STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Generasi Dairy-Free Jadi Pelopor Festival Komunitas Vegan di Jakarta!

Febriyani Frisca Rahmania | Beautynesia
Sabtu, 01 Oct 2022 13:03 WIB
Generasi Dairy-Free Jadi Pelopor Festival Komunitas Vegan di Jakarta!

Penelitian di tahun 2021 yang menunjukkan bahwa 66% orang dewasa di Indonesia memiliki intoleransi laktosa tidak membuat masyarakat Indonesia menjadi lebih bijak mengonsumsi pangan. Makanan dan minuman berbasis laktosa masih bisa dengan mudah dijumpai di setiap sudut tempat.

Sebagai salah satu komunitas vegan di Jakarta, Jakarta Vegan Guide melihat hal tersebut menjadi salah satu latar belakang yang menarik untuk meningkatkan kesadaran di masyarakat lewat sebuah pergerakan. Mengusung konsep festival selama empat hari, Jakarta Vegan Guide dengan bangga menyelenggarakan perhelatan Generasi Dairy-Free Festival. Apa itu?

[Gambas:Instagram]

Generasi Dairy-Free Festival

Festival Generasi Dairy-Free adalah acara festival pertama di Asia yang menghadirkan pasar jajanan yang sepenuhnya berbasis nabati dan vegan-friendly dari hampir 50 merek ternama. Ada snack, pencuci mulut, es krim, gelato, kopi, dan minuman lain.

Tak hanya 'pesta makanan', dalam festival ini, turut hadir pula komunitas kesehatan dan penggiat lingkungan untuk mendukung acara ini. Diadakan pada 22-25 September 2022 di Tribeca Park, Central Park Mall Jakarta, acara ini diadakan untuk umum.

[Gambas:Instagram]

"Gerai-gerai yang kami pilih, terutama yang menjual makanan dan minuman, juga bisa dinikmati oleh mereka yang memiliki pantangan tertentu, seperti alergi gluten dan kacang atau bebas gula," kata salah satu pendiri Jakarta Vegan Guide, Firmansyah Mastup.

"Kami ingin menampik mitos bahwa hidangan tanpa produk susu sapi sulit untuk direalisasikan atau asumsi beberapa orang bahwa cita rasa hidangan tersebut akan hambar dan membosankan. Maka dari itu, kami memilih gerai-gerai terkemuka yang kami yakini kreasi-kreasinya dapat dinikmati oleh semua orang," imbuh Firman.

Dalam empat hari tersebut, Generasi Dairy-Free Festival juga mengadakan temu wicara dan lokakarya, seperti The Rise of Alternative Milk: Is the Demand for Alternative Milk Here to Stay?, yang membahas tentang semakin meningkatnya popularitas susu nabati di Indonesia.

[Gambas:Instagram]

Temu wicara tersebut menampilkan Andovi da Lopez (Pemilik Mad for Coffee), Avidyarahma PN (Pendiri Orvia), Edo Huang (Pesulap dan Penikmat Kopi dan Susu Nabati), Restu Sadam Hasan (Juara Indonesian Latte Art Championship 2019-2021), dan Azi Kardian Wicaksono (Pelatih Barista di KMDS Group).

Pada hari terakhir, 25 September 2022, Generasi Dairy-Free Festival menyelenggarakan kompetisi Alternative Milk Latte Art Competition (AMLAC), yaitu kompetisi latte art menggunakan susu nabati. Kompetisi ini diklaim menjadi kompetisi pertama di Indonesia.

Adapun dewan juri AMLAC adalah Restu Hadam Hasan dan didampingi oleh Edo Huang dan Azi Kardian Wicaksono. Dewan juri memutuskan Lutfi Maulana, Ega Riandi, dan Benediktus Giovaldo sebagai juara pada kompetisi AMLAC 2022 dengan tingkatan satu, dua, dan tiga.

Tak berhenti sampai di situ, diadakan juga Alternative Milk Coffee Experience (AMCE) yang diwakili oleh Mad for Coffee, salah satu pelopor kedai kopi berkonsep dairy-free di Jakarta, untuk menggunakan alternative milk di gerai mereka.

[Gambas:Instagram]

"Dengan semakin berkembangnya veganisme dan industri alternative milk di Indonesia, kami percaya bahwa gerai kopi di mana pun harus memiliki setidaknya satu pilihan minuman dan makanan berbasis susu nabati dalam menu mereka," ucap salah satu pendiri Jakarta Vegan Guide dan penggagas acara Generasi Dairy-Free Festival, Chandra Revo.

"Melalui festival ini, dan khususnya acara seperti AMLAC dan AMCE, kami ingin mengajak seluruh gerai kopi di Indonesia untuk menyediakan lebih banyak produk berbasis nabati selain dalam menu kopi dan minuman mereka tetapi juga dalam menu makanan, setidaknya makanan ringan atau kudapan," tambah Revo.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)
Gabung grup WhatsApp B-Nation!
Ngobrol soal kecantikan, hubungan sampe curhat!
GABUNG GROUP WHATSAPP
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

LATEST FROM B-NATION