sign up SIGN UP

Seberapa Minimalis dan Hemat Kamu? Cek, Sudah Terapkan Hal Ini Belum!

Fina Prichilia | Beautynesia
Jumat, 23 Sep 2022 17:15 WIB
Seberapa Minimalis dan Hemat Kamu? Cek, Sudah Terapkan Hal Ini Belum!
caption
Jakarta -

Gaya hidup hemat bagi sebagian orang, wajib diterapkan karena tidak adanya pilihan lain agar bisa bertahan sampai akhir bulan.

Namun, tidak sedikit juga mereka yang hartanya berlimpah menerapkan gaya hidup minimalis, yang memang kemudian berdampak pada hematnya pengeluaran. Itu karena mereka pun menyadari kepuasan menikmati hidup, tidak selalu dari banyaknya kepemilikan barang.

Karena harga sekarang apa-apa naik tetapi mungkin gaji kamu belum naik juga, bisa jadi itulah yang bikin kamu menjalani gaya hidup satu ini. Lantas sudah seberapa hemat dan minimalis kamu? Cek tandanya ini yuk!

1. Tidak Suka Asal Membeli Barang

Ilustrasi hidup hemat/ Foto; Freepik.com/LifestylememoryIlustrasi hidup hemat/ Foto; Freepik.com/Lifestylememory

Itu karena kamu mengutamakan kualitas. Demikian dikutip dari Minimalism Made Simple. Hemat bukan berarti selalu mengutamakan murahnya harga barang, tapi kamu bisa menimbang dan membandingkan beberapa barang, kemudian memilih kualitas yang bisa jadi harganya akan lebih tinggi, tapi kamu tahu barang itu akan awet dalam jangka waktu lama. Karena itu juga kamu nggak termasuk FOMO (fear of missing out).

2. Punya Rasa Sayang dengan Barang yang Sudah Dipunya

Saat kamu pergi ke mal dan melihat baju bagus, bisa saja muncul perasaan ingin membeli. Namun kemudian kamu berpikir hingga memutuskan tidak membelinya, mengingat masih ada baju di rumah yang masih bisa dipakai.

Tidak melulu soal sayang uang, tapi kamu memikirkan hal-hal ke depan, seperti hanya akan menambah tumpukan baju, kemudian tambah baju berarti tambah kerjaan untuk mencuci dan menyeterikanya.

3. Merawat Barang dengan Baik

Contoh desain ruang tamu minimalis.Contoh desain ruang tamu minimalis./ Foto: The Spruce

Mengutip The Minimalist Vegan, punya banyak barang, rupanya dapat memberi beban tersendiri bagi orang yang minimalis. Saat memutuskan membeli barang, mereka akan memikirkan dengan matang bagaimana barang tersebut dapat memberikan value terhadap diri mereka.

Mereka juga dikenal pintar merawat barang sehingga nggak cepat rusak. Ketika barang tersebut rusak, mereka akan memperbaiki alih-alih ganti baru.

4. Nggak Bisa Melihat Rumah yang Berantakan

Alasan kamu nggak asal beli barang adalah menjaga ruangan di rumahmu tetap sebagaimana mestinya alias tidak penuh sesak. Nah, kondisi penuh begitu bisa bikin kamu gampang stres.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id