sign up SIGN UP

Vaksin Booster Siap Dibagikan, 5 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan Usai Vaksinasi Covid-19, Catat ya!

Rini Apriliani | Beautynesia
Selasa, 11 Jan 2022 12:45 WIB
Vaksin Booster Siap Dibagikan, 5 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan Usai Vaksinasi Covid-19, Catat ya!
caption
Jakarta -

Pemerintah terus gencar memerangi Covid-19 yang masih belum usai melanda Indonesia dan banyak negara lainnya. Telah hampir selesai dengan vaksin dosis pertama dan kedua, kini 12 Januari 2022 mendatang, akan kembali dibagikan dosis ketiga, vaksin Booster.

Berbeda dengan vaksinasi Covid-19 sebelumnya yang tidak dikenakan biaya, pada vaksin dosis ketiga ini ada sejumlah biaya yang perlu dibayarkan. Nah, selain masalah biaya tersebut, ada beberapa hal lain yang perlu kamu perhatikan lho, Beauties agar kamu tetap sehat usai vaksin Covid-19.

Berikut ini deretan yang tidak boleh dilakukan usai vaksinasi Covid-19. Apa saja? Simak selengkapnya di sini!

1. Mengabaikan Kesehatan karena Merasa Tubuh Kebal

Pandemic fatigue5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Usai Vaksinasi/ Foto: Pexels.com/Anna Shvets

Vaksin Booster merupakan vaksin tambahan yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap virus berbahaya ini. Tapi, bukan berarti saat kamu sudah melakukan vaksinasi tubuh menjadi kebal dari virus. 

Hal ini pun harus didukung juga dengan usahamu yang tetap menjaga kesehatan. Jangan karena usai vaksin Covid-19 kamu jadi merasa 100% sehat dan bebas virus ya, Beauties! Tetap jaga protokol kesehatan dengan baik!

2. Merokok

Berhenti merokok5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Usai Vaksinasi/Foto: Freepik.com/Nensuria

Seperti yang kita tahu, merokok memang berbahaya untuk tubuh. Maka dari itu, merokok sangat tidak dianjurkan, apalagi usai melakukan vaksinasi Covid-19.

Sebab, orang yang merokok berisiko untuk mengalami infeksi pernapasan dan meningkatkan bahaya pada penyakit pernapasan. Selain itu, dilansir dari Unicef India, merokok pun dapat memperparah efek samping vaksinasi.

3. Meminum Alkohol

tips menjaga tubuh tetap ramping di usia 40 tahun5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Usai Vaksinasi/Foto: Pexels.com/Maria Orlova

Sama halnya dengan merokok, meminum alkohol usai vaksinasi Covid-19 pun tidak boleh dilakukan. Memang belum ada studi ilmiah yang disetujui untuk mengukur efek alkohol atau merokok pada vaksinasi, tapi meminum alkohol dapat memperburuk efek samping Covid-19. 

Selain itu, alkohol pun dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh secara negatif dan ada kemungkinan respon imun terhadap vaksin menjadi tidak efektif jika ada alkohol berlebihan yang dikonsumsi. 

4. Melakukan Aktivitas Berat

Nggak Disangka, Melakukan 5 Kegiatan ini Ternyata Bisa Bakar Kalori Tanpa Harus Olahraga/Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Usai Vaksinasi/Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Sebagian besar orang mengalami efek samping setelah penyuntikan vaksin. Maka dari itu, untuk mengembalikan tubuh yang fit, hindari melakukan aktivitas berat setelahnya. 

Kamu bisa menunggu setidaknya 2 sampai 3 hari untuk melakukan kembali aktivitas berat. Waktu ini akan membuat tubuh lebih pulih dan siap kembali beraktivitas.

5. Melewati Konsultasi dengan Dokter

Tulisan Dokter5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Usai Vaksinasi/ Foto: Freepik.com/artursafronovvvv

Jika kamu merasa ada gejala Covid-19 yang dirasakan atau mengalami efek samping berlebih usai vaksinasi, sebaiknya untuk tidak melewati konsultasi dengan dokter. Segeralah pergi dan konsultasikan masalah yang kamu alami.

Adapun beberapa efek samping setelah vaksinasi Covid-19 yang menunjukkan tubuh sedang membangun perlindungan terhadap Covid-19 adalah sebagai berikut:

  • Nyeri lengan
  • Demam ringan
  • Kelelahan
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot dan sendi

Di luar efek samping tersebut atau jika kamu mengalami efek samping yang dirasa parah, segera kembali dan konsultasi dengan dokter.

Beauties, itu dia deretan hal yang tidak boleh dilakukan usai vaksinasi Covid-19. Perlu dicatat baik-baik ya, agar kamu selalu sehat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id