sign up SIGN UP

10 Cara Efektif Menghilangkan Kulit Kapalan

Atikah Nur Pertiwi | Beautynesia
Selasa, 02 Feb 2021 20:30 WIB
10 Cara Efektif Menghilangkan Kulit Kapalan
caption

Ladies, pasti merasa tidak pede menggunakan heels saat kulit kaki kering dan tumit pecah-pecah. Sebenarnya tumit yang kering dan pecah-pecah biasanya muncul karena kurangnya kelembaban. Kita terlalu sibuk memperhatikan wajah kita, tetapi tanpa sengaja kita mengabaikan bagian tubuh kita yang lain, terutama bagian kaki kita. 

Semakin lama, kulit kering pada tumit pecah-pecah tidak hanya menyebabkan rasa sakit, tapi juga memudahkan bakteri berbahaya masuk ke dalam tubuh. Tapi tenang saja, dengan melakukan perawatan yang tepat, kulit keras atau kapalan dari kaki dapat disingkirkan dengan mudah. Kira-kira bagaimana? Yuk, kita lihat!

Lemon 

beberapa lemon
Lemon/freepik.com

Lemon adalah salah satu obat terbaik untuk tumit kering dan pecah-pecah. Lemon memiliki kandungan antiseptik, anti-inflamas,i dan mengandung vitamin C. Jus lemon juga meningkatkan kesehatan kulit dan menenangkan iritasi kulit. 

Kamu bisa menggunakan dengan memasukan potongan lemon ke dalam kaos kaki dan menaruh lemon di bagian tumit, lalu biarkan selama 30 menit. Setelah 30 menit, kamu bisa oleskan minyak kelapa untuk membuatnya lebih halus. Tapi tenang saja, menggunakan cara ini tidak memiliki efek samping, jadi kamu bisa menggunakan cara ini dengan aman ya! 

Tea Tree Oil

Tea tree oil
Tea tree oil/freepik.com

Tea Tree Oil telah digunakan dalam pengobatan tradisional sejak lama. Tea tree adalah antiseptik alami yang dapat menenangkan peradangan kulit dan menyembuhkan luka. 

Gunakan tea tree oil yang dicampurkan lotion untuk dioleskan ke kaki atau gunakan tea tree oil yang dituangkan ke dalam baskom berisi air, lalu rendamkan kaki. Eits, tapi jangan rendam selama lebih dari 15 menit ya! Tea tree oil memiliki kandungan yang cukup kuat dan dapat merusak kulit jika kamu terlalu lama merendam kaki.

Apple Cider Vinegar

Apple cider vinegar
Apple cider vinegar/freepik.com

Apple cider vinegar memiliki banyak sekali manfaat untuk kaki kita. Saat di luar rumah dan melakukan aktivitas, kaki kita sering kali tertutup kaus kaki dan sepatu sehingga menimbulkan kuman. Apalagi kaki tidak mendapatkan cukup oksigen, yang bisa menyebabkan kulit kita jadi kering. Nah, apple cider vinegar dapat membantu karena bisa membunuh mikroba, melembutkan kulit, dan menghilangkan bau tak sedap pada kaki. 

Cara menggunakannya, dengan menuangkan air hangat ke baskom, lalu tuangkan apple cider vinegar dan rendam kaki selama 20 menit. Setelah direndamkan, gosoklah kaki menggunakan batu apung secara lembut. 

Oatmeal dan Minyak Jojoba 

Oatmeal dan jojoba oil
Oatmeal dan jojoba oil/freepik.com

Oatmeal digunakan sebagai exfoliator alami yang mengangkat kulit mati dan melembutkannya. Saat dioleskan pada kulit, oatmeal mengurangi kemerahan, gatal, dan kekeringan. Minyak jojoba cocok untuk semua jenis kulit, kaya akan vitamin E, B-kompleks, zink, tembaga, dan selenium, serta mengembalikan keseimbangan alami kulit. 

Caranya gampang banget, kamu tinggal  mencampur oatmeal dengan minyak jojoba secukupnya untuk membuat scrub. Setelah jadi, gosokkan scrub ke kulit kering dan biarkan selama 30 menit. Jika sudah, cuci kaki dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mengulanginya setiap hari ya!

Pisang dan Alpukat 

pisang dan alpukat
Pisang dan alpukat/freepik.com

Pisang merupakan kandungan yang bisa menjadi pelembab yang sempurna. Enzim dalam pisang bisa membantu mengangkat sel kulit mati dari kaki dan akan membuat kulit halus serta lembut. Sedangkan alpukat, kaya akan minyak dan lemak yang cocok untuk kulit kering dan keras. 

Dengan membuat masker dari pisang dan alpukat, akan membantu menyembuhkan tumit kering dan akan memperkaya kulit dengan vitamin. Cara membuat maskernya gampang banget kok. Kamu tinggal blender satu pisang dan setengah buah alpukat untuk membuat masker.

Lalu, oleskan masker ke tumit dan biarkan selama 20 menit. Kemudian cuci kaki dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut. Ulangi setiap hari sampai kulit kering di tumit membaik dan pecah-pecah pada kaki sembuh.

Itu dia cara menghilangkan kulit kering/pecah-pecah dan kapalan pada kaki. Jika kamu rajin melakukannya pasti kamu akan mendapatkan kulit kaki yang sempurna. Selamat mencoba, Ladies!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id