sign up SIGN UP

Wajib Tahu! 5 Makanan Fermentasi ini Asli Buatan Indonesia

ira syafira | Beautynesia
Selasa, 21 Dec 2021 22:45 WIB
Wajib Tahu! 5 Makanan Fermentasi ini Asli Buatan Indonesia
caption

Makanan sehari-hari yang seringkali kita konsumsi seperti tempe, ternyata merupakan golongan dari makanan fermentasi. Tidak hanya populer di Indonesia, tempe juga mulai diminati masyarakat mancanegara, lho.

Makanan fermentasi sendiri umumnya akan menghasilkan bakteri baik yang disebut dengan probiotik. Bakteri baik ini terbukti bermanfaat bagi tubuh, yakni membantu pencernaan serta meningkatkan sistem imun. 

Nah, biasanya kita hanya sering mendengar makanan fermentasi yang diciptakan di luar negeri saja, bukan? Namun ternyata, Indonesia juga memiki produk makanan dari hasil fermentasi nih Beauties. Apa saja makanan tersebut, yuk simak lebih lanjut informasinya berikut ini!

1. Tempe

Tempe/Foto: Instagram/bubu.elgazanio
Tempe/Foto: Instagram/bubu.elgazanio

Siapa sih orang Indonesia yang nggak kenal dengan tempe? yups, makanan satu ini sudah dikenal masyarakat Jawa sejak berabad lalu. Tempe menjadi makanan fermentasi Indonesia yang telah terkenal hingga ke mancanegara.

Tempe merupakan salah satu produk fermentasi dari kacang kedelai. Tidak hanya enak dikonsumsi, tempe tergolong sumber makanan yang dilengkapi dengan kandungan protein nabati, asam amino esensial dan non esensial. Manfaatnya tempe pun cukup beragam, bisa untuk menjaga kesehatan usus, melindungi diri dari penyakit kardiovaskular, kanker, serta kesehatan menopouse.

2. Tape Ketan

Tape Ketan/Foto: Instagram/susie.agung
Tape Ketan/Foto: Instagram/susie.agung

Tape ketan merupakan sajian makanan yang dihasilkan dari fermentasi beras ketan. Beras ketan yang mulanya dikukus, kemudian difermentasikan hingga teksturnya berubah menjadi lunak serta mengeluarkan aroma khas.

Ketika kamu menyantap tape ketan, kesan pertama yang akan kamu rasakan adalah teksturnya yang lembut berair memanjakan mulut dengan perpaduan rasa manis dan asam. Selain aromanya yang khas, tape ketan juga memiliki ciri khas lain yakni wadah pembungkusnya yang menggunakan daun jambu. 

3. Oncom

Oncom/Foto: Instagram/infobandungkuliner
Oncom/Foto: Instagram/infobandungkuliner

Oncom adalah sebuah makanan dengan bahan dasar ampas tahu yang difermentasikan hingga berwarna oranye. Makanan khas satu ini akan banyak kamu jumpai di daerah Jawa Barat. 

Walaupun aroma oncom ini cukup tajam dan terkesan tidak sedap, tapi makanan ini menjadi favorit masyarakat suku Sunda. Oncom biasanya akan disajikan sebagai lauk pelengkap atau bisa juga diolah kembali menjadi sambal oncom, isian comro, tutug oncom, bahkan hingga keripik oncom juga, lho!

4. Peyeum

Peyeum/Foto: Instagram/lia.kusuma.ning.ayu
Peyeum/Foto: Instagram/lia.kusuma.ning.ayu

Peyeum, makanan yang terbuat dari fermentasi singkong dan biasanya bisa kamu temukan di pinggiran jalan wilayah Jawa Barat. Banyak orang beranggapan bahwa peyeum ini sama dengan tape singkong.

Cara pembuatan peyeum akan membutuhkan singkong utuh yang telah dikupas, kemudian dicuci dan direndam sebentar. Setelah direndam, singkong tersebut direbus hingga mendidih setengah masak.  Setelah itu proses utamanya adalah melumuri permukaan singkong dengan ragi untuk difermentasi dan menjadi sebuah peyeum. 

Makanan ini sangat pas disantap sebagai teman minum teh, campuran es, atau bahkan digoreng dengan tepung.

5. Dadiah

Dadiah/Foto: Instagram/minangfoodsleeds
Dadiah/Foto: Instagram/minangfoodsleeds

Siapa bilang Indonesia tidak memiliki yogurt yang miliki rasa khas tersendiri? Eits, jangan salah. Ternyata orang Minang memiliki olahan makanan fermentasi yang dibuat khusus dari susu kerbau. 

Olahan ini dikenal dengan nama dadiah, yakni yogurt lokal khas Minangkabau. Pengolahannya cukup unik, yakni susu difermentasikan dalam batang bambu selama dua sampai tiga hari hingga menghasilkan tekstur kental. Proses ini akan memberikan rasa asam yang khas serta tekstur yang lembut seperti menyantap puding.

Nah, sekarang jadi tahu nih apa aja makanan fermentasi yang asli berasal dari Indonesia. Apa kamu sudah pernah mencobanya Beauties?

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id