sign up SIGN UP

Wajib Tahu! 5 Buah Ini Dipercaya Bisa Jaga Gula Darah Tetap Stabil bagi Penderita Diabetes

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Senin, 15 Nov 2021 09:45 WIB
Wajib Tahu! 5 Buah Ini Dipercaya Bisa Jaga Gula Darah Tetap Stabil bagi Penderita Diabetes
caption

Seperti yang kita tahu, penderita diabetes memang dianjurkan untuk mengontrol konsumsi gula yang masuk ke dalam tubuh. Bahkan beberapa penderita diabetes jadi takut untuk mengkonsumsi buah yang rasanya manis.

Memang betul, Beauties, meski gula pada buah adalah alami, namun juga bisa membuat gula darah menaik. Jenis buah yang bagus bagi penderita diabetes adalah yang memiliki indeks glikemik rendah. Mengutip Everyday Health, beberapa jenis buah ini direkomendasikan bagi penderita diabetes.

Berry

Buah berry
Buah berry/ Foto: freepik.com/Racool_studio

Meski kecil, buah berry ternyata tinggi manfaat lho. Berbagai jenis buah berry seperti stroberi, blueberry dan jenis berry lainnya memiliki kandungan antioksidan dan serat yang tinggi.

Tidak hanya itu, buah berry juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Buah berry memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga menjaga gula darah tetap stabil. 

Apel

Buah apel
Buah apel/ Foto: freepik.com/lifeforstock

Potongan apel sangat cocok sebagai camilan sehat bagi penderita diabetes. Buah ini memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang rendah. Tidak hanya itu, apel juga memiliki kandungan serat dan vitamin C yang tinggi.

Jangan lupakan antioksidan yang justru terkandung dalam kulit apel, sehingga kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi apel tanpa mengupas kulitnya.

Jeruk

Buah jeruk
Buah jeruk/ Foto: freepik.com/pch.vector

Buah yang terkenal karena kandungan vitamin C yang tinggi ini juga bagus bagi penderita diabetes, lho. Bagaimana tidak? Buah berwarna oranye ini mengandung folat dan kalium yang bagus dalam menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Buah ini juga tergolong rendah kalori dan rendah karbohidrat. Jadi bagi kamu penderita diabetes, jangan ragu untuk mengkonsumsi buah jeruk ya.

Pir

Pir segar
Pir segar/ Foto: freepik.com/KamranAydinov

Buah pir memang salah satu buah yang cenderung menyegarkan jika dibandingkan dengan buah lainnya. Sebab buah ini mengandung banyak air dan kandungan serat yang tinggi.

Buah pir juga juga mengandung flavonoid yang membantu tubuh menyerap vitamin C dengan baik serta membantu mencegah diabetes. Kamu bisa menikmati pir dengan memotong-motong buah tersebut atau menjadikannya jus tanpa gula.

Kiwi

Potongan kiwi
Potongan kiwi/ Foto: freepik.com/Jcomp

Dibalik kulitnya yang berwarna coklat, tersembunyi buah berwarna hijau cerah yang segar serta tinggi kandungan vitamin C dan antioksidan. Kiwi sangat bagus bagi penderita diabetes sebab buah ini memiliki nilai indeks glikemik yang cukup rendah sehingga mampu memperlambat penyerapan glukosa, sehingga kadar gula dalam darah tetap terjaga.

Kamu juga bisa menikmati kiwi dengan cara dijus, namun jangan sampai menambahkan gula ke dalam jus tersebut ya. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan madu untuk mengimbangi rasa asam dari kiwi.

Nahitu tadi beberapa buah yang direkomendasikan buat kamu penderita diabetes. Selain mengatur kadar gula darah, mengkonsumsi buah-buahan tersebut juga membantu menurunkan berat badan, lho. Wah, double manfaat banget ya, Beauties?

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id