sign up SIGN UP

Waspada Penyebaran Virus, Inilah Cara Mencuci Tangan yang Benar

Sulistiowati | Beautynesia
Rabu, 18 Mar 2020 01:00 WIB
Waspada Penyebaran Virus, Inilah Cara Mencuci Tangan yang Benar
caption
Memasuki musim hujan tubuh rentan terhadap berbagai macam penyakit. Untuk itu, masyarakat dihimbau selalu menjaga kebersihan badan. Apalagi saat ini wabah virus corona belum mereda. Salah satu cara mencegah penularan bakteri dan virus adalah dengan mencuci tangan.

Penyebaran kuman dapat terjadi melalui sentuhan tangan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan membersihkan tangan sesering mungkin. Mencuci tangan menggunakan sabun lebih efektif dibandingkan hanya mencuci dengan air. Meskipun sangat sederhana, mencuci tangan harus dilakukan dengan benar. Berikut ini cara mencuci tangan yang benar.



 


Langkah Mencuci Tangan Menggunakan Sabun


Langkah tepat mencuci tangan dimulai dengan membuka keran air, lalu basahi kedua telapak tangan. Ambil sabun secukupnya dan oleskan merata pada kedua telapak tangan hingga punggung tangan. Jangan lupa membersihkan sela-sela jari. Bersihkan ibu jari dengan menggenggam dan memutar, lakukan secara bergantian.


Foto: Istimewa

Kemudian, bersihkan telapak tangan dengan cara menggosokkan ujung jari tangan satunya. Setelah itu, bilas sisa sabun menggunakan air yang mengalir. Segera keringkan tangan menggunakan handuk bersih atau tisu. Gunakan handuk atau tisu untuk menutup keran. Mudah bukan? Mulai sekarang biasakan membersihkan tangan, pasalnya manfaat mencuci tangan untuk diri sendiri.
 


Sabun yang Digunakan untuk Mencuci Tangan


Semua jenis sabun dapat digunakan untuk membersihkan tangan. Baik sabun mandi, sabun cair, atau sabun antiseptik. Akan tetapi, antiseptik dan antibakteri lebih sering digunakan. Kedua jenis sabun ini dapat membunuh kuman dengan baik.


Foto: Istimewa

Jika sedang beraktivitas di luar rumah dan tidak  menemukan ketersediaan sabun ataupun air, gunakan tisu antibakteri. Ladies juga bisa membawa hand sanitizer setiap kali bepergian. Produk ini dapat digunakan sebagai alternatif membasmi kuman pada tangan.
 


Durasi Efektif Mencuci Tangan


Mencuci tangan membutuhkan waktu kurang lebih 20 detik. Waktu ini sudah efektif mengusir bakteri hingga bersih. Ajak anggota keluarga untuk menerapkan kebiasaan mencuci tangan. Perlu diingat kembali, cara mencuci tangan yang benar yaitu menggunakan sabun.


Foto: Istimewa


 


Dampak dari Malas Mencuci Tangan


Menyepelekan cuci tangan memberikan dampak yang cukup berbahaya. Tangan kotor menyentuh anggota badan lain, seperti hidung atau mulut tanpa disadari. Bakteri pada tangan dapat berpindah ke hidung, lalu masuk ke dalam tubuh.


Foto: Istimewa

Selain itu, tidak mencuci tangan sebelum makan dapat menyebabkan penyakit diare, infeksi saluran pernapasan, atau penyakit kulit. Bakteri dapat berpindah secara tidak langsung melalui benda-benda yang disentuh, misalnya gagang pintu, mainan, meja, dan lainnya. Penyebaran penyakit akan lebih cepat jika tidak mengetahui manfaat mencuci tangan.
 


Waktu yang Tepat Mencuci Tangan


Tidak ada ketentuan berapa kali mencuci tangan dalam satu hari. Biasakan mencuci tangan sebelum mandi, sebelum dan sesudah makan, sebelum dan sesudah merawat orang sakit, sebelum dan sesudah merawat luka, setelah menggunakan kamar mandi atau toilet, setelah mengganti popok, setelah bersin atau batuk, serta setelah bersih-bersih.


Foto: Istimewa


 


Nah, Ladies sudah tahu kan manfaat mencuci tangan menggunakan sabun. Mulai sekarang jangan malas-malasan membersihkan tangan. Ikuti cara mencuci tangan yang benar. Yuk, mulai dari sekarang tidak sulit kok.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id