STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Usai Tragedi Kanjuruhan, Dokter Ungkap Bahaya Gas Air Mata untuk Tubuh dan Cara Mengatasinya!

Zeyra Haya | Beautynesia
Rabu, 05 Oct 2022 08:00 WIB
Usai Tragedi Kanjuruhan, Dokter Ungkap Bahaya Gas Air Mata untuk Tubuh dan Cara Mengatasinya!

Peristiwa Kanjuruhan menjadi musibah yang sangat meninggalkan duka mendalam. Hingga saat ini perkembangan informasi terkait korban jiwa dan lainnya masih terus menjadi sorotan khalayak.

Pun gas air mata menjadi salah satu hal yang kini ramai diperbincangkan. Bukan tanpa alasan, beberapa waktu lalu masyarakat dikejutkan oleh fakta bahwa salah satu penyebab banyaknya korban jiwa pada peristiwa naas tersebut disinyalir akibat tindakan aparat keamanan yang menembakkan gas air mata di tempat kejadian.

Akibat aksi penembakan gas air mata tersebut, banyak supporter yang kesulitan bernapas dan tak bisa melihat dengan baik sehingga menyebabkan banyak korban jiwa. Pada dasarnya, tindakan penembakan gas air mata tersebut adalah upaya aparat keamanan untuk meredakan kericuhan para suporter di stadion. Namun, banyak masyarakat yang justru menyayangkan tindakan tersebut karena gas air mata sangat berbahaya bagi tubuh.

Pakar UGM Angkat Bicara, Ini Bahaya Gas Air Mata

Aksi penembahakan gas air mata disinyalir jadi pemicu banyaknya korban jiwa pada peristiwa Kanjuruhan. Ini bahaya gas air mata bagi tubuh/Foto: detik.com
(Aksi penembahakan gas air mata disinyalir jadi pemicu banyaknya korban jiwa pada peristiwa Kanjuruhan. Ini bahaya gas air mata bagi tubuh/Foto: detik.com)

Beauties, gas air mata adalah sebuah senjata keamanan yang biasa digunakan aparat pada kondisi darurat tertentu. Tentu saja, efek gas air mata akan sangat membahayakan bagi manusia.

Gas air mata dianggap sebagai salah satu penyebab banyaknya korban jiwa yang berjatuhan pada tragedi Kanjuruhan. Sebab gas air mata akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Menanggapi hal ini, melansir dari detikcom, Dokter Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan, dan Kepala Leher (THT-KL) Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, dr. Anton Sony Wibowo, Sp.T.H.T.K.L., M.Sc., menjelaskan apa saja bahaya paparan gas air mata bagi tubuh manusia.

Bahaya Gas Air Mata Bagi Tubuh

Sangat berbahaya, efek gas air mata dapat membahayakan seluruh anggota tubuh manusia/Foto: cnnindonesia.com
(Sangat berbahaya, efek gas air mata dapat membahayakan seluruh anggota tubuh manusia/Foto: cnnindonesia.com)

Anton menjelaskan bahwa efek samping gas air mata dapat membahayakan seluruh anggota tubuh manusia.

"Gas air mata ini berbahaya bagi mata, saluran nafas (hidung, mulut, tenggorokan, dan paru-paru), serta kulit," ungkapnya.

- Apabila mengenai mata, gas air mata dapat menimbulkan efek perih dan membuat mata menjadi berair. Hal ini kemudian menyebabkan pandangan kita akan mengabur, bahkan jika terlalu parah dapat menyebabkan kebutaan.

- Bahaya gas air mata juga dapat berefek pada kulit. Semprotan gas air mata dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

- Bahaya gas air mata yang paling berbahaya adalah mempengaruhi saluran pernapasan. Gas air mata yang terhirup akan mengiritasi selaput mukosa pada pernapasan yang akan menyebabkan sesak dan kesulitan bernapas.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Terkena Gas Air Mata

Segera lakukan ini jika terkena paparan gas air mata. Agar tidak semakin berbahaya bagi tubuh/Foto: detikhealth.com
(Segera lakukan ini jika terkena paparan gas air mata. Agar tidak semakin berbahaya bagi tubuh/Foto: detikhealth.com)

Gas air mata juga kerap digunakan oleh aparat keamanan pada demonstrasi dan kericuhan. Usai menjadi sorotan,  kemudian para pakar kesehatan turut menjelaskan bagaimana penanganan bagi seorang yang terkena semprotan gas air mata. Mengutip dari detikEdu, berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan saat terpapar gas air mata.

Dokter keadaan darurat dan ahli senjata pengendalian massa Physican for Human Rights dr. Rohini Haar menyebutkan bahwa saat terkena gas air mata, hal yang harus segera dilakukan adalah menjauh dari sumber gas air mata. Hindari juga berkontak dengan awan asap gas air mata dan pergi ke tempat yang tinggi karena gas air mata mengendap di tanah.

Selain itu, jika terkena gas air mata segeralah untuk mencuci tangan dan membasuh wajah dengan hati-hati. Bagian mata juga harus dibasuh dengan air mengalir selama minimal 10 sampai 20 menit hingga rasa perih dirasa menghilang.

Kemudian, segera mungkin ganti pakaian  dan mandi agar kita tidak menghirup terlalu lama gas yang menempel pada pakaian ataupun tubuh.

"Bahan gas air mata bisa bertahan lama, tidak menguap begitu saja. Itu sebenarnya bubuk. Jadi bisa tersangkut di kain, di sepatu Anda, di paru-paru Anda. Jadi yang terbaik adalah melepas dan membersihkannya," kata Rohini.

Terakhir, segeralah minta pertolongan medis.

Beauties, itulah penjelasan mengenai bahaya gas air mata dan apa yang harus kita lakukan jika terkena paparan gas air mata. Selalu berhati-hati dan utamakan keselamatan diri, ya!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE