sign up SIGN UP

Wah, Makanan Kaya Protein Ini Bantu Menurunkan Kolesterol Sekaligus Meratakan Perut Buncit!

Nadya Quamila | Beautynesia
Rabu, 18 May 2022 14:00 WIB
Wah, Makanan Kaya Protein Ini Bantu Menurunkan Kolesterol Sekaligus Meratakan Perut Buncit!
caption
Jakarta -

Memilih makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan adalah hal yang penting. Nah, bagaimana jika ada makanan yang berpotensi membantu menurunkan kolesterol sekaligus membantu menurunkan berat badan? Tidak hanya itu, makanan ini bahkan juga bisa berdampak baik pada lingkungan!

Well, percaya atau tidak, para peneliti baru-baru ini menemukan bahwa 'limbah' atau ampas yang tertinggal setelah memproses kedelai menjadi susu kedelai atau tahu sebenarnya dapat difermentasi dan dijadikan makanan sehat dengan manfaat yang menjanjikan.

Dilansir dari Eat This, Not That!, ilmuwan dari Nanyang Technological University di Singapura dan Waseda University di Jepang merilis sebuah penelitian tentang makanan bernama okara. Okara merupakan ampas dari kedelai dan mungkin dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak, mengelola obesitas, dan bahkan menurunkan kolesterol.

Menurut penelitian ini, lebih dari 14 juta ton okara diproduksi setiap tahun. Jadi jika temuan para ilmuwan tersebut dapat digunakan, limbah kedelai ini dapat menjadi solusi yang bermanfaat baik untuk kesehatan dunia maupun manusia yang menghuninya.

Apa Itu Okara?

OkaraOkara/ Foto: Dok. Savy Tokyo

Okara, yang juga dikenal sebagai ampas kedelai, adalah ampas yang tersisa setelah proses menghaluskan kedelai yang diolah menjadi susu kedelai atau tahu.

Meskipun mungkin terdengar aneh pada awalnya, okara sebenarnya bahan yang populer di banyak masakan Jepang dan mengandung protein, serat, dan kalsium dalam jumlah tinggi.

Sementara okara dapat dikonsumsi dalam keadaan tidak difermentasi, para peneliti dari penelitian ini menemukan bahwa mereka dapat memfermentasinya dengan proses serupa yang digunakan untuk memfermentasi miso atau tempe.

Dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa versi fermentasi okara mengandung lebih banyak protein dan antioksidan. Namun, sayangnya makanan ini hanya memiliki sedikit serat larut.

Manfaat Kesehatan Okara

Duh, Harga Daging Naik Turun! Ini Resep Steak Tempe yang Dijamin Enak Ala Daniar Master ChefIlustrasi kedelai/Foto: freepik.com/jcomp

Penelitian soal okara baru-baru ini diuji coba pada tikus. Sehingga, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk melihat efeknya pada kesehatan manusia.

Pertama, para peneliti menemukan bahwa okara mungkin memiliki kemampuan untuk membantu mengatur berat badan dan meningkatkan metabolisme lemak. Untuk penelitian ini, tikus dikelompokkan menjadi empat jenis diet yang berbeda: diet tinggi lemak dengan okara yang difermentasi, diet normal, diet tinggi lemak tanpa okara, dan diet dengan okara yang tidak difermentasi dan bukan difermentasi.

Setelah tiga minggu penelitian, tikus yang diberi makan okara yang difermentasi memperoleh berat badan paling sedikit dibandingkan dengan kelompok lain.

Efek alkohol, perut buncit disebabkan akibat tumpukan lemak/Foto: freepik.com/jcompIlustrasi lemak perut/Foto: Freepik.com/jcomp

Tikus-tikus ini secara khusus memiliki lebih sedikit lemak visceral jika dibandingkan dengan diet tinggi lemak tanpa okara, yang merupakan jenis lemak berbahaya yang tumbuh di sekitar organ perut manusia.

Tidak hanya itu, kelompok yang diberi makan okara yang difermentasi memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih rendah. Temuan ini menjadi harapan untuk mencegah penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan jantung.

Temuan dari penelitian ini tentu sangat menarik. Namun, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk melihat bagaimana hasilnya untuk studi berbasis manusia. Sementara itu, tim peneliti dari Nanyang Technological University di Singapura dan Waseda University di Jepang sedang bekerja sama dengan perusahaan lain untuk mengembangkan camilan berbahan dasar okara.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id