sign up SIGN UP

2022 Liburan Lagi! Ini 5 Tips Jaga Kesehatan Kulit Selama Traveling Menurut Dokter Kulit

Cica Rahmania | Beautynesia
Selasa, 21 Dec 2021 13:45 WIB
2022 Liburan Lagi! Ini 5 Tips Jaga Kesehatan Kulit Selama Traveling Menurut Dokter Kulit
caption
Jakarta -

Meski belum 100 persen membaik, tetapi keadaan pandemi menunjukkan progres ke arah yang lebih baik. Ditandai dengan dibukanya beberapa perbatasan negara untuk dikunjungi oleh wisatawan. Dengan kata lain, 2022 bisa menjadi waktu yang tepat untuk kita meninggalkan sejenak rutinitas.

Eits, tapi tidak untuk rutinitas merawat kulit, ya, Beauties. Melakukan perjalanan jauh saat liburan sering kali membuat kita lelah dan melewatkan rangkaian perawatan kulit. Padahal, ancaman permasalahan kulit sudah ada sejak kita di perjalanan, lho.

"Semua metode perjalanan, terutama pesawat dan kereta api, melibatkan kendaraan komersial besar dengan sistem sirkulasi udara buatan," kata Scott Flugman, MD, dokter kulit di Huntington Hospital di Huntington, New York.

Rekomendasi Skincare Kulit Kering/ pexels.com/ CottonbroIlustrasi skincare. (Foto: pexels.com/cottonbro)

Udara buatan menghasilkan paparan yang terlalu lama terhadap metode pemanasan dan pendinginan kering, yang dapat mengakibatkan hilangnya kelembapan secara signifikan di kulit, imbuh dr. Flugman. Ditambah lagi ancaman stres di perjalanan akibat gangguan-gangguan yang terjadi.

Duh, nggak mau banget, kan, Beauties? So, untuk memperkecil peluang masalah kulit ketika traveling, berikut ini, Beautynesia telah menghimpun beberapa tips oleh dokter kulit yang dihimpun dari Everyday Health. 

Terhidrasi Luar dan Dalam

Perbanyak minum air putihIlustrasi minum air putih. (Foto: Pexels.com/Karolina)

Dehidrasi adalah sumber bencana, bukan hanya untuk tubuh, tetapi juga untuk mental, dan semua itu saling berkaitan. Jadi, solusinya adalah minum air yang cukup. "Minum setengah berat badan kamu dalam ons air untuk hari-hari menjelang perjalanan kamu dan selama perjalanan," kata Deanne Mraz Robinson, MD, pendiri Modern Dermatology di Westport, Connecticut, dan asisten profesor klinis dermatologi di Yale New Haven Hospital.

Pakai Pelembab Bibir

Rekomendasi Lip Balm Tanpa Warna untuk Tampilan Bibir Lebih Sehat | Foto : freepik.com/diana.grytskuIlustrasi lip balm. (Foto : freepik.com/diana.grytsku)

Perjalanan panjang tak cuma bisa mengeringkan kulit, tetapi juga bibir, dan hal ini nggak bisa diabaikan begitu saja. Dengan kata lain, penting untuk menjaga bibir tetap terhidrasi dengan baik, kata Marisa Garshick, MD, dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York. Gunakan lip balm atau pelembab bibir lainnya.

Sunscreen is a Must

Di mana pun dan ke mana pun, sunscreen merupakan produk wajib pakai dan bawa. Bahkan ketika kamu dalam perjalanan dan di tempat tujuan dengan musim dingin.

"Meskipun tabir surya harus diterapkan setiap hari, itu penting pada hari-hari perjalanan, terutama di pesawat ketika Anda bahkan lebih dekat dengan sinar ultraviolet matahari," kata dr. Garshick.

Berikut deretan sunscreen viral di TikTok 2021 yang harus kamu cobain sebelum memasuki tahun 2022 (Sunscreen viral di TikTok/Foto: freepik.com/Gpoint Studio)Ilustrasi sunscreen. (Foto: freepik.com/Gpoint Studio)

Skin Cancer Foundation merekomendasikan apa pun jenis sunscreen yang kamu pilih, kimia atau mineral, berwarna atau tidak berwarna, gunakan sunscreen minimal dengan SPF 30 dan aplikasikan ulang setiap beberapa jam.

Jangan Pakai Produk Hotel yang Berpotensi Iritan

Beberapa orang berpikir untuk meninggalkan produk body care mereka di rumah karena di hotel atau resor akan disediakan produk serupa. Namun, hal itu nggak selamanya jadi ide bagus, karena produk perawatan kulit di hotel kebanyakan abai dengan kebutuhan kulit setiap individu, terutama pemilik kulit kering dan sensitif.

Skincare jerawat di bawah 100 ribu/Foto: Freepik/gpointstudioIlustrasi skincare. (Foto: Freepik/gpointstudio)

"Produk-produk yang disediakan hotel sering kali mengandung wewangian dan pengawet yang selanjutnya dapat memperparah masalah kulit kering yang biasanya berhubungan dengan perjalanan," kata dr. Flugman. 

Bersiap untuk Berjerawat

Pada akhirnya, semua kemungkinan permasalahan kulit bisa saja terjadi. Selalu pastikan dirimu untuk siap menghadapinya, termasuk kesiapan untuk berjerawat. Bawalah obat jerawat andalanmu untuk pertolongan pertama saat benjolan itu muncul di permukaan kulit.

Air cucian bras bisa mengobati jerawat dan komedoIlustrasi jerawat. (Foto: Pexels/ Andrea Piacquadio)

Itulah beberapa tips perawatan kulit selama traveling yang perlu kamu siapkan dan lakukan. Oiya, kamu juga bisa bawa masker wajah dan rangkaian skincare-mu seperti biasa, Beauties.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id