sign up SIGN UP

LIFE

Tips Jitu Atasi Overthinking yang Mengganggu Produktivitas

Dian Aprilia | Minggu, 08 Nov 2020 17:15 WIB
Tips Jitu Atasi Overthinking yang Mengganggu Produktivitas
caption
Jakarta -

Pernah gak sih, kamu gak bisa tidur karena memikirkan suatu hal secara berlebihan? Padahal jika diingat-ingat kembali, masalah itu sebenarnya sederhana.

Untuk satu dua kali, memang overthinking dinilai suatu kewajaran, tapi jika sudah berlangsung dengan intensitas yang cukup sering dan lama tentu akan mengganggu produktivitas dan kualitas hidup kita.

Penelitian membuktikan bahwa kebiasaan memikirkan sesuatu berlebihan seperti kekurangan, kesalahan dan masalah akan meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental. Tak hanya itu, kebanyakan overthinking juga akan bikin kamu melampiaskan ke hal-hal negatif seperti alkohol, narkoba, seks bebas dan lainnya.

Berikut beautynesia.id telah merangkum tips jitu atasi overthinking yang ganggu produktivitas:

Segera Sadar Saat Mulai Overthinking

Ilustrasi sadar
Sadar/pexels.com

Terdengar simpel, tapi langkah awal ini adalah langkah yang paling utama untuk mengusir overthinking. Mencoba terbuka dengan pikiran-pikiran yang berlebihan di kepala, membuat kita lebih mampu untuk mengurainya satu per satu.

Tips untuk menyadari saat mulai overthinking adalah dengan mengamati gejala fisik dan perasaan yang kita rasakan. Cek bagaimana kebiasaan yang kita lakukan saat sedang overthinking. Data itu bisa jadi pijakan untuk menilai diri sendiri sedang overthinking atau tidak.

Latih Mindfulness

Ilustrasi mindfulness
Mindfulness/pexels.com

Prinsip mindfulness ini sangat cocok bagi orang-orang yang sering overthinking. Mindfulness mengajarkan bahwa masa lalu adalah hal yang tak bisa diulang kembali.

Sementara itu, masa depan juga belum tentu terjadi. Sehingga penting untuk tidak memikirkan kedua hal itu secara berlebihan, sebab jika melakukannya justru akan menjerumuskan kita dalam pusaran kecemasan.

Jadi, penting untuk memikirkan 'di sini kini', yakni fokus pada apa yang terjadi di detik ini dan tak perlu memusingkan masa lalu kelam ataupun masa depan yang tak jelas. Jangan sampai penyesalan masa lalu dan kecemasan masa depan membuatmu terpenjara dan tak berbuat apa-apa.

Kurangi Sikap Perfeksionis

Ilustrasi perfeksionis
Perfeksionis/pexels.com

Salah satu sebab overthinking, khususnya berpikir berlebihan tentang internal diri adalah sikap perfeksionis yang membabi buta. Selalu ingin tampil terbaik dan tak ingin membuat kesalahan adalah harapan kosong yang tak mungkin tercapai.

Hal ini dikarenakan setiap manusia tidak ada yang sempurna, sehingga wajar berbuat kesalahan. Oleh sebab itu, kurangi menuntut diri untuk tampil sempurna dan belajarlah memaafkan dan menerima diri saat melakukan kesalahan.

Fokus pada Aksi dan Penyelesaian

Take action
Take action/pexels.com

Penyebab lainnya dari overthinking adalah sangat berhati-hati dalam berbuat sesuatu karena takut melakukan kesalahan. Memang berhati-hati dan cermat adalah hal yang baik, tapi jika dilakukan secara berlebihan akan membuat kamu justru tak bisa berbuat apa-apa.

Mulai saja, lakukan apa yang kamu pikirkan, jika salah terima segala konsekuensinya dan perbaiki. Motivasi diri sendiri terus menerus agar godaan overthinking bisa digantikan dengan sikap proaktif dan produktif.

Sibukkan Diri dengan Aktivitas Positif

Reading book
Reading book/pexels.com

Terakhir, sibukkan diri dengan berbagai kegiatan positif. Langkah ini terbukti sukses mengusir gangguan overthinking. Sebab, biasanya overthinking akan terjadi saat kita tak melakukan apa-apa. Waktu luang dan pikiran kosong adalah momen pas munculnya overthinking.

Jadi sebisa mungkin, isi waktu luang tersebut, jangan biarkan pikiran-pikiran remeh dan rumit membuatmu tidak produktif dan bad mood. Kamu bisa mengisinya dengan berolahraga, membaca buku, memasak, berfoto, jalan-jalan dan lainnya.

Itulah 5 tips jitu usir overthinking yang bikin kamu tidak produktif. Lakukan secara konsisten dan sabar ya. Dan terakhir jangan lupa tetap bahagia, ladies!

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id