STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Tidak Telihat, Ini Dampak Buruk dari Negative Self Talk

Gabriella Gebby | Beautynesia
Rabu, 07 Dec 2022 07:00 WIB
Tidak Telihat, Ini Dampak Buruk dari Negative Self Talk

Biasanya kita memiliki kritik-kritik dalam pikiran. Hal ini cukup sering dilakukan untuk menghindari kekurangan yang dapat menghalangi diri sendiri mencapai tujuan yang diinginkan. Tindakan ini biasanya disebut sebagai negative self talk. Secara singkat, tindakan ini seperti berdialog dengan diri sendiri mengenai kekurangan dan rasa tidak mampu seperti insecure yang berlebihan.

Dilansir dari laman Very Well Mind, negative self talk terbentuk seiring berjalannya waktu. Cukup banyak faktor yang berpengaruh misalnya tekanan dari orang sekitar maupun kondisi yang sedang dialami. Mau tahu dampak dari negative self talk? Yuk disimak!

1. Pikiran Jadi Terbatas

Pikiran Jadi Terbatas
Pikiran Jadi Terbatas/Foto: pexels.com/Keenan Constance

Semakin sering mengatakan bahwa diri sendiri tidak bisa dan tidak mampu, maka kepercayaan itu akan tumbuh dalam pikiran. Nantinya ketika dihadapkan pada sebuah tantangan, ada kecenderungan untuk menghindari daripada menghadapi. Hal ini dapat menghambat seseorang untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki karena pikirannya hanya berfokus pada rasa pesimis. 

2. Perfeksionis

Perfeksionis
Perfeksionis/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Biasanya seseorang yang perfeksionis tidak akan pernah merasa cukup. Kesempurnaaan adalah cita-cita yang harus diwujudkan oleh orang-orang yang memiliki perilaku ini. Efeknya bagi diri sendiri adalah merasa tidak pernah puas, ragu untuk bekerja sama dengan orang lain, hingga stres apabila hasil tidak sesuai dengan rencana.

3. Depresi

Depresi
Depresi/Foto: pexels.com/Yan Krukov

Dampak terburuk akibat terlalu sering melakukan negative self talk adalah depresi. Pengaruhnya sangat besar bagi pikiran hingga mengganggu aktivitas dan relasi dengan orang sekitar. Apabila seseorang sudah merasakan hal tersebut dapat berkonsultasi dengan ahlinya.

4. Mengganggu Hubungan dengan Orang Lain

Mengganggu Hubungan dengan Orang Lain
Mengganggu Hubungan dengan Orang Lain/Foto: pexels.com/Liza Summer

Terlalu sering melakukan kritik terhadap diri sendiri tidak menutup kemungkinan akan melakukan hal yang sama kepada orang lain. Tindakan ini akan membuat orang di sekitar merasa tidak nyaman untuk membangun hubungan yang baik. Bahkan nantinya orang-orang akan memilih untuk menghindari komunikasi dengan seseorang yang selalu melakukan kritik tanpa memberikan solusi. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE