sign up SIGN UP

Waspada Varian Omicron dan Musim Hujan, 5 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh! Yuk, Lakukan...

aqillah diaz | Beautynesia
Jumat, 24 Dec 2021 10:00 WIB
Waspada Varian Omicron dan Musim Hujan, 5 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh! Yuk, Lakukan...
caption

Sejak awal 2020 lalu, hingga saat ini seluruh masyarakat di dunia masih dikhawatirkan dengan adanya Covid-19. Bahkan saat ini muncul varian baru, yakni Omicron. Hal ini membuat pemerintah menghimbau masyarakat untuk mengurangi  mobilitas dan tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan baik. Terlebih lagi, menjelang natal dan tahun baru seluruh masyarakat diharapkan dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi Covid-19 dan musim hujan seperti saat ini merupakan hal yang harus dilakukan. Hal ini dilakukan agar daya tahan tubuh tetap fit dan dapat beraktivitas seperti biasanya.

Oleh karena itu, kamu dapat memulai menerapkan beberapa kebiasaan sederhana untuk menjaga, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut beberapa kebiasaan sederhana yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Rutin Berjemur

Rutin berjemur / foto : pexels.com/MaggieZhan
Rutin berjemur / foto : pexels.com/MaggieZhan

Berjemur merupakan salah satu kebiasaan sederhana yang bisa kamu lakukan setiap pagi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan sinar matahari menghasilkan vitamin D alami yang dapat memberikan pengaruh baik bagi sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu, vitamin D dari sinar matahari juga dapat mengurangi risiko depresi dan gejala alzheimer.

Kamu dapat rutin berjemur di pagi hari selama 10-15 menit saja pada pukul 08.00-09.00 WIB atau 11.00-13.00 WIB untuk meningkatkan produksi vitamin D pada tubuh. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan vitamin D dengan mengonsumsi salmon, mangga, kuning telur, dan jamur.

2. Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Tidur cukup dan berkualitas / foto : pexels.com/KetutSubiyanto
Tidur cukup dan berkualitas / foto : pexels.com/KetutSubiyanto

Kamu sering begadang, Beauties? Nah, sebaiknya kamu harus mulai menjadwalkan jam tidurmu lebih awal agar tidurmu menjadi lebih berkualitas. Usahakan tidur lebih dari tujuh jam, karena jika jam tidurmu hanya 5-7 jam saja dapat menyebabkan daya tahan tubuhmu bisa menurun.

Tidur yang cukup dan berkualitas dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan mampu melawan patogen penyakit yang masuk ke dalam tubuh, sehingga zat sitokin dalam tubuh dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari dari infeksi atau peradangan. 

3. Mulailah Berolahraga

Olahraga / foto : pexels.com/JonathanBorba
Olahraga / foto : pexels.com/JonathanBorba

Mager atau males gerak merupakan salah satu tantangan bagi diri kita sendiri, bukan? Mulailah untuk rutin berolahraga meskipun olahraga ringan. Dengan berolahraga dapat membuatmu terhindar dari obesitas, melindungi diri dari penyakit kardiovaskular dan risiko osteoporosis. 

Tak hanya itu, berolahraga juga dapat membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru dan saluran pernapasan, sehingga membuatmu terhindar dari flu atau penyakit pernapasan. Olahraga sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental, sehingga hal ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Mengelola Stres

Mengelola stres / foto : pexels.com/VictoriaBorodinova
Mengelola stres / foto : pexels.com/VictoriaBorodinova

Ternyata stres dapat membuat daya tahan tubuh menjadi menurun, lho. Hal ini dikarenakan ketika kamu stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat membuatmu stres berkepanjangan.

Kamu harus waspada ketika kamu merasa stres atau cemas. Oleh karena itu, kamu dapat mengelola stres dengan melakukan hobi, bertemu dengan teman, melakukan perawatan diri. Kamu juga perlu berpikiran positif agar dapat menurunkan stres dan membuatmu lebih happy.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih yang cukup / foto : pexels.com/Lisa
Minum air putih yang cukup / foto : pexels.com/Lisa

Sebagian dari tubuh kita terdiri dari cairan, sehingga penting memastikan bahwa tubuh kita memiliki cairan yang cukup agar fungsi tubuh dapat berjalan dengan normal. Selain itu, dengan minum air putih yang cukup dapat menetralisir racun dalam tubuh dan memberikan pasokan oksigen ke dalam sel tubuh.

Di tengah kondisi pandemi dan padatnya aktivitas yang harus dilakukan, kamu tetap harus bisa menjaga kesehatan tubuh. Sehingga kamu dapat melakukan beberapa kebiasaan sederhana yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Stay safe and healthy, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id