sign up SIGN UP

Tidak Hanya Skincare, Berikut Tips Merawat Kulit Secara Menyeluruh

Liana Dewi | Beautynesia
Minggu, 31 Jan 2021 19:30 WIB
Tidak Hanya Skincare, Berikut Tips Merawat Kulit Secara Menyeluruh
caption

Dengan perawatan menyeluruh, skincare yang kamu gunakan bisa lebih maksimal sehingga kulit kamu terlihat lebih sehat, segar, dan tampak awet muda. Skincare bekerja di permukaan kulit, sementara menjaga kesehatan tubuh adalah perawatan dari dalam. Jadi, penting banget nih buat kamu untuk memperhatikan gaya hidup sehari-hari.

Kondisi kulit merupakan cerminan dari tubuh. Jika tubuh terjaga kesehatannya, maka kulit pun akan terlihat sehat.

Untuk lebih lengkapnya, yuk simak tips perawaran kulit secara menyeluruh yang sudah dirangkum khusus buat kamu berikut ini.

Menjaga Kualitas Tidur

Menjaga Kualitas Tidur
Foto: Freepik.com

Wajahmu kusam atau dark circle terlihat semakin jelas? Coba cek pola tidur kamu, Ladies. Begadang atau kurang tidur bisa memberi efek buruk pada kulitmu, lho. Untuk mengembalikan kesegaran wajahmu, kurangilah penggunaan handphone saat malam hari. Karena pancaran blue light bisa bikin kamu susah mengantuk.

Ketika aktivitasmu sudah selesai, kamu juga disarankan untuk mandi air hangat agar tubuhmu lebih rileks. Lalu, jangan terlalu sering meminum minuman yang mengandung kafein di malam hari. Cukup minum air putih hangat sebelum tidur.

Setelah itu, kamu bisa stretching agar otot-ototmu tidak tegang dan tidurmu terasa lebih nyaman. Usahakan durasi tidurmu terjaga selama 7-9 jam sehari.

Olahraga Teratur

Olahraga Teratur
Foto: Freepik.com

Olahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Tubuh yang banyak bergerak menjadikan sirkulasi darah lebih lancar sehingga pasokan nutrisi dan oksigen pada kulit akan tercukupi. Olahraga juga meningkatkan hormon endorfin yang bisa bikin kamu merasa bahagia.

Selain itu, dengan berkeringat, pori-pori akan jadi lebih bersih. Karena keringat keluar dengan membawa serta kotoran-kotoran yang menumpuk di pori-pori. Makanya sehabis olahraga kamu harus langsung mandi biar kotoran tidak kembali menumpuk. Lalu kabar baiknya lagi, olahraga juga bisa meningkatkan produksi kolagen sehingga kulitmu bisa lebih awet muda.

Sudah tergoda untuk rajin olahraga belum nih?

Minum Air Putih dan Makan Makanan Sehat

Makanan Sehat
Foto: Freepik.com

Sangat penting menjaga kulitmu agar terhindar dari dehidrasi. Jadi, sanga disarankan untuk minum 8 gelas air mineral dalam sehari. Dengan banyak minum air putih, kulitmu akan tetap lembab. Kamu juga perlu menghindari makanan yang terlalu banyak diproses tinggi karena mengandung kadar garam dan gula yang tinggi, serta mengandung lemak trans.

Lebih baik perbanyaklah makan makanan yang tinggi serat dan vitamin. Pilihlah sayur dan buah yang kaya akan antioksidan seperti delima, jeruk, tomat, brokoli, dan bayam sehingga tubuhmu terlindung dari radikal bebas. Untuk kamu yang tidak suka sayur atau buah, membuat smoothies bisa jadi alternatif supaya asupan nutrisi harian kamu tetap terpenuhi dalam kemasan yang enak untuk dikonsumsi.

Mengontrol Stress

Mengontrol Pikiran
Foto: Freepik.com

Kondisi pikiran turut mempengaruhi kesehatan kulit kamu, Ladies. Stress, kecemasan, dan ketakutan sangat mempengaruhi kualitas tidur kamu. Selain itu, tubuh akan menjadi lebih sensitif ketika sedang stress sehingga kulit kamu jadi rentan terkena masalah seperti jerawat, dehidrasi kulit, eczema, dan lain-lain.

Jika sebelumnya kamu sudah punya masalah kulit, stress bahkan bisa memperparah masalah kamu. Ditambah lagi regenerasi pada kulitmu juga bisa terhambat karena stress. Duh, kompleks banget ya.

Jadi, supaya terhindar dari masalah-masalah tersebut kamu perlu untuk mengontrol stress kamu. Karena sebagai manusia, stress sangat sulit untuk dihindari, tapi bisa kamu kontrol.

Cara untuk mengatasi stress sendiri salah satunya adalah dengan menulis diary. Menulis diary bisa membantu kamu untuk mengurai apa yang ada dalam isi kepalamu. Latihan mengontrol stress juga bisa dengan bermeditasi. Meditasi bisa membantu pikiran kamu agar lebih tenang dan fokus.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id