STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Waspada, Ini Bahaya yang Bisa Mengintai Saat Makan Daging Kurban Terlalu Banyak!

Niky Yunniarty Dermawan | Beautynesia
Minggu, 10 Jul 2022 09:30 WIB
Waspada, Ini Bahaya yang Bisa Mengintai Saat Makan Daging Kurban Terlalu Banyak!

Beauties, saat perayaan Idul Adha, bagi sebagian orang cukup sulit untuk menghindari konsumsi hidangan daging kurban yang menggoda, baik daging sapi ataupun daging kambing. Memang banyak hal baik yang terkandung dalam daging merah, contohnya pada daging sapi mengandung zat besi, dan vitamin B12 yang penting untuk kesehatan.

Namun, seringnya, ketika mengonsumsi hidangan daging, apalagi dalam suasana berkumpul bersama keluarga, bisa jadi berlebihan. Seperti yang kamu ketahui, mengonsumsi segala sesuatu secara berlebihan tentu tidak baik.

Nah, apa saja, sih, bahaya yang bisa mengintai jika mengonsumsi daging kurban terlalu banyak? Yuk, simak ulasannya!

Bahaya Mengonsumsi Daging Kurban Berlebihan

Bahaya Makan Daging Kambing/freepik.com/timolina
Bahaya Makan Daging Kambing/freepik.com/timolina

Dilansir dari CNN Indonesia, menurut Ari Fahrial Syam, seorang Ahli Penyakit Dalam sekaligus profesor gastroentrologi, Departemen Penyakit Dalam, Universitas Indonesia, saat kamu makan daging, ternyata tidak hanya dagingnya saja yang dikonsumsi, akan tetapi lemak yang terdapat pada sapi dan kambing, dalam bentuk jeroan juga turut dikonsumsi.

Ari juga mengatakan bahwa jeroan-jeroan seperti hati, paru, otak atau bahkan usus hingga limpa dari hewan qurban mengandung purin yang dapat meningkatkan kadar asam urat pada seseorang. Daging kambing dan sapi mengandung banyak lemak jenuh yang juga dapat meningkatkan kadar kolesterol darah.

Daging Qurban/freepik.com/johnstocker
Daging Qurban/freepik.com/johnstocker

Pengolahan makanan yang tidak sehat, tentunya akan menambah risiko gangguan kesehatan. Misalnya saja, daging yang dibuat gulai dengan penggunaan santan dan kadar garam yang tinggi, bisa menjadi masalah untuk sebagian orang.

Daging yang didapat dalam jumlah yang besar saat perayaan Idul Adha, tentunya alangkah lebih baik tidak dikonsumsi dalam jangka waktu yang pendek. Tujuannya adalah agar tidak menimbulkan masalah dan kesehatan Beauties tetap terjaga.

Nah, Beauties berikut ini beberapa bahaya yang bisa mengintaimu saat makan daging kambing terlalu banyak, yuk simak!

Sembelit

Sembelit/freepik.com/benzoix
Sembelit/freepik.com/benzoix

Saat Beauties mengkonsumsi daging secara berlebihan, maka dampak pertama yang akan terasa adalah sembelit. Dilansir dari detikFood, jenis daging merah mengandung lebih sedikit serat sehingga potensi sembelit akan lebih besar ketika kamu terlalu banyak makan daging. Selain itu, daging juga mengandung banyak lemak sehingga lebih lama dicerna.

Risiko sembelit terjadi karena kurangnya asupan serat. Semakin banyak daging yang dikonsumsi akan semakin memperbesar kemungkinan sembelit. Jika kondisinya parah, segera konsultasikan ke dokter, ya!

Sulit Tidur

Sulit tidur/freepik.com/jcomp
Sulit tidur/freepik.com/jcomp

Mengonsumsi daging sapi dan kambing berlebihan menjelang waktu tidur akan merangsang terjadinya refluks isi lambung, sehingga dapat menyebabkan kamu terkena gangguan tidur.

"Jika daging dikonsumsi berlebihan menjelang tidur maka akan merangsang terjadinya refluks isi lambung sehingga dapat mengganggu tidur," kata Ari.

Meningkatnya Kadar Asam Urat

Perlu Beauties ingat, jeroan-jeroan dari sapi atau kambing bisa meningkatkan kadar asam urat, di mana disebabkan oleh purin. Di dalam tubuh, purin ini akan terurai menjadi uric acid atau asam urat.

Sisa produknya akan mengkristal, kemudian terakumulasi di sendi dengan bentuk ujung kristalnya tajam, sehingga nanti bisa menyebabkan peradangan sendi yang terasa nyeri. Sehingga usahakan tidak mengonsumsi berlebihan, ya, Beauties.

Hipertensi dan Kolesterol

Dalam mengonsumsi daging kambing atau daging sapi, jika kamu menderita hipertensi dan kolesterol yang tinggi maka harus ekstra hati-hati. Karena mengonsumsi daging secara berlebihan dalam waktu yang singkat dapat memperburuk kondisi sakitnya.

Beauties, itu dia beberapa bahaya yang bisa mengintai kamu jika mengonsumsi daging kambing atau sapi secara berlebihan. Semoga bermanfaat, dan jaga kesehatan selama Idul Adha ini, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE