STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Viral Perempuan Naik Mercedes-Benz Curi Cokelat dan Barang Lain di Alfamart, Netizen Sebut Kleptomania! Apa Maksudnya?

Fina Prichilia | Beautynesia
Senin, 15 Aug 2022 10:01 WIB
Viral Perempuan Naik Mercedes-Benz Curi Cokelat dan Barang Lain di Alfamart, Netizen Sebut Kleptomania! Apa Maksudnya?

Belum lama ini, viral pegawai Alfamart memergoki seorang perempuan yang mencuri cokelat. Menariknya, perempuan tersebut menaiki mobil Mercedes-Benz.

Biasanya merek kendaraan satu ini kerap diasosiasikan dengan kalangan atas, mengingat harga mobil yang tidak murah.

Kemudian usai dipergoki, perempuan tersebut memang terlihat mengeluarkan beberapa cokelat batangan yang diambil dan dikembalikannya lagi ke pegawai tersebut, Beauties. Ia juga disebut pernah mencuri barang lainnya. Hal ini sontak ramai di media sosial. Tak sedikit yang mengaitkan dengan kondisi kleptomania.

Apa Itu Kleptomania

Mengutip Mayo Clinic, kleptomania merupakan ketidakmampuan dalam menahan diri untuk mencuri barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan dan biasanya punya nilai yang kecil. Kondisi ini termasuk gangguan kesehatan mental.

Gejalanya yaitu: sebelum mereka 'mencuri', ada rasa gairah atau kecemasan yang mengarahkan mereka untuk melakukan hal tersebut. Kemudian ada rasa senang atau lega setelah melakukannya, Beauties. Namun dilanjutkan dengan merasa sangat menyesal atau membenci diri, tetapi siklus itu mengulang lagi.

shoplifting - a woman steals a bottle of wine in a supermarketIlustrasi kleptomania/ Foto: Getty Images/iStockphoto/industryview

Yang membedakan kleptomania dan jenis pencurian lain, sebagai berikut:

- Tidak mencuri untuk keuntungan pribadi/butuh barang yang nantinya akan dipakai atau motif balas dendam. Mereka mencuri karena tekanan gairah yang telah disebutkan sebelumnya semata.
- Hal ini biasanya terjadi secara spontan alias tidak direncanakan dan tidak ada kerja sama dengan pihak lain.
- Kebanyakan dari mereka mencuri dari tempat umum seperti toko. Beberapa dari mereka juga ada yang mencuri dari teman atau kolega kantor.
- Seringnya barang yang dicuri adalah barang yang sebenarnya mereka bisa beli sendiri.
- Hasil curian tersebut biasanya juga hanya mereka simpan, atau didonasikan, diberikan ke orang lain, bahkan dikembalikan lagi secara diam-diam.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kleptomania

Cara menyikapi stigma negatif saat pergi terapi ke psikolog/unsplash/Anthony TranOrang dengan kleptomania membutuhkan terapi/unsplash/Anthony Tran

Karena kondisi ini terkait dengan mental, seseorang dengan kleptomania disarankan untuk mendapatkan perawatan, Beauties. Namun kebanyakan dari mereka biasanya akan menghindari, karena takut ditahan atau masuk penjara.

Mengutip Cleveland Clinic, mulai dari penggunaan obat resep dokter juga terapi adalah cara-cara yang diperlukan dalam mengatasinya. Perlu kamu tahu juga, kleptomania bukanlah sesuatu yang menular. Ahli juga mengungkap belum diketahui secara pasti apa yang menjadikan seseorang punya gangguan ini.

Namun beberapa faktor risiko yang dapat berpengaruh antara lain diduga bisa karena adanya perbedaan struktur area pada otak, perbedaan zat kimia pada otak, sebagai gejala dari kondisi gangguan mental lain, hingga genetik.

Jika ada orang terdekatmu yang terindikasi memiliki kondisi ini, kamu bisa berusaha meyakinkannya ke dokter, Beauties. Yakinkan dirinya kalau ini adalah kondisi mental, bukan karakter yang tidak bisa diubah. Selain itu kebiasaan tersebut bila tak diatasi, maka bisa membahayakan dirinya sendiri.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE