di area tersebut tidak mendapat waktu yang cukup untuk beregenerasi. Akhirnya akan membuat wajahmu terlihat lelah dan lebih tua.

Kemampuan berpikir menurun

menurunkan kemampuan berpikir
foto: freepik.com

Salah satu efek begadang yang paling mudah terlihat adalah tidak mampu berkonsentrasi dengan baik. Hal ini akan menurunkan kemampuan dalam berpikir maupun memecahkan suatu masalah.

Selain itu akan membuat mudah lengah dan tidak waspada yang berpotensi akan mencelakai diri sendiri maupun orang lain. Akibatnya tentu saja aktivitas akan sangat terganggu.

Menambah berat badan

menambah berat badan
foto; freepik.com

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang cenderung begadang lebih berpotensi mengalami kenaikan berat badan karena biasanya orang yang kurang tidur cenderung makan cemilan maupun makanan yang mengandung karbohidrat tinggi saat malam hari.

Akibat kebiasaan tersebut maka resiko obesitas lebih tinggi dialami oleh orang yang sering begadang.

Penuaan Dini

Penuaan dini
foto: freepik.com

Tidur merupakan cara paling mudah untung merawat kulit wajah agar tetap segar. Saat tidur terjadi proses regenerasi sel yang akan menggantikan sel - sel lama dan dapat memulihkan saraf sehingga wajah tampak sehat.

Hormon pertumbuhan yang berfungsi meningkatkan massa kulit akan berkurang akibat begadang. Kurang tidur menyebabkan penuaan dini yang ditandai dengan mata sayu, bengkak dan kulit yang kusam. Bahkan begadang dapat menimbulkan garis halus secara nyata.

Meningkatkan resiko depresi

resiko depresi
foto: freepik.com

Kebanyakan orang yang didiagnosis depresi biasanya mengalami kurang tidur dan tidur kurang dari 6 jam sehari. Akibatnya akan mengarah pada gangguan kecemasan yang akan sangat mengganggu mental.

Kebiasaan ini memungkinkan gangguan tidur lain seperti insomnia. Istirahat yang cukup sangat diperlukan untuk menciptakan mental yang sehat.

Sudah tau kan bahwa begadang akan menimbulkan banyak masalah pada tubuh. Tubuh memerlukan istirahat yang berkualitas agar dapat beraktivitas dengan baik di keesokan harinya. Aturlah waktu tidurmu agar tubuh tetap sehat.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id